News
Batal
KATEGORI
link has been copied
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff715164601cf57a362f2a3/risma-dicap-ratu-drama-sosok-tunawisme-dan-nama-asli-terbongkar-warganet-terciduk
Aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi perbincangan hangat di kalangan publik. Sosok Kastubi sendiri disebut kemensos kini berada di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat. Sosok Kakek berusia 59 tahun itu sempat menjadi perbincangan warganet. Seorang pemilik akun twitter @Andhy_SP211 mengunggah beberapa foto yang ia sebut merupakan K
Lapor Hansip
07-01-2021 21:05

Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk

Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk

Aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi perbincangan hangat di kalangan publik.

Sosok Kastubi sendiri disebut kemensos kini berada di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat.


Sosok Kakek berusia 59 tahun itu sempat menjadi perbincangan warganet.

Seorang pemilik akun twitter @Andhy_SP211 mengunggah beberapa foto yang ia sebut merupakan Kakek Kastubi, tunawisma yang ditemui Risma, 4 Januari lalu.

Sosok pria berambut putih itu disebut sebagai pemilik usaha di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan.


"Kalau yg menghadap ke depan atau yg rambutnya putih/ubanan kek kenal itu, tukang jualan poster Soekarno Menang dia orang PDIP. Lokasi jualanya jln Minang kabau Manggarai, selain itu dia juga jualan kelapa muda. Terciduk juga,” cuit aku Adhe Idol di Facebook

Sejumlah media massa pun melakukan penelusuruan ke lokasi yang dimaksud

Dan memang benar, ditemukan sosok pria berambut putih mirip seperti tunawisma yang ditemui oleh Risma.

Dia disebut dalam pemberitaan, bukanlah tunawisma.

Bahkan, ia disebut memiliki sejumlah usaha.

Namanya pun bukanlah Kastubi, melainkan Nur Saman.


Hingga Kamis siang, nama #RismaRatuDrama masih memuncaki trending topik di Indonesia.

Tanggapan Kemensos

Menanggapi viralnya temuan tunawisma itu, Kepala Biro Humas Kementerian Sosial Wiwit Widiansyah menjelaskan maksud dan tujuan blusukan Risma ke sejumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Menurut dia, blusukan itu dalam rangka menyasar program Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

"Sasaran PPKS ini seperti gelandangan, pengemis, dan kelompok rentan lainnya," kata Wiwit melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Ia melanjutkan, tujuan blusukan yang dilakukan Mensos adalah untuk melakukan pemetaan masalah sosial dan melihat langsung kebutuhan dari PPKS.

Hal ini, kata dia, diperlukan agar Kemensos dapat mencarikan solusi dari masalah-masalah yang dialami para PPKS.

"Agar dapat dicarikan solusinya secara komprehensif dan terkoordinasi dengan kementerian/lembaga dan pemda terkait," kata dia.

Di media sosial, aksi blusukan Risma menuai polemik karena muncul dugaan adanya pengaturan atau setting sebelum dilakukan.

Hal ini terlihat di akun Tiktok @cual99. Akun tersebut menggambarkan sedikit gambaran dugaan setting-an pada "blusukan Bu Risma".

Namun, ketika ditanya lebih lanjut untuk mengonfirmasi apakah blusukan itu telah diatur sebelumnya, Wiwit tidak memberikan respons.

Publik memang memberikan beragam komentar, termasuk kritikan pedas untuk Risma. Dia menjadi topik yang ramai diperbincangkan warganet Twitter pada Rabu (6/1/2021).

Hingga Kamis (7/1/2021), nama Risma masih bertengger dengan lebih dari 5.000 orang membuat twit dengan tagar #RismaRatuDrama.

Sejumlah warganet menilai aksi blusukan Risma sebagai pencitraan yang tidak diperlukan dan tidak tepat sasaran.

Mereka meminta agar Risma dapat melakukan hal yang lebih signifikan dalam memperbaiki kesejahteraan rakyat Indonesia.

Selain itu, ada juga yang menilai blusukan Risma sebagai langkah awal sebelum maju ke Pilkada DKI Jakarta.

Namun, anggapan itu telah ditepis oleh PDI Perjuangan, partai tempat Risma bernaung.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kegiatan Risma tersebut tidak terkait sama sekali dengan Pilkada DKI Jakarta mendatang

"Tidak ada kaitannya dengan Pilkada DKI," kata Djarot saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Menurut Djarot, kegiatan blusukan Tri Rismaharini sejak menjabat sebagai Menteri Sosial merupakan bagian dari tugas untuk membantu masyarakat penyandang masalah sosial.

Blusukan Risma juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan daerah lainnya dalam menangani masalah sosial di masyarakat.

Bermunculan gelandangan baru

Sejak blusukan Risma ramai diperbincangkan publik, kini tunawisma di Jakarta Pusat mulai marak ditemui, Rabu (6/1/2020).

Setelah aksi blusukan Mensos Risma blusukan menemui tunawisma di beberapa ruas jalan di Jakarta, sejumlah tunawisma mulai marak terlihat di jalanan Ibu Kota.

Pantauan Wartakotalive.com, di Jalan Salemba hingga jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, beberapa gerobak berhenti di pinggir jalan.

Ada pula tunawisma yang hanya duduk sambil membawa karung.

Meski tidak bergerombol, para tunawisma muda ditemukan di sejumlah ruas jalan tersebut.

Beberapa dari mereka ada membawa gerobak dengan muatan kardus-kardus di dalam gerobak itu.

Tak hanya di ruas jalan Kramat Raya dan Salemba, para tunawisma juga terlihat di sekitar Gereja Katedral, Sawah Besar.

Ada sekitaran lima orang tunawisma yang duduk di trotoar, ada beberapa dari mereka juga membawa gerobak.

Menyikapi hal itu, Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Jakarta Pusat, Ngapuli Parangin-angin tak menampik soal keberadaan tunawisma di Jakarta Pusat.

Ia bahkan membenarkan jika kini fenomena tunawisma di Jakarta Pusat mulai marak beberapa akhir minggu ini.

"Kita tidak tahu ada apa ini, tiba-tiba banyak kan. Jadi tanda tanya juga. Jadi pertanyaan juga," ungkapnya Ngapuli Parangin-angin, Rabu (6/1/2021).

Ngapuli tak bisa menuding maraknya fenomena tunawisma, dampak dari blusukan Mensos Risma.

Apalagi dalam blusukan itu Risma menjanjikan tempat penampungan bagi para tunawisma.

"Ini agak curiga apakah informasi seperti itu orang yang dari luar Jakarta pada datang ke Jakarta sama kayak Lebaran," katanya.

https://manado.tribunnews.com/2021/0...-terciduk-juga

Marak Tunawisma akibat ekonomi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 5 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 05:24
banyak yang komen kalau bu Risma pencitraan. Ibu Risma mengejar jadi pejabat ini itulah. bla bla bla.
komen saya : saya tidak akan berani bilang demikian.
alasan saya: saya rasa saya belum berbuat apa yang sudah Ibu Risma lakukan. saya tidak punya power sebesar menteri, tidak punya kekayaan banyak juga, dan hanya mampu menolong sebisa saya.
Karena aksi Ibu Risma, maka jajaran yang dipimpinnya bergerak masif ngurusin tunawisma, malah bagus menurut saya. itu karena Ibu Risma punya power untuk itu..
Lalu ada pejabat setingkat gubernur yang nyuruh stafnya buat ngecekin, syukur syukur nanti juga bantuin, malah bagus..
Intinya sih semuanya bantu orang terlantar kan..lalu ngapain nuduh nuduh bilang pencitraan bla bla.. apakah yang menuduh nuduh bilang pencitraan sudah turun bantuin para tunawisma tersebut, sampe nyediain makan, pakaian, tempat tinggal?
saya pribadi sih baru berani nuduh pencitraan bla bla dengan catatan saya sudah melakukan yang lebih baik dari orang yang saya tuduh.
profile-picture
boyotelo memberi reputasi
1 0
1
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 05:30
Kadrun kejang2 gara2 emak2 emoticon-Big Grin
0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 05:50
jadi inget gorong gorong
0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 06:07
Indonesia sudah pernah sekali ketipu sama 'blusukan' ke gorong-gorong. Apa gak pernah belajar dari kesalahan?

Kalo cuma pencitraan, youtuber lebih jago daripada pejabat. emoticon-Cool

Cari pejabat yang kerja berhari-hari, dipuji beberapa menit saja. Jangan yang kerja beberapa menit, dipuji berhari-hari. Besar kepala nanti..
Diubah oleh jazarja
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan cahngeyel memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 06:08
Baru kali ini kita tau mentri sosial kerja kaya gini sampe blusukan

Emang salah ya kalo belusukan
Kalo gitu yg bener ginama harus nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 06:11
Bukti kl si anus selama ini tutup mata terhadap kemiskinan di daerahnya.
0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 06:17
Warganet?? Kata kadrun tolol kali emoticon-Ngakak
profile-picture
albi00 memberi reputasi
1 0
1
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 08:03
Dunia Sandiwara
0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 09:57
Blusukan di pedalaman papua atau kalimantan dong bu rhisma
0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
08-01-2021 18:40
siap2 diciduk...nuduh setingan ternyata mereka yg setingan... emoticon-Ngakak emoticon-Hansip

0 0
0
Risma Dicap Ratu Drama, Sosok Tunawisme dan Nama Asli Terbongkar, Warganet: Terciduk
13-01-2021 06:58
polarisasi di masyarakat kita masih terasa sampai sekarang ya atmosfirnya, ditunggu kebijakan-kebijakan yang extra ordinary dari kemensos ya Bu Risma 😬
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia