News
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffabfd928c991140e77b50f/temuan-vladimir-tatarenko-ide-parasut-pesawat-diklaim-cegah-kecelakaan
http://share.babe.news/s/UvwMxpQQvR https://www.harianhaluan.com/amp/detail/118152/temuan-vladimir-tatarenko-ide-parasut-pesawat-diklaim-cegah-kecelakaan Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan Harianhaluan 2021/01/10 13:13 - Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak mengingatkan tentang penemuan seorang engineer penerbangan asal Ukraina bernama
Lapor Hansip
10-01-2021 15:50

Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan



http://share.babe.news/s/UvwMxpQQvR
https://www.harianhaluan.com/amp/det...gah-kecelakaan

Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan

Harianhaluan
2021/01/10 13:13

- Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak mengingatkan tentang penemuan seorang engineer penerbangan asal Ukraina bernama Vladimir Tatarenko. Ia punya ide merancang parasut pesawat. Dia mengklaim parasut pesawat dibuat untuk mencegah atau setidaknya meminimalkan dampak kecelakaan.
Dikutip detikcom dari Kyiv Post , Tatarenko mengatakan penemuannya dapat melakukan hal itu. Sistem tersebut menjamin pendaratan yang aman untuk seluruh kompartemen penumpang dan menyelamatkan nyawa semua orang.
Pesawat yang dirancangnya memiliki kapsul yang terdapat di dalam badan pesawat. Kapsul ini dapat dikeluarkan dalam hitungan detik dan mengevakuasi penumpang. Jika ada indikasi kecelakaan udara, buntut pesawat akan terbuka. Kemudian, muncul sebuah pelontar yang menembakkan parasut keluar dari pesawat dan menarik seluruh kompartemen penumpang sehingga terlepas dari badan pesawat. Dengan demikian, penumpang berada di dalam kapsul tersebut dan melayang menggunakan parasut.

Pada 2013, Tatarenko membuat visualisasi video tentang cara kerja penemuannya dan diposting di YouTube. Video tersebut tidak menarik minat banyak orang, hingga pada 31 Oktober 2015, saat terjadi tragedi pesawat Rusia jatuh di Mesir, video Tatarenko yang diposting ulang di Facebook ditonton lebih dari 18 juta orang dan dibagikan lebih dari 283 ribu kali.
"Bagaimana pilot dan co-pilot bisa selamat?," tanya salah satu netizen yang mengomentari video tersebut.

Tatarenko kemudian menjelaskan bahwa mereka pindah dari kokpit ke kompartemen penumpang sebelum kapsul dikeluarkan, bersama dengan kru lainnya.

Kelemahan utama dari penemuan ini adalah, rancangan tersebut hanya dapat digunakan dengan pesawat yang memiliki pintu belakang, seperti beberapa pesawat Antonov Ukraina. Sedangkan pesawat lain akan membutuhkan renovasi besar-besaran pada bagian ekornya untuk membenamkan sistem parasut pesawat.
Selain itu, dikatakan Tatarenko, pesawat juga harus mengurangi kapasitas kursi yang bisa menyebabkan kenaikan harga tiket pesawat komersil sebesar 15%. Namun menurutnya, kenaikan harga tiket bukanlah masalah.
"Orang akan bersedia membeli tiket untuk penerbangan yang aman, meskipun harganya 15% lebih mahal," yakinnya.

Ditolak.
Tatarenko sebenarnya sudah lama memiliki ide ini. Namun dia menunggu sampai idenya bisa menjadi lebih praktis melalui penemuan bahan komposit karbon ringan yang tidak akan terlalu meningkatkan bobot pesawat.
Demi mereduksi beban pesawat dengan kabin parasut, Tatarenko memperkenalkan bahan kevlar dan komposit karbon sebagai bahan baku sebagian besar badan pesawat rancangannya.
Tatarenko kemudian mendekati rekan-rekannya di perusahaan pesawat Antonov, tempat dia bekerja hingga Uni Soviet runtuh. Sebagai bagian dari tim yang ikut mengembangkan pesawat kargo terbesar di dunia Antonov An-225 Mriya pada 1988, Tatarenko tahu kalau Ukraina memiliki semua fasilitas dan staf profesional yang dibutuhkan untuk mewujudkan idenya.
Sayangnya, saat didekati Tatarenko, Antonov rupanya tak punya cukup uang untuk merealisasikan proyek ambisius tersebut.

Menurut hitung-hitungan Tatarenko, dibutuhkan USD 1 juta untuk memproduksi satu kapsul. Anggaran sebesar USD 40-60 juta juga harus disiapkan untuk uji coba pemasangan kapsul di tiga pesawat jet Ukraina AN-148 keluaran Antonov.
Selain mendekati Antonov, Tatarenko juga mencoba mengirimkan proposal ide parasut pesawat itu ke Kementerian Transportasi Ukraina. Namun lagi-lagi, idenya harus ditolak dengan alasan keuangan.
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
+++++

Hem knapa gak dipake ya ide brilian eyang renko ni?
Apa karena mahalnya biaya.pengiritan servis dll.
Maskapai kejar penumpang cuan no1.tpi nyawa no sekian.
Gimn koment agan?

Muluz cew2 ukraina pemujanya kakek lejen renko
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah KecelakaanTemuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah KecelakaanTemuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah KecelakaanTemuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
Diubah oleh mendoan76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:00
maskapai maunya kalo gak penghematan ya keuntungan. kalau bisa lebih cuan dengan rapetin kursi pesawat ya dirapetin sampe dengkul mentok kek metromini..

yang bisa maksa itu otoritas penerbangan..


ngomong2 itu mulus fantat ampe nyeplok gitu diisi baskom apa yak?
Diubah oleh biawak.pink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:04
Berarti tengahnya nempel, kalo bisa mah, keren, kl gw banyak duit pasti pilih tuh pesawat krn pasti tiketnya mahal
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:07
plausible : yes
feasible : ?

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:09
Ide ini perasaan dari gw bocah tahun 80an pernah baca di majalah kawanku, tapi realitanya ngga bisa karena mechanical/physic limitation
Diubah oleh aleet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:18
Dari dulu ane setuju banget kalo Boeing dan Airbus bisa kembangin teknologi ini, berapapun mahalnya biaya yg akan dikeluarkan, yang penting bisa menyelamatkan nyawa penumpang pesawat...

Kalo penumpang pake kursi lontar, bisa pada kebentur atap dan koit duluan.. juga pelontar mesti pake api, berbahaya di kabin bray.. super mahal juga biayanya..

Kalo penumpang pake parasut, semua penumpang mesti dilatih dulu utk pake parasut, ga semua penumpang tau caranya apalagi kalo lagi panik di udara..

Apalagi kalo kabin atap pesawat dibuka, bisa mengakibatkan dekompresi, dan bisa fatal akibatnya buat penumpang..

Ide Tatarenko ini udah yang paling bener, tinggal mikirin bikin parasut raksasa yg mampu menahan kapsul badan pesawat yg beratnya ton2-an, dan bisa mendarat dengan selamat di darat maupun di air...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:22
Eke taunya antonov ini yg pesawat terbesar didunia itu tp liatnya aja udah ngeri bayangin dayanya pas naik abis take off emoticon-Takut (S):
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:42
Pilotnya di tinggalin
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:51
Nambah beban berarti ngurangi ruang ada yang harus dikorbankan entah itu jumlah bbm atau jumlah penumpang ato jumlah kargo yang harus dikurangi.
Dan gak bakal sering kepake tuh barang artinya ya sering jadi beban doang.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 16:52
Kalo ngomongin soal cuan maskapai dan keselamatan penumpang itu saling bertolak belakang
Penumpang maunya bayar murah, dinaikin tarif ngamuk, maskapai supaya survive ya harus menghemat, dr bbm, (mungkin) perawatan pesawat dll
Kalo mau keselamatan penumpang lebih diperhatikan ya naik yg mahalan, itupun tetep ada peluang celaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurapbadak dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 17:23
Semoga tetap utamakan safety first diatas lainnya.
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 17:39
Kalau pesawatnya terjun bebas sampe 70 derajat, parasutnya bisa apa hyung? Lagi tereak2 udah hancur ngehantam laut.
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 17:46
Udah lah yg model sekarang aja cukup. Kalo semua selamat yah berkurang serunya dunia ntar. Gimana kerjaan orang SAR emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cosmoflip dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 17:55
Video ini selalu muncul saat ada berita kecelakaan pesawat.
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 18:06
Cerdas tapi susah diaplikasikan
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 20:14
Kunciiii
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 20:17
Jangan lupa resiko terbakar atau meleduk ..., atau kegagalan alat navigasi otomatis.
Kalau parasut, itu mungkin berguna untuk jenis kasus kegagalan mesin.

Entah lagi kalau parasutnya itu untuk tiap passanger. Dan kursinya diperlengkapi mekanime pelontar kayak pesawat tempur.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 20:38
Sudah ada itu yg buat.... buat pesawat pribadi yg kecil-kecil ... emoticon-Big Grin

Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan





Gubernur Aceh yg kena KPK juga punya pesawat demikian... jatuh pake parasut .. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 21:01
Riset ginian pasti mahal. Wajar baik Antonov maupun pemerintah setempat gak mampu bayar. Pun yang mengutarakan juga mantan teknisi Antonov, jelas beda rancang bangunnya dengan pabrikan Boeing atau Airbus. Dua pabrikan terbesar di dunia ini tetep harus mulai riset dari nol lagi.
0 0
0
Temuan Vladimir Tatarenko, Ide Parasut Pesawat Diklaim Cegah Kecelakaan
10-01-2021 21:10
resiko kematian tinggi kek gitu ko engga dikasih solusinya, jangan lah bilang humanity kalo faktor keselamatan transportasi udara aja masih minim
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia