News
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffd6c737414f55d9f06bdd2/hakim-pn-jaksel-tolak-praperadilan-habib-rizieq-status-tersangka-sah
Zunita Putri - detikNews Selasa, 12 Jan 2021 16:24 WIB Jakarta -Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka penghasutan dalam kasus kerumunan. Artinya, status tersangka Habib Rizieq tetap sah. "Mengadili, menolak permohonan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya," kata hakim tunggal Ak
Lapor Hansip
12-01-2021 16:31

Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:24 WIB

Quote:Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
Jakarta -Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka penghasutan dalam kasus kerumunan. Artinya, status tersangka Habib Rizieq tetap sah.
"Mengadili, menolak permohonan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya," kata hakim tunggal Akhmad Sahyuti membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (12/1/2021).

Dalam pertimbangan, hakim menilai rangkaian penyidikan yang dilakukan polisi terkait kerumunan di rumah Habib Rizieq di Jalan Petamburan, Jakarta Pusat, adalah sah. Hakim juga menyebut penyidik sebelum meningkatkan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan sudah sesuai aturan.

"Menimbang bahwa dari alat bukti saksi dan para ahli serta barang bukti di atas maka hakim berpendapat penetapan tersangka telah didukung dengan alat bukti yang sah," kata hakim.
"Maka permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum dan harus ditolak," tegas hakim Sahyuti.

Hakim mengatakan sebelum menetapkan tersangka penyidik telah memperoleh bukti-bukti dan menerima keterangan dari sejumlah ahl. Sehingga penyidik Polda Metro Jaya berkesimpulan acara Habib Rizieqdi Petamburan adalah melanggar protokol kesehatan COVID-19.

"Berdasarkan hasil interview saksi-saksi bahwa terhadap laporan informasi merupakan suatu pidana melawan hukum, atau dengan tulisan menghasut, melawan kekuasaan umum, agar supaya jangan mau menuruti peraturan UU, atau tidak mematuhi pelanggaran kekarantinaan kesehatan sehingga menyebabkan masalah kedaruratan kesehatan masyarakat. Maka apa yang diajukan permohonan pemohon tidak beralasan, maka ditolak," kata hakim.
Hakim juga menyoroti terkait ketidakhadiran Habib Rizieq ketika dua kali dipanggil oleh Polda Metro Jaya, namun dua kali juga tidak datang. Terkait hal itu, hakim berpendapat maka penyidikan yang dilakukan polisi telah sah.

"Menimbang bahwa ada bukti termohon 1 ternyata pemohon sudah dipanggil sebanyak dua kali padahal pemohon wajib datang. Menimbang, baik pemohon sebagai saksi harus memenuhi pemanggilan, oleh karena tidak memenuhi pelanggaran itu melanggar kewajiban. Jika panggilan pertama tidak dipenuhi yang bersangkutan, maka dipanggil kedua apabila panggilan kedua tidak dipenuhi maka kewajiban keluarga membawa yang bersangkutan ke hadapan penyidik," kata hakim.

"Menimbang pemanggilan terhadap pemohon dapat dibenarkan berdasarkan UU. Menimbang dari ketentuan di atas maka pemanggilan saksi wajar, dan terkait saksi-saksi yang dipanggil juga menolak, maka permohonan itu haruslah ditolak," ucap hakim tunggal Sahyuti.
Hakim Sahyuti juga menyebut penyitaan yang dilakukan penyidik terkait kasus Habib Rizieq telah mendapat penetapan dari Pengadilan. Oleh karena itu, penyitaan dalam perkara ini sah sesuai hukum acara yang ada.

"Menimbang terhadap penyidikan penyitaan dari penyidik telah sesuai dengan penetapan PN Jaksel tanggal 14 Desember 2020, menimbang alat bukti di atas penyitaan penyidik sudah sesuai dengan prosedur dalam hukum acara pidana," ucapnya.
Habib Rizieq diketahui mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka penghasutan kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Dalam permohonannya, Habib Rizieq meminta status tersangkanya dinyatakan tidak sah.

Habib Rizieq dalam petitumnya juga meminta SP.Sidik/4604/XI/2020/Ditreskrimum tanggal 26 November 2020, dan Surat Perintah Penyidikan Nomor SP.Sidik/4735/XII/2020/Ditreskrimum tanggal 9 Desember 2020 tidak sah dan tidak berdasar hukum. Jadi penetapan tersangka terhadapnya tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.


Apakah ngumat akan kecewa? emoticon-Big Grin
Berarti sudah sah ya disebut tersangka
emoticon-Shakehand2

Baca berita terbarunya di link ini, ternyata si HRS ini emang sudah kena corona tanggal 25 november, tapi ngaku ngaku sehat. emoticon-Big Grin
Imam besar kok berbohong sih? emoticon-Bingung (S)

Sudah benar kami para nyebong pada kepo soal hasil test rijik waktu di RS UMMI. emoticon-Big Grin

Makanya sudah tepat kalau si HRS memang sah jadi tersangka.
emoticon-Shakehand2

Diubah oleh daddydaddydoo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:32
ts rapiin tretnya abis itu komen juga supaya sah emoticon-Nohope


edit: mantap ts emoticon-Toast


fix ya masuk bui itu anak haram jadah....vonis pasti bersalah deh pokoknya mau hukuman berapa taun juga....emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh hhendryz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:36
tetep masuk tu barangggggggg emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:38
Masoooook pak ekooo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:38
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:39
bagaimqna saksi, sah?
emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:41
Alhamdulillah
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:42
Udah drun,,, mledug aja dah elo pada

Hidup juga cuma jd sampah peradaban, mending ngumpul sama 72 bidadari



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:43
DASAR KANG MEBEL,
PLONGA-PLONGO,
KOMUNIS,
PETUGAS PARTAI,
ANTEK ASENG,

MAU LOE APA SIH...???
emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:46
Yessssss Masuk Prodeooo.

Siap siap sabun jatuh ya!!!!
profile-picture
daddydaddydoo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:47
Jadi tersangka di 3 kasus baru, sementara kasus lama menunggu untuk dibuka lagi
Nista amat hidup lu zieq
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:49
cucu nabi kalah praperadilan

ngahok kirim salam, selamat menikmati emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 16:58
Alhamdulillah..... Masuk ke tahap berikutnya, semoga semua bisa dibuka yang salah yang benar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:05
Sah sudah sah sekarang, tinggal tunggu proses hukum selanjutnya. Yang nae haran dulu kenapa gak berani ya buat status tersangka? Kenapa harus menunggu lamma baru dibuatkan statusnya?
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:05
Mantappp
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:06
Dikira gampang apa main praperadilan?
emoticon-Ngakak
Kelakuan nya aja malah memberatkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:07
Perih...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:11
duh, nasibmu sayid rijik😅😅😅
profile-picture
daddydaddydoo memberi reputasi
1 0
1
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:11
Sodappppppppppppppp emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:27
3 kasus sekaligus emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Habib Rizieq, Status Tersangka Sah
12-01-2021 17:38
pantes jalan Ampera macet bener. bnyk polisi sm baracuda . gak taunya ada prapradilan singa walah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia