News
Batal
KATEGORI
link has been copied
260
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff41755c8208479c5305273/turis-kaget-lihat-kondisi-bali-pedagang-sampai-memohon-beli-barang
KASKUS Forum - Hanya saking sepinya, para pedagang di Pasar Seni Ubud sampai rela banting harga hingga memohon pada wisatawan lokal untuk membeli barang dagangannya demi menyambung hidup.
Lapor Hansip
05-01-2021 14:37

Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang

Past Hot Thread

Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang

Denpasar -
Pandemi COVID-19 begitu memukul pelaku pariwisata di Bali, tak terkecuali para pedagang di Pasar Ubud. Tak sedikit yang sampai banting harga.
Bali dewasa ini, tak lagi sama dengan yang dulu sebelum pandemi. Jalanan yang sepi hingga tokok-toko yang tutup, menjadi pemandangan lumrah di Bali kini. 


Turis yang tadinya menyesaki jalanan Kuta hingga Legian kian sepi, seiring dengan penutupan Indonesia untuk turis asing sejak pandemi mengganas di tanah air.


Suasana juga dijumpai oleh salah satu wisatawan lokal bernama Prabas yang baru saja pulang dari libur akhir tahunnya di Bali Desember lalu. Pergi berwisata dengan istrinya naik mobil, ia mengaku kaget dengan suasana Bali kini. 


Salah satunya adalah ketika ia dan istrinya pergi belanja kerajinan tangan di Pasar Seni Ubud. Populer di kalangan turis, pasar ini diketahui menjual aneka kerajinan tangan yang memang lebih mahal dari pasar lainnya di Bali.
Hanya saking sepinya, para pedagang di Pasar Seni Ubud sampai rela banting harga hingga memohon pada wisatawan lokal untuk membeli barang dagangannya demi menyambung hidup.

"Semua di Bali diskon. Hal yang paling gue sedih, istri gue suka kerajinan. Ke Pasar Kesenian Ubud ada tiga kali, sekarang kondisinya sudah 180 derajat," cerita Prabas.
Taruh lah harga untuk sebuah kerajinan kayu yang awalnya dihargai hingga 300 ribu rupiah, bisa ditawar sampai 200 ribu rupiah.
"Mereka kayak begging sampai segitunya ke semua turis yang lewat," ceritanya.


Namun, diakui olehnya kalau masyarakat Bali begitu kuat dalam menghadapi kondisi yang sulit dewasa ini. Senyum ramah tetap diberikan oleh mereka bagi wisatawan.
"Main Atv juga di Ubud harusnya main 2 jam Rp 1,7 juta jadi Rp 450 ribu 2 jam. Dan yang gue salut, orang lokal Bali tetap senyum dan gak ada yang ngeluh," ujarnya.
Menurut salah satu masyarakat Bali yang ditemuinya, Pulau Dewata memang sudah sepi sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Namun, kondisinya perlahan mulai membaik di momen libur akhir tahun kemarin.

"Soalnya dari bulan April seperti kota mati, sekarang sudah mulai pelan-pelan. Mulai rame, mereka masih bersyukur," tutupnya.
Tak hanya di Ubud, suasana sepi juga Prabas temui di Legian, Kuta dan Uluwatu, Bali. Mungkin hanya Canggu saja yang masih ramai di kalangan turis. 


sumur

https://travel.detik.com/travel-news...on-beli-barang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:15
moga moga pandemi cepat berlalu
sedih lihat kondisi begini
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan eraser22 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:20
sedih juga sih sampai gitu, apalagi yang bergantung banget ama wisatawan emoticon-Sorry
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:21
Itu yang ane salut, mereka tidak mengeluh
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:25
Murah2 ya....hmm...
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:41
Drpd salah2an mnding introspeksi...ke pasar ya ayo asl protokol tetep...biasanya kena debu sdkit gbrasa, skrg tgn keluar rmh sdkt ada rasa berbeda...Cmiiw
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 00:55
Dulu pembeli memohon minta turun harga, eh skrg kebalik dongs 😩
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 01:06
Pada bandel masyarakatnya, lagi pandemi aja masih berani jalan2 ke pantai, mall, ngumpul2, gmn mau membaik ccoba? Pada ga bisa nahan diri, percuma di bikin aturan ini itu kkalo masyarakat ga mau turutin mah, gw kaget banget nonton di tv itu org masih berani maen ke ancol, puncak, bandung, uda kayak ga ada pandemi pada cuek... Miris liat kelakuan org indo, pada kaga sayang keluarga, gw yg biasanya ke mall tiap minggu, liburan minimal 3* setahun , begitu pandemi uda ga kemann2, sayang keluarga aja lah mikirnya, buat apa sih kita happy2 cuma 3-4 hari atau bbrp jam di mall or cafe tp resiko nularin keluarga??
profile-picture
ReaksiKimia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 01:11
Sektor pariwisata khususnya di bali jelas terdampak bgt sama pandemi ini. Semoga situasinya segera membaik deh
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 01:26
Bali akan semakin membaik kok, perekonomiannya jg pasti akan pulih. Pariwisata juga bntr lg akan rame lg. Semangat Bali...
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 01:36
Semoga semua kembali normal ya gan
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 02:03
Dunia sedang ada program travel bubble. Destinasi2 wisata dilockdown dari wisman lokal. Khusus wisman luar doang. Itupun harus double check dan wajib isolasi 14hari.
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 03:29
Maaf ya gan, banyak yg bilang wisatawan lokal dibeda bedakan di Bali..
Ane kebetulan hidup di Bali dan banyak teman yang bergelut di bidang bisnis wisata..
Memang sedikit ada pembedaan perlakuan, tp semua itu bukan karena uang..sekali lagi bukan karena uang. Tp karena attitude, bukan cuma domestik lho ya.. dari negara lain yg RATA² attitudenya g baik juga seperti itu..
Mereka menjaga property mereka, apapun itu. Hotel room beserta peralatannya, sewa motor yg kadang hilang serta kerusakan² yg disebabkan wisatawan² maaf lokal dan beberapa negara menyebabkan pemilik bisnis wisata di Bali jadi jaga jarak. Sekali lagi bukan karena uang, tp lbh aware sama wisatawan² yg sudah diCAP.

Dan jangan salah, wisatawan domestik diCAP SANGAT SERING MEMBERIKAN TIPS DARIPADA BULE.

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi
Diubah oleh nickNovero
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 04:18
Kalo gak senyum ya gak bakal ada yg beli /sewa ,,aneh lu tong..semua pedagak ya pake senyum palsu..biar alku
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 04:40
Rapid antigen masih berlakukah gan tiap kita masuk/keluar bali?
Diubah oleh suekethos
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 04:47
Yg murah dibali apa aja?
Terutana hotel2 yg paling bagus ada gk yg diskon gede2an apalagi promo?
Rencana puasa or sesudah lebaran klo disuntik vaksin udh bisa mw ksna dan beli dlu hotel2 no wahid kalo banting min 50% apalagi 75% min dri skrg tak dpin wkwkw mohon infonya biar sesekali jadi sultan.
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 05:02
Semoga saja keadaan bisa segera membaik pariwisata bisa kembali pulih lagi
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 05:39
Semua kena dampaknya
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 05:48
Dulu turis lokal gak dianggap.. sekarang sampai begging gitu..
0 0
0
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 06:01
emang parah banget ya dampaknya sampai seperti itu, semoga kondisi yang ada segera membaik ya 😔
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Turis Kaget Lihat Kondisi Bali, Pedagang Sampai Memohon Beli Barang
06-01-2021 06:15
gw kmrn desember baru dari sana 2 minggu.. miris banget memang sepi bali.. yang lebih miris malah banyak disini yang kesannya "nyukurin" gara2 kmrn2 ga ramah sama lokal.. tiap taun gw ke bali ramah2 aja.. Menurut gw sih introspeksi aja Bali mati gara2 kita2 sebagai 1 Indo terutama yang di jawa.. Gara2 yang di Jawa ga disiplin kasus covid meningkat terus otomatis dari negara luar melarang orang masuk Indonesia dengan Bali salah satu korbannya.. Kasian lho gara2 mayoritas orang di Pulau Jawa ga disiplin tempat2 laen kena imbasnya juga. Semoga kondisi membaik buat semua
profile-picture
mionggarong memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia