wicaks227
TS
wicaks227
Penyebab Suzuki Spin Kurang Laku Dipasaran Menurut Ane


Suzuki Spin merupakan motor matic besutan Suzuki yang diprpduksi tahun 2006. Waktu itu Spin menjadi rival Yamaha Mio.

Meskipun dibekali mesin 125 cc rupanya Spin tetap tidak terlalu bersinar di pasaran. Spin masih kalah pamor sama Mio ataupun Vario yang mesinnya cuma 110 cc saja.

Hal ini mungkin saja nggak terlepas dari keberadaan spare part Suzuki yang emang susah dicari. Nggak kaya Yamaha atau Honda yang sparepat ori atau aftermarketnya lebih mudah didapat.

Padahal secara performa dan desain, nggak ada yang salah sama Suzuki Spin. Bahkan Spin lebih unggul karena mesinnya 125 cc, lebih bertenaga tapi justru lebih ngirit dibandingkan Mio atau Vario.

Secara Look, Spin itu keren. Desainnya ramping dan simpel. Kalau dipoles dikit aja sudah cakep banget motor ini. Tapi sekali lagi masalah sparepart bikin motor ini kalah saing di pasaran.

Bisa dimaklumi. Karena ketika beli motor pasti kita nggak bisa mengira-ngira kapan motor rusak dan sparepart mana yang butuh diganti. Kalau sparepartnya susah dicari, sama aja motor bakalan nggak kepake. Belum lagi kalau harga sparepart mahal nggak karuan, bikin males beli. Mending beli motor yang sparepartnya gampang dicari. Mau ori atau kw kalau gampang ditemuin bakal lebih laku.

Itulah yang terjadi pada Suzuki Spin. Sparepart ori mahal dan susah dicari. Beda sama Yamaha Mio atau Honda Vario yang sparepartnya ada dimana-mana. Mau ori terjangkau, mau lebih irit cari kw. Atau beli sparepart aftermarket.

Belum lagi sejak diproduksi tahun 2006 sampe discontinued sekitar 2011 desain Spin cuma gitu-gitu doang. Nggak ada perubahan spesifik. Kalau bahasa kerennya facelift, hehe. Perubahan mungkin cuma bentuk cover headlamp aja. Dan itu nggak cukup ngangkat Spin.

Tapi seperti sudah jadi ciri khas dari Suzuki kalau sparepart susah didapat. Seolah produsen nggak mikirin konsumen. Asal barang laku, mau rusak di kemudian hari juga cuek aja. Mau sparepart ori harus inden dulu, kalau udah ada harganya juga mahal banget.

Tapi nggak tau juga kalau sekarang. Apakah sparepart Suzuki sudah mudah dijumpai atau belum ane nggak tau karena nggak pake motor Suzuki lagi. Mungkin Gan Sis ada info? Bolehlah kasih tau ane.

Referensi : Opini Pribadi
4660118agusn6778SoupAyam
SoupAyam dan 40 lainnya memberi reputasi
41
20.4K
268
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.