Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff5c010facb953b5756e4f0/terlihat-ringan-ternyata-segini-berat-awan-sebenarnya
Awan mungkin terlihat sangat ringan dan halus tetapi kenyataannya awan sebenarnya cukup tebal. Para peneliti telah menghitung bahwa awan kumulus rata-rata jenis halus putih yang bagus yang Agan lihat di hari yang cerah memiliki berat yang luar biasa yaitu 500.000 kg atau 1,1 juta pound.
Lapor Hansip
06-01-2021 20:50

Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai awan. Percaya atau tidak ternyata awan memiliki berat dan beratnya bukan main-main. Kalau penasaran langsung saja kita bahas.

Awan mungkin terlihat sangat ringan dan halus tetapi kenyataannya awan sebenarnya cukup tebal. Para peneliti telah menghitung bahwa awan kumulus rata-rata jenis halus putih yang bagus yang Agan lihat di hari yang cerah  memiliki berat yang luar biasa  yaitu 500.000 kg atau 1,1 juta pound.

Bagaimana cara menghitungnya?

Pertama, kita harus cari tahu seberapa padat awan itu. Ilmuwan telah mengukur kerapatan air dari awan kumulus (awan putih berbulu halus yang Anda lihat di hari yang cerah) sebagai 1/2 gram per meter kubik.  Kepadatan tiap awan akan lebih besar untuk berbagai  jenis awan. 

Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya

Selanjutnya, cari tahu seberapa besar awan itu. Dengan mengukur bayangan awan saat matahari berada tepat di atasnya, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang lebarnya. Kumulus berukuran sekitar satu kilometer, dan biasanya kira-kira berbentuk kubus  jadi satu kilometer panjangnya dan tingginya juga satu kilometer. Ini seperti memberi Agan awan dengan volume satu miliar meter kubik. 

Lakukan perhitungan dengan massa jenis dan volume untuk menentukan kadar air total awan maka hasil yang didapat adalah 500.000.000 gram air atau 1,1 juta pound. Bayangkan jika awan tiba-tiba jatuh dikepala agan, jika kita umpamakan dengan menggunakan gajah. Awan itu memiliki berat sekitar 100 ekor gajah.

Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya

Jadi bagaimana awan seberat beberapa ratus ton tetap mengapung? Untuk satu hal, beratnya tidak terkonsentrasi pada ratusan partikel berukuran gajah atau bahkan satu miliar partikel berukuran marmer. Itu didistribusikan di antara triliunan tetesan air yang sangat kecil yang tersebar di ruang yang sangat besar. Beberapa dari tetesan ini sangat kecil sehingga Anda membutuhkan jutaan tetesan untuk membuat satu tetesan hujan, dan efek gravitasi pada tetesan tersebut dapat diabaikan. 

Terlebih lagi, kerapatan awannya tidak sebanyak udara kering jadi akan mengapung. Ini juga membantu agar semua tetesan kecil itu terangkat dari arus udara hangat yang naik. Namun, tetesan itu tidak mengapung selamanya. Ketika kepadatan air awan meningkat dan butiran air semakin besar dan berat, awan tersebut akhirnya jatuh, sedikit demi sedikit, dalam bentuk hujan. 

Gimana menurut agan semua, pernah kepikiran atau tidak untuk menghitung berat awan? Ternyata awan seberat itu ya, jadi gak kebayang kalau awannya runtuh. Sekian thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat.

Sumber referensi : Pribadi Dan Disini
Sumber gambar : Google Image
emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca



profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.h3 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:00
Isi bacaannya terlalu berat emoticon-Smilie
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:03
menarik juga buat diketahui
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:14
ane jadi berpikir mungkinkah kita kan selalu ber
eh jadi nynyi emoticon-Cape d...

maksudnya mungkinkah kita bikin suatu benda entah kendaraan dengan konsep seperti awan .. walau ratusan ribu kilogram tapi tetep bisa melayang melawan gravitasi
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:27
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:33
widih 100 ekor gajahemoticon-Wakaka
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 07:58
Pantes klo pesawat nabrak bs goyang
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 08:21
berarti awan itu air ngambang
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 08:42
Mungkin ini yang menyebabkan pesawat kalau kena awan ini jadi terjatuh ya??? Karena beratnya yang luar biasa....
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 09:09
berat tapi bisa melayang ya,,ajaib emang
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 09:50
Berat ya, tapi bisa mengambang di udara
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 10:08
Trit menambah wawasan astronomi ane. Tq
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 10:18
makanya doremon punya alat buat padetin tu awan biar bisa rebahan di sana..

Petualangan Doraemon - Nobita dan kerajaan awan
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 10:32
Kirain ane ada yg bawa timbangan ke atas gan.
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 11:21
Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, kita hanya bisa menikmati, mengukur, meneliti.
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 11:40
Loh, bukannya kalo kita makan roti awan badan kita malah bisa jadi ikutan ringan ya? bahkan ampe terbang. emoticon-Ngakak
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 11:44
Ane waktu kecil pengen ambil terus masukin plastik, ntar dibukannya di dalem kamar emoticon-Ngakak
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 11:45
emang beratlah bayangkan aja air sebanyak 100 truk tangki yang terbang
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 12:53
Ada massa nya y
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 13:22
Tamhanan dikit Gan
Tambahan info singkat
tambahan data

AWAN

Kumpulan partikel, biasanya berupa air atau es, yang tampak menggantung tinggi di udara. Kata Ibrani yang utama untuk ”awan” ialah ʽa·nanʹ;


Suatu bagian penting dalam siklus air, yaitu ketika air yang naik ke atmosfer sebagai uap dari tanah dan permukaan air di bumi selanjutnya berkondensasi dan jatuh ke tanah, sehingga menyediakan cairan yang sangat penting bagi kehidupan flora dan fauna.
0 0
0
Terlihat Ringan, Ternyata Segini Berat Awan Sebenarnya
08-01-2021 14:52
Waaaahhh seberat itu ternyata.. Luar biasa cara Tuhan menggantungkan titik2 air berupa awan itu di langit 😍
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia