• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Kelompok Superhero, Inilah Organisasi Avangers Dikehidupan Nyata

GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Bukan Kelompok Superhero, Inilah Organisasi Avangers Dikehidupan Nyata

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai sebuah kelompok yang bernama  avanger  tapi bukan sebuah kelompok superhero melainkan sebuah kelompok tentara pembalas dendam. So, langsung saja kita bahas.

Pada 24 Juni 1941, kota Vilnius di Lituania direbut oleh tentara Jerman yang bergerak maju, setelah itu sebuah ghetto untuk orang-orang Yahudi dibuat. Organisasi pemuda lokal mulai terlibat dalam menyelamatkan orang-orang Yahudi dan bekerja melawan penyebaran propaganda. Pada 21 Januari 1942, Fareynikte Partizaner Organizatsye (FPO) atau Organisasi Partisan Bersatu dibentuk. Ini adalah organisasi perlawanan Yahudi pertama yang didirikan di ghetto Eropa yang diduduki Nazi. Organisasi tersebut dipimpin oleh penulis Abba Kovner, Josef Glazman, dan Yitzhak Wittenberg.

Tujuan FPO adalah menyabotase aktivitas dan industri militer Jerman, membangun pertahanan diri di ghetto, dan bergabung dengan para partisan dalam perang melawan Nazi. Namun, seruan untuk bertindak tidak meyakinkan banyak orang untuk bergabung dengan FPO, dan akhirnya organisasi tersebut terpaksa melarikan diri ke hutan untuk melawan Nazi.


Kemudian, mereka bergabung dengan Tentara Merah, dan pada Juli 1944, anggota FPO mengambil bagian dalam pembebasan Vilna oleh tentara Soviet. Di akhir perang, Abba Kovner adalah salah satu pendiri kelompok rahasia Nakam (“Revenge”) yang dikenal sebagai Dam Yehudi Nakam atau Darah Yahudi Akan Dibalas. 

Tujuan organisasi itu adalah membalas dendam atas Holocaust yang mengakhiri hidup enam juta orang Yahudi. Kovner berhasil merekrut sekitar 50 orang tetapi mereka sebagian besar adalah mantan partisan Yahudi. Kelompok itu awalnya memburu Nazi di Jerman Barat, Spanyol, Kanada, dan Amerika Latin. Sasaran utamanya adalah mantan tentara Wehrmacht. Beberapa tewas dalam kecelakaan mobil misterius yang lain ditemukan tergantung atau tergeletak di selokan pinggir jalan.

Pada akhir tahun 1945 mereka mengembangkan dua rencana yang bekerja berdasarkan prinsip balas dendam proporsional  yaitu mata ganti mata. Rencana A melibatkan meracuni pasokan air kota di Nuremberg, Munich, Hamburg, dan Frankfurt untuk membunuh enam juta orang Jerman yaitu, sebanyak orang yang tewas selama Holocaust.


Rencana A tidak dilaksanakan karena polisi militer Inggris menahan Kovner selama kembali ke Eropa. Dia ditangkap kemudian dibebaskan setelah dua bulan di penjara Mesir dan Palestina. Keterlibatan Kovner di Nakam berakhir pada saat itu. Karena tidak ada cukup racun untuk pelaksanaan Rencana A, anggota yang tersisa melanjutkan ke Rencana B. Rencana kedua adalah menyusup ke penjara Dachau dan Nuremberg untuk meracuni tahanan Jerman dengan menuangkan arsenik ke dalam roti mereka.

Pada tanggal 23 April 1946, surat kabar The New York Times melaporkan bahwa 2.283 tawanan perang Jerman telah diracuni dengan 207 di antaranya menjadi sakit parah dan dirawat di rumah sakit. Seorang anggota Nakam mengklaim bahwa 300-400 orang tewas, meskipun jumlah pasti korban masih belum diketahui. Sepanjang tahun 1950-an, aktivitas para pembalas dendam Yahudi secara bertahap berhenti. Sebagian besar anggota kembali ke Israel tetapi menolak berbicara tentang pengalaman mereka selama beberapa dekade. Akhirnya, Kovner menjadi salah satu penyair terhebat Israel dan memenangkan Penghargaan Israel untuk Sastra pada tahun 1970.

Gimana menurut agan semua? Apakah menurut agan superhero difilm  Avangers mengambil nama dari kelompok ini?. Okelah, sekian dulu thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur untuk agan semua.

Sumber referensi : Pribadi Dan Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


richardus96
dhinyzfrn
amdar07
amdar07 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.3K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.