de.payens
TS
de.payens
Konsep Khilafah Itu Buatan Allah, Cak Nun: Kamu Jangan Anti-Khilafah
Galih Priatmojo
Kamis, 07 Januari 2021 | 15:23 WIB




Cak Nun - (YouTube/Najwa Shihab)

SuaraJogja.id - Di saat sebagian pihak mempertentangkan mengenai konsep Khilafah, cendekiawan muslim, Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun memberikan pernyataan yang mengejutkan.

Dalam sebuah ceramah yang diputar ulang saluran YouTube Ayo Berbagi Ilmu, Cak Nun mengatakan, konsep khilafah sejatinya murni buatan Allah, sehingga, dia meminta umat Islam jangan memusuhi konsep tersebut, apalagi sampai melabeli dirinya sebagai anti-khilafah.

Saat ini, kata Cak Nun, banyak masyarakat Indonesia yang membenci konsep khilafah tanpa memahami arti sebenarnya. Tak sedikit dari mereka yang memaknai khilafah berdasarkan pemikiran HTI. Padahal, bisa jadi, hal tersebut keliru, alias tidak benar.

“Saat ini banyak yang bertengkar karena agama. Sampai-sampai Indonesia ini anti-Khilafah. Seolah-olah mereka betul-betul anti-Allah,” ujar Cak Nun, seperti dilansir dari Hops.id, Kamis (7/1/2021).

“Seharusnya yang tidak kamu setujui itu tafsirmu pada HTI terhadap khilafah. Tapi yang membikin manusia menjadi khalifah itu, Allah sendiri. Ya kalau kamu enggak mau jadi khalifah, apa lebih baik bunuh diri saja?” sambungnya.

Cak Nun juga bertanya-tanya, sejak kapan khilafah dimaknai sebagai sistem negara? Padahal saat konsep tersebut diturunkan, dunia belum mengenal negara, melainkan hanya kerajaan. Kesalahan umat Islam menafsirkan makna ‘khilafah’ itu, menurut Cak Nun, sangat berbahaya.

“Terus akhirnya Indonesia anti-khilafah sebagai bentuk negara. Kudunya bahasanya jangan begitu. (Kamu bisa bilang), kami tidak setuju pada tafsir HTI terhadap konsep khilafah, jangan khilafahnya yang kamu salahkan. Kalau khilafah yang disalahkan, nanti aku lapor ke Gusti Allah,” tegasnya.

Seperti yang telah disinggung di awal, Cak Nun meminta umat Islam jangan anti terhadap ‘produk’ buatan Allah
. Sebab, perwujudan khilafah, kata dia, bermacam-macam. Jadi, sebenarnya khilafah yang mana yang tidak disukai?

“Yang bikin konsep khilafah itu Allah, kamu jangan anti-khilafah. Cuma perwujudan atau aplikasi khilafah itu bisa bermacam-macam. Kalau bagi saya sederhana, Indonesia dengan Pancasila dan UUD 45 serta pemerintahannya itu merupakan salah satu bentuk khilafah,” tuturnya.

Cak Nun menambahkan, Allah sendiri menciptakan manusia pertama, Adam AS, sebagai khalifah di muka bumi. Sehingga, kata dia, Adam mengemban tugas dari Allah untuk menjalankan konsep khilafah.

“Kan khalifah itu subjeknya, khilafah itu pekerjaannya,” kata Cak Nun.

https://jogja.suara.com/amp/read/202...-anti-khilafah

======

Quote:


******

Quote:


Kalau tujuan akhirnya mengejar Dominasi maka tidak sesederhana yg diharapkan

Mending Kita bahas yg lain sj Pak


emoticon-Angkat Beer
areszzjayviniestlubizers
lubizers dan 34 lainnya memberi reputasi
35
12.6K
423
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.