Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff1ce1765b24d18801b05f6/yuk-cicipi-uniknya-citarasa-pelas-hurang-khas-cianjur-selatan
Berdasarkan resep turun temurun pelas ini berbahan dasar: udang, kelapa parut, kencur, bawang putih, bawang merah, merica, cabe merah, dan daun kemangi juga salam dan serai. Untuk bumbu tabur yaitu garam dan penyedap rasa.
Lapor Hansip
03-01-2021 21:00

Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pelas Hurang Kuliner Khas Sunda Berbahan Udang


Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan

Wilayah Agrabinta, Sindangbarang dan Cidaun memiliki garis pantai yang sangat panjang. Semua desa pesisir pantai memiliki sungai yang bermuara di laut selatan Jawa Barat atau sering dikenal sebagai laut kidul. Seperti sungai Cisokan, Sungai Cibuni, Sungai Ciselang, Sungai Cisadea, Sungai Cidamar dll.


Vegetasi alam yang dihasilkan dari habitat muara ini salah satunya udang, baik udang bakau, udah galah alam, udang bayong dll. Banyak masyarakat pesisir sungai atau muara yang memanfaatkannya sebagai ladang mengais rezeki.

Mereka mengambil udang dan ikan dengan menggunakan jaring yang disebut anco. Salah satu primadona muara sungai adalah udang, dibanding ikan. Udang ini harganya lebih terjangkau, berkisar antara 20.000-40.000 rupiah per kilo. 


Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
Udang Muara: Dokpri


Udang muara ini memiliki citarasa yang berbeda dengan udang tambak yang dibudidayakan. Rasanya lebih manis dan gurih. Nah, masyarakat Sunda sudah mengenal beberapa macam kuliner dari udang. Namun, salah satu bentuk pengawetan udang yang satu ini adalah primadona kuliner Sunda dari Cianjur selatan.


Pelas hurang atau ada yang menyebutkan dengan istilah keno, berbedanya keno berasal dari udang tawar atau dari kolam budidaya. 


Quote:Nah, apa saja bahan dan cara pembuatannya. Berdasarkan resep turun temurun pelas ini berbahan dasar: udang, kelapa parut, kencur, bawang putih, bawang merah, merica, cabe merah, dan daun kemangi juga salam dan serai. Untuk bumbu tabur yaitu garam dan penyedap rasa. 

Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
Pelas siap dibungkus


Prosesnya lumayan menguras tenaga, tapi terbayar dengan hasilnya yang lezat. 

Langkah pertama, ambil udang kira-kira 500 gram bersihkan di air mengalir dari sampah atau kotoran. Sediakan lumpang dan alu, jangan diblender ya, karena teksturnya akan hancur dan citarasanya berkurang. Tumbuk udang hingga lembut. Masukan kencur, bawang putih, bawang merah, garam, penyedap rasa, cabe merah dan merica bubuk.

Di tempat lain parut 1 buah kelapa yang belum tua, lebih bagus bertekstur dengan alat parut tradisional yang disebut kuhkuran.

Setelah itu campur parutan kelapa dengan tumbukan udang dan bumbu. Tambahkan salam, serai dan daun kemangi. Setelah itu sediakan daun pisang dan bungkus membentuk pepes. Pepes di dalam abu tungku tradisional. Boleh di pepes dalam dandang hanya aromanya lebih wangi yang dipepes dalam abu. 

Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
Pelas yang sudah matang

Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
Pelas siap dinikmati


Angkat setelah sekitar setengah jam. Sajikan bersama nasi hangat, lalapan, sambal cabe rawit goang. Pokoknya dijamin bakal ketagihan. 


Nah pelas ini bisa bertahan hingga 3 hari asalkan sering dihangatkan atau jika disimpan di kulkas bisa bertahan 1 Minggu. Untuk yang penasaran tanpa mau repot membuatnya. Bisa mencari kuliner ini di sekitar daerah muara sungai pesisir selatan Cianjur. 

Bagaimana, Agan Sista penasaran ingin praktek membuat dan mencoba kuliner ini?

Sampai jumpa di thread ane yang lainnya.

Jangan lupa komen dan cendolnya.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Opini pribadi
Gambar: Dok. Pribadi
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sofiayuan dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
03-01-2021 21:01
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
03-01-2021 21:01
Kuliner sunda berbahan udang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
03-01-2021 21:01
Kuliner khas pesisir selatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 15:36
Ini di tempatku namanya bothok urang Sist. Mantab emang, cocok dimakan sama sayur menir (bayam+labu+oyong+jagung uleg) sama sambel tomat. Beuh, ngabisin nasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 16:45
Mengikuti undangan threadnya mantul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 17:11
Ini kesukaan saya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 17:16
Ini sih sedep banget aku suka. Pake nasi anget.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 17:48
Sepertinya enak niih dari udang pula,, kesukaan aku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 19:58
Quote:Original Posted By detyry
Ini di tempatku namanya bothok urang Sist. Mantab emang, cocok dimakan sama sayur menir (bayam+labu+oyong+jagung uleg) sama sambel tomat. Beuh, ngabisin nasi
wih mantep juga

Quote:Original Posted By ajang.dee
Mengikuti undangan threadnya mantul
iya mari makan☺️

Quote:Original Posted By sayuh311
Ini kesukaan saya
dah pasti

Quote:Original Posted By trifatoyah
Ini sih sedep banget aku suka. Pake nasi anget.
abis sebakul😂

Quote:Original Posted By anns123
Sepertinya enak niih dari udang pula,, kesukaan aku
iya emang mantul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
04-01-2021 20:10
Enaknya 😋, selama ini ane cuma goreng pakek tepung aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
05-01-2021 22:56
kayaknya enak ya emoticon-Matabelo pengen cobain tapi diriku alergi kalo makan udang huhuhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
06-01-2021 20:19
mantap ni kak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
06-01-2021 21:48
Quote:Original Posted By lianasari993
Enaknya 😋, selama ini ane cuma goreng pakek tepung aja
yuk dicoba

Quote:Original Posted By japarina
kayaknya enak ya emoticon-Matabelo pengen cobain tapi diriku alergi kalo makan udang huhuhu
ya. Mesti minum obat

Quote:Original Posted By abellacitra
mantap ni kak
makasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
12-01-2021 21:38
Ane belum pernah cobain nih tetapi keliatannya enak banget nih. Semoga aja deh kapan kapan bisa nyobain hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
16-01-2021 09:27
Enakkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
19-01-2021 06:29
Dimakan pake nasi anget mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
26-01-2021 16:30
menarik sih, ini daerah cianjur dan cianjur selatan kaya gini tuh kulinernya khas beda sama daerah sebelah2nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
26-01-2021 18:39
Lama nian ga makan lauk pelas rasanyaa 😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
26-01-2021 21:48
Klu dtmpat ane namany pepes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Yuk! Cicipi Uniknya Citarasa Pelas Hurang Khas Cianjur Selatan
27-01-2021 13:06
Ini kalau di tempat ane semacam bothok ya.. tapi di tempat ane biasanya pakai ikan teri bukan udang,.. kalau diganti udang pasti lebih enaaak...
profile-picture
profile-picture
makola dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia