News
Batal
KATEGORI
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff687c3facb953261297745/minta-subsidi-haji-dikurangi-wapres-haji-u--yg-mampu-bukan-karena-disubsidi-negara
Kemarin sore, Rabu, 6 Januari 2021, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, menerima Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di rumah dinasnya di Jakarta. Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, seperti dilaporkan Antara, dalam pertemuan itu Wapres Ma’ruf Amin meminta Menteri Agama menyusun kebijakan untuk memangkas subsidi biaya haji dari pemerintah. “Wapres berharap, ke depan itu, ibada
Lapor Hansip
07-01-2021 11:02

Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara

Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara

Kemarin sore, Rabu, 6 Januari 2021, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, menerima Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di rumah dinasnya di Jakarta.

Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, seperti dilaporkan Antara, dalam pertemuan itu Wapres Ma’ruf Amin meminta Menteri Agama menyusun kebijakan untuk memangkas subsidi biaya haji dari pemerintah.

“Wapres berharap, ke depan itu, ibadah haji untuk yang mampu, jadi bukan karena disubsidi negara. Ya, disubsidi oke, tapi jangan sampai mengganggu sistem tabungan haji yang selam ini dikelola BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji),” jelas Masduki Baidlowi.

Selain itu, Wapres juga berharap biaya haji dapat dihitung secara benar dan jangan sampai mengganggu rencana keberangkatan calon jemaah haji berikutnya.

Menurut Masduki Baidlowi, Wapres menganggap selama ini subsidi haji yang hampir setengah dari ongkos naik haji terlalu besar. “Bayar Rp35 juta kisarannya, tapi onkos hajinya Rp70-an juta, [subsidi] hampir setengahnya, kan ini tidak benar,” katanya.


“Jangan sampai seperti arisan haji atau umrah. Jadi yang mau berangkat duluan itu dicarikan dana dari yang lain, sampai akhirnya yang belakangan itu jadi korban. Dalam konteks negara, ini duit APBN yang dipakai,” imbuh Masduki Baidlowi.

Wapres Ma’ruf Amin berharap Menteri Agama yang baru dapat memperbaiki pengelolaan dana haji hingga pemberian subsidi dapat dipangkas secara bertahap. (*)

via rekam jejak indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronaldidin dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 17:28
Masuk akal
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 17:30
Dasarannya memang haji untuk yang mampu, yang gak mampu silahkan menabung kalau ingin tapi jangan melupakan kewajiban menafkahi dan yang lainnya. Juga jangan digunakan buat gaya2an
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 18:55
Akhirnya, ada omongan beliau yang ane setuju wkwkwkwk.

Kalau perlu dihilangkan saja subsidi haji, lagian orang naik haji kebanyakan ngincer title "haji", cuma mau pamer.

Biarin mahal naik haji, biar orang yg mau naik haji bener2 serius, gak ngincer gelar aja
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 19:50
walau hati perih tapi ane setuju banget, subsidi bisa dialihin buat pendidikan/kesehatan/bantuan sosial untuk masyarakat, bukankah itu esensi beragama, memang betul naek haji buat yg mampu aja. kalo ngebet pengen ke tanah suci bisa umroh dulu. untuk yg ini ane angkat jempol buat engkong ma'ruf
Diubah oleh dnaltalf
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 21:15
Haji itu bukan subsidi tapi hasil pemanfaatan tabungan haji
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 23:45
APA?
Mukidi?
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
0 1
-1
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
07-01-2021 23:50
Percuma pa aji. Jangankan Haji yang udah disubsidi, solat kaga dilarang aja dibilangnya rejim anti islam
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 00:58
lagian, kenapa dulu bisa ada kebijakan kek gini emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan kakidal27 memberi reputasi
2 0
2
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 05:36
Yg udah pernah haji kasih antrian paling buncit
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 06:00
Entah kenapa gue juga setuju
Diubah oleh fa.uz
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 08:20
Quote:Adapun untuk menutupi biaya operasional haji tersebut, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan pihaknya akan memberikan dana subsidi penyelenggaraan ibadah haji mencapai Rp 6,8 triliun.

Baca Juga: Sah, biaya ibadah haji tahun ini tidak ada kenaikan

"Dana subsidi sebesar Rp6,8 triliun berasal dari nilai manfaat BPKH," ujar Anggito kepada Kontan.co.id, Sabtu (1/2).

Sementara itu, total nilai manfaat yang dihimpun BPKH selama tahun 2019 lalu adalah sebesar Rp 8 triliun. Selain untuk membiayai BPIH, nilai manfaat ini juga akan dialokasikan untuk akun virtual (virtual account) jemaah haji, serta untuk kegiatan kemaslahatan.




ternyata subsidinya bukan dari uang negara, tapi dari BPKH yang didapat dari uang jemaah juga yg udah nyetor, dan itu masih ada sianya, dapet 8 T subsidinya 6.8 T
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 13:08
Halah mbelgedhes dana abadi umat brpa bunga deposit jmaah di selama masa tunggu itu kemana duit nya djembut
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 15:03
Disubsidi dari mananya? Apa dibayar pakai APBN sehingga bisa dikatakan disubsidi. Penyelenggara menjual dengan harga segitu, orang beli ya sudah selesai. Kalau Ndak bisa jadi penyelenggara ya berikan ke pihak lain.
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 15:58
Iya benar dan yang abidin kurangin.
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
08-01-2021 17:39
Kementrian plg kurap.... Eh korup.... Buang2 duitnya ya di Kaypang juga.... Ck ck ck kementrian apa sih ini kok royal bener sama duit....😄
Y gpp sih selama buang di Kaypang mah, duit panas pan ya.... Daripada jd penyakit di empanin ke anak bibi.... Bener jg sih logikanya....

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
10-01-2021 16:41
Subsidi haji dari utang negara, dari patungan para kafir, gak malu?
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
12-01-2021 14:54
disubsidi gimana? 70 juta?? gile aja. kalau tanpa pemerintah , haji malah bakalan lebih murah. sewa apartemen- 1500-2000 riyal dapat 2 kamar gede , bisa buat 2 keluarga 4-6 orang. makan 2000-3000 riyal , itu udah KFC + nasi mandi +starbuck tiap hari . kalau mau hemat 30 riyal perhari dapet nasi mandi/kabsa 3x .atau masak nasi sendiri. paling 500-800riyal.
naik pesawat saudi air sebelum pandemi 2000-3000 riyal PP , lebih murah malah.

total perorang 5500-7500 riyal , sekitar 22 - 30 juta . itu kamar buat 4-6 orang. kalaupun sewa hotel 300 riyal perhari bisa buat 4 orang.

di indo pake asrama hajilah, atau apalah. di negara lain boro2. langsung gas begitu dapat visa .

malah haji dibisnisin kalau di indo. kalau maksa pake jalur ngga resmi ditangkap ama pemerintah emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
12-01-2021 21:17
jadi selama ini..... mudah2an dihilangin lah itu subsidi.... duit rakyat.... tapi klo buat Ibadah haji.... apalagi syarat haji itu bagi yang mampu... setuju banget sama Pak Wapres
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
13-01-2021 00:57
https://m.dream.co.id/haji/kabar-haji/begini-nasib-3-wni-yang-tertangkap-basah-berhaji-lewat-jalur-ilegal-180919a.html

Ini illegal aja bayar 130 dan 150 perorangan jadi pembanding aja yang bilang murah
0 0
0
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara
13-01-2021 16:28
Betolllllll Pak wapresssss

Cabut aja subsidi Haji

Ibadah itu tanggung jawab pribadi, bukan ditanggung negara dengan uang rakyat

Masih banyak kebutuhan negara yg urgent.

Masih banyak rakyat kelaparan, infrastruktur bobrok,
Diubah oleh ontapesek
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia