• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Minim Polusi Udara, Minim Kriminalitas, Minim Kemacetan, Inilah Kota Sultan Berada

deriandroid18
TS
deriandroid18
Minim Polusi Udara, Minim Kriminalitas, Minim Kemacetan, Inilah Kota Sultan Berada
Jogja Istimewa dengan Kereta Kencana dan Bakpianya!





Mendengar kata jogja dalam pikiran orang langsung akan tertuju pada malioboro, gudeg, dan kraton. Tak salah memang kesemua itu adalah ciri khas dari kota ini, tak hanya itu masih banyak ciri khas lain yang belum disebutkan yang wajib kalian ketahui.

Lama terkurung oleh pandemi yang membuat pikiran stress karena hanya berdiam diri dirumah membuat kita ingin segera lepas dan menjelajahi tempat wisata untuk mencairkan otak beku dan kembali meresfresh pikiran yang telah sekian lamanya mengikuti aturan.

Salah satu rekomendasi untuk dikunjungi setelah pandemi pergi angkat kaki dari negri ini adalah yogyakarta. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di kota ini untuk merefleksikan diri bersama keluarga, teman, ataupun orang terkasih.

Transportasi 

Bagi kalian yang berdomisili diluar kota yogyakarta, kalian bisa menggunakan moda transportasi udara maupun darat untuk menuju kota yogyakarta. lebih disarankan untuk memakai jasa kereta api karena aksesnya mudah dan cepat. untuk jalur udara lokasi bandaranya cukup jauh yaitu berada dikawasan dekat pantai kulon progo. 

Setelah kalian sampai di kota yogyakarta bebas untuk memilih transportasi apa yang ingin kalian gunakan untuk ke tempat-tempat yang dituju, disana tersedia becak, andong, atau trans jogja. 

Selama di jogja tak perlu khawatir mahal untuk transportasi, sewa abang becak hanya cukup membayar Rp.5.000-20.000 aja, berdua lebih hemat. Tak hanya itu, ketika kalian ingin berhenti dulu di sebuah toko untuk membeli sesuatu, abang becak akan bersedia menunggu dan jika kalian tak menemukan benda yang dicari di toko tersebut abang becak akan merekomendasikan toko lain yang bisa kalian coba kunjungi, dan lebih asiknya lagi abang becak tak meminta biaya tambahan! Enak banget kan? sudah mau nungguin, dikasih rekomendasi pulak. 



Jika kalian datang dengan rombongan 5-6 orang mungkin becak tak akan cocok sebagai transportasi karena kapasitas maksimal becak adalah 2 orang. Artinya kalian harus berpencar menyewa beberapa becak.

Nah, agar tetap bersama-sama rombongan sebaiknya menggunakan andong karena kapasitasnya lebih banyak bisa menampung 6-7orang sekaligus. Tak susah mencari andong, sepanjang jalan malioboro berjejer para driver andong yang siap mengantar kalian berkeliling kota. Tak usah khawatir harga mahal, tarif andong hanya Rp.80.000 dihari biasa dan Rp.100.000 dimasa liburan. 2 orang ataupun 7 orang harga tetap sama ya, jadi tinggal patungan aja tuh lebih hemat.





***

Tempat Wisata

Apasih wisata di jogja? Malioboro doang? No! Banyak!!!

Jogja memang terkenal dengan malioboronya, namun beberapa wisata lain pun tak kalah menarik diantaranya: 

1. Kampung Wisata Taman Sari


source

Tempat ini cocok untuk kalian belajar sejarah, disini kalian bisa melihat tempat tidur sultan hamengkubuwono 1, tempat semedi sultan, tempat mandi sultan bersama selirnya, dan tempat-tempat lainnya yang biasa sultan gunakan. Terdapat juga relief-relief pada dinding bangunan yang tentu saja kalian takkan mudah memahaminya, diperlukan seorang pemandu untuk menjelaskan arti dari relief-relief tersebut. 

Harga tiket masuk tempat ini sangat murah sekali, cukup membayar Rp.5.000saja kalian bisa menjelajahi tempat ini sepuas hati. Jangan lupa untuk berfoto di spot-spot menarik juga untuk mengabadikan moment tempat sejarah ini.


Quote:





2. Beringin Kembar - Alun-Alun




Tak jauh dari Jl. Malioboro kalian bisa kunjungi tempat beringin kembar berada. Banyak orang ke tempat ini untuk mencoba keberuntungan dengan melewati jalan diantara 2 beringin. Cara bermainnya sendiri adalah kalian berdiri sekian meter jaraknya dari kedua beringin itu berada, tutup mata dan memutar badan beberapa putaran lalu berjalan ke arah beringin hingga melewatinya . Jika lolos melewati kedua beringin itu maka kalian akan mendapat keberuntungan. Namun, dari sekian banyaknya yang mencoba sebagian besara gagal, bahkan arah berjalannya melenceng jauh sekali. 

Disini terdapat penyewaan penutup mata hitam, cukup membayar Rp.5.000saja kalian bisa mulai bermain permainan tutup mata melewati beringin kembar.

3. Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo





Agak jauh dari pusat kota yogyakarta, pantai parangtritis sangat cocok untuk yang ingin merasakan angin pantai ditemani gulungan ombak yang memanjakan mata. Tak hanya menikmati pantai, disinipun terdapat penyewaan motor trail, kuda, dan andong. Banyak juga terdapat penjual makanan dan pakaian yang dapat kalian beli untuk oleh-oleh dibawa pulang.

Jika parangtritis terlalu ramai untuk kalian yang tak terlalu suka keramaian, alternatif kalian bisa kunjungi pantai karangkusumo, letaknya bersebelahan dengan pantai parantritis, lebih tepatnya sebelum parangtritis kalian akan melewati terlebih dahulu pantai parangkusumo. Disini tak banyak pengunjung maupun pedagang, cocok deh untuk orang introvert!

4. Malioboro




Ini dia andalan kota yogya, malioboro!
Mendengar kata malioboro saja otak orang pasti langsung otomatis terkoneksi dengan jogja. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya apasih istimewanya malioboro? padahal hanya sekedar nama jalan tetapi banyak orang mengantri untuk sekedar berfoto dibawah papan nama jalan malioboro. 

Malioboro bukan sekedar jalan biasa, sepanjang jalan malioboro kanan kiri dipenuhi para pedagang pakaian, pernak pernik, makanan, aksesoris, dll. Tempat ini adalah area berburu para wisatawan untuk memborong oleh-oleh yang hendak dibawa pulang. Masalah harga bukan masalah, barang-barang yang dijual disini sangat-sangat bersahabat sekali, sebagai contoh: Harga kaos umumnya dibandrol Rp.30.000/pc, untuk bahan yang berbeda harga sedikit naik sekitar Rp.45.000. Harga tersebut bukanlah harga pas, tergantung kita jago menawar atau tidak apalagi jika membeli dalam jumlah banyak tentu akan mendapatkan potongan harga spesial.

Spoiler for Pakaian:



Selain pakaian, boleh dicoba berburu aksesoris seperti gelang dan kalung untuk dibawa pulang. Umumnya harga gelang dibandrol dengan harga Rp.10.000/3pctapi ada juga pedagang yang menjual Rp.10.000/4pc. Ayo borong dan bagikan kepada teman dan keluarga!

Spoiler for gelang:


Sedikit agak mahal dari gelang, kalung-kalung kayu yang dijual disini dibandrol dengan harga Rp.10.000/pc, biasanya pedagang menawarkan harga Rp.20.000/pcnamun itu masih bisa ditawar dan biasanya dilepas Rp.10.000

Spoiler for Kalung:


Gantungan kunci juga adalah barang murah disini, dijual paketan maupun satuan. Paketan biasanya satu set isi 10pc dihargai Rp.10.000-20.000. Satuan dihargai Rp.2.000tergantung jenisnya jika sedikit bagus bisa Rp.5.000/pc.

Setelah puas menjelajah berburu pakaian dan aksesoris energi terkuras habis cacing perut mulai menangisemoticon-Frown Langsung saja mampir ke tempat makan yuk gansis, resto maupun kaki lima di malioboro ada! tergantung budget ada berapa, sesuaikan saja ya.




Masih banyak tempat-tempat yang belum disebutkan dan belum diketahui sekaligus belum dikunjungi. Kiranya agan dan sista memiliki informasi lain selain informasi yang tertulis diatas mohon kiranya keikhlasan hatinya untuk berbagi dikolom komentar untuk melengkapi thread informatif ini agar semakin bermanfaat bagi pembaca.




"  Sekian dan wasalam agan-agan yang tampan dan sista-sista yang cantik rupawan sampai bertemu di masa depan "  



Salam Derianesia penulis tak bertuan


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sumber tulisan : My Experience


farinamanyraliakbarrrUriNami
UriNami dan 54 lainnya memberi reputasi
49
8.5K
491
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.