Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
210
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff701e097751340cb691190/hasil-survei-90-persen-pengguna-mobil-listrik-ogah-kembali-gunakan-mobil-bbm
Sebuah survei di Inggris yang dilakukan pada 2.000 pemilik mobil listrik mengatakan kalau mereka tidak akan kembali ke mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE).
Lapor Hansip
07-01-2021 19:43

Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM

Past Hot Thread

Pamor mobil listrik sekarang makin meningkat. Gak hanya di pasar Amerika dan Eropa, di pasar Asia dan Indonesia pun pamor mobil listrik mulai meningkat. Pabrikan – pabrikan pun udah mulai banyak yang ngeluarin produk mobil listrik mereka. Dan sepertinya para pengguna cukup puas dengan teknologi baru ini, makanya gak heran kalau angka penjualannya alami kenaikan.

 Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM

Nah terkait kepuasan tersebut, sebuah survei di Inggris yang dilakukan pada 2.000 pemilik mobil listrik mengatakan kalau mereka tidak akan kembali ke mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE).

Dalam jajak pendapat yang dilakukan pada November 2020 dengan lebih dari 2.000 responden, 91% menyatakan tidak untuk mengganti EV mereka dengan kendaraan bensin atau diesel; dan sebaliknya kurang dari 1% yang mendambakan kembali ke bahan bakar fosil. Sementara 9% mengatakan mereka tidak yakin.

Inggris sendiri sebenarnya tengah gencar – gencarnya mengajak warga mereka untuk beralih ke kendaraan listrik. Bahkan negeri Ratu Elizabeth ini belum lama juga mengumumkan kalau rencana pelarangan penjualan kendaraan bertenaga bensin dan diesel mulai tahun 2030.

Sementara di Indonesia, minat masyarakat terhadap mobil listrik juga meningkat. Hal ini terlihat dari angka penjualan pada tahun 2019 dan 2020. Pada 2019 lalu mobil bermesin bakar terjual sebanyak 1.032.202 unit. Sedangkan mobil hybrid sebanyak 685 unit, plug-in hybrid 20 unit dan mobil listrik berbasis baterai (BEV) 0 unit. periode Januari-Oktober 2020, terjadi peningkatan terhadap penjualan mobil listrik BEV di Indonesia yang dicatat Gaikindo. Selama 10 bulan pertama 2020, mobil listrik BEV terjual sebanyak 250 unit.

Angka tersebut pastinya akan meningkat jika mobil – mobil listrik di Indonesia mulai menjangkau pasar Low Cost Green Car dan low MPV. Untuk saat ini, harga mobil listrik paling murah di Indonesia ada di angka Rp 600 juta.

sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 19:45
kalo ane lebih prefer hybird gan, secara stasiun BBL masih sedikit, dan semoga mobil listrik tidak dipajaki secara brutal
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 19:47
katanya lebih hemat untuk charge di pom, tapi kalo dirumah kayanga lebih mahal.. apa nunggu pembangkit nuklir dulu biar sarananya memadai
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 19:50
Gw beli kalo udah ada yang varian batre A3 emoticon-Ngakak
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 19:50
Halah .. charging station aja kagak ada .. mo jual mobil listrik ..
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:05
Ibarat sudah ada hp canggih.. siapa yang mau komunikasi pakai surat tangan? Wkwkkww
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:22
ada beberapa hal yg perlu diperhatikan untuk mobil listrik:

1. harga "murah" saat ini hanya permulaan

ini uda rahasia umum bahwa pemain pasar memberikan stimulus diawal. jadi seolah olah "murah" dengan tujuan untuk membentuk pasar dan membuat konsumen tertarik. nanti juga bakalan muncul mafianya.

bisa kartel dari harga kendaraannya, seperti kasus yamaha dan honda yg mengkartel harga motor matic (ingat kan dulu harga matic itu murah banget, tapi setelah pasar terbentuk prmain dominan sedikit demi sedikit mengkartel harga matic hingga sekarang ini).

kartel harga sparepartnya, terutama batere, ntar juga muncul mafia import export untuk bahan pembuatan batere, mafia e-waste, dll

juga mafia listrik, gw belum tau apakah nanti listrik akan tetap dimonopoli bumn atau banyak swasta masuk. tapi dengan semakin menjamurnya mobil listrik kayaknya gak mungkin harga listrik menjadi murah, pasti naik sedikit2

ujung2nya ketika pasar sudah terbentuk, cost "murah" yg digembor2kan diawal pasti sedikit2 menjadi mahal. sesuai prinsip ekonomi

2. charging di pom lama

andai 1 mobil rata2 cas 30 menit, bisa dibayangkan kalo ada 3 mobil saja harus nunggu 1,5 jam... hahaha

gimana kalo ada pemadaman parah suatu daerah? antri 10 mobil uda melebihi kayak antri sembako murah LOL
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:50
Pantes esemka ga rilis"
Nunggu teknologi ini rupanya
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:52
Masalahnya yg mau beli mobil listrik jg yg tajir2 yeeee
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:54
tianggap siapin SDM aja, SDA tinggal ngeruk,

0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 20:55
klo dikitmah masih jarang...
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 21:05
Saya mau ngomong gitu kalau saya uda punya aja gan
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 21:15
wah.. gede juga itu persennya yang gak mau balik ke mobil bensin. sepertinya akan eksis jg mobil listrik
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 21:17
Mobilnya baru.. ga mau balik ke BBM

Coba ntar kalo udah kena batere harus ganti.. apa masih ga pingin balik?

Liat aja hyundai yang listrik vs BBM, selisih harga kurleb untuk batere
Diubah oleh Shuttle2K
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 21:19
Trus yg jadi pikiran ane tuh.... Klo semua org pada pake mobil listrik, trus pabrik2 oli mesin gimana ya? Wakakakaka
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 21:21
charger listriknya lumayan gak sih?
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 22:00
250 unit terjual dikali 600jt? FIX Indo belum krisis
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 22:01
Tunggu 3 - 5 tahun lg,
saat battreinya soak,
seperti smartphone

berapa biaya ganti battreinya ?
Logikanya lebih mahal dari harga saat beli baru mobilnya (inflasi)
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 22:03
InsyaAlloh lg ngumpulin duit buat beli kompor gas dulu,,
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 22:19
Para taipan minyak ga akan tinggal diam dengan fenomena ini. Lihat aja ntar gimana kedepannya. Apakah akan ada gerakan frontal atau malah bawah tanah untuk menghambat laju teknologi baru ini.
0 0
0
Hasil Survei: 90 Persen Pengguna Mobil Listrik Ogah Kembali Gunakan Mobil BBM
09-01-2021 22:40
@idabgsputraaa Sempat ada wacana pemerintah untuk penyederhanaan golongan daya listrik minimal ke 4400 va, tapi sampai sekarang belum ada kelanjutannya.
profile-picture
idabgsputraaa memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Yamaha R15 Kaskus Rider Community (R15ER)
tips-merawat-motor-secara-rutin-pada-yamaha-r15
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia