Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
154
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fed40d9337f937d10465253/dive-inside-antara-supranatural-dan-skizofrenia-bagaimana-menyikapinya
Kita mulai dari suatu pendekatan medis holistik dahulu, sebelum kita coba bahas lebih lanjut tentang apa itu skizofrenia ya. Dalam ilmu medis, banyak model pendektan kesehatan yang mencakup berbagai aspek intrinsik maupun ekstrinsik seseorang. Salah satu yang mudah sekali untuk dicerna dan banyak dipakai dalam pendekatan kesehatan jiwa adala model bio-psycho-social health atau kesehatan biopsikoso
Lapor Hansip
31-12-2020 10:09

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Quote:
Quote:
Disclaimer !


Thread ini bebas dari repost. Semuanya sudah hasil olahan TS dari berbagai sumber.


Enjoy It!



Kalau Suka Silahkan Like dan Rate. Silahkan Share Juga Kalau Menurutmu Thread Ini Bermanfaat Untuk Orang Lain emoticon-Big Grin





Assalamualaikum, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan untuk agan dan sista sekalian


Setelah sekian lama 'libur' membuat tulisan. Akhirnya iseng iseng mau nulis seri DIVE INSIDE  lagi nih. Tentunya tetap sama membawakan isu dan pengetahuan menarik dan mendalam untuk menambah wawasan kalian semua.

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Cerita dikit sebelumnya ya. Ane pribadi adalah mahasiswa kedokteran, saat ini sedang masuk ke jenjang koas (dokter mudalah). Jadi ane harus bilang di sini, im not doctor (yet) apalagi psikiatri ya gan. Tapi menurut ane, ini ngga jadi kendala untuk keinginan ane buat sharing sama agan sekalian. Sekali lagi, hal ini bukan untuk menyerang kepercayaan siapapun, itu adalah hak agan-agan sekalian. Ane juga umat beragama kok hehe sama seperti agan sekalian. So, cerna baik baik ya apa yang akan ane coba sampaikan.



[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Antara Tubuh dan Jiwa

Model Pendekatan Kesehatan Holistik

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?



Kita mulai dari suatu pendekatan medis holistik dahulu, sebelum kita coba bahas lebih lanjut tentang apa itu skizofrenia ya. Dalam ilmu medis, banyak model pendektan kesehatan yang mencakup berbagai aspek intrinsik maupun ekstrinsik seseorang. Salah satu yang mudah sekali untuk dicerna dan banyak dipakai dalam pendekatan kesehatan jiwa adala model bio-psycho-social health atau kesehatan biopsikososial.


Apa sih kesehatan biopsikososial itu?


Pendekatan kesehatan melalui biopsikososial artinya sesuai harfiahnya aja gan, jadi untuk melihat seseorang sehat itu tidak hanya dari unsur fisik atau biologinya saja, namun juga memperhatikan unsur psikologi dan juga sosial. Intinya, kalau mau bilang orang itu sehat ngga cuma kita lihat mereka ngga batuk, pilek, demam, diare, segala macem keluhan yang biasa buat agan ke dokter tuh, tapi kita juga harus lihat kondisi psikologis orang tersebut dan kondisi sosial di sekitarnya. Bahkan, definisi sehat menurut WHO sendiri menjelaskan bahwa sehat adalah kondisi baiknya seluruh aspek fisik, mental, dan sosial, tidak hanya sebatas kondisi tanpa penyakit atau gejala. Jadi, kita bisa dikatakan sehat kalau seluruh fungsi psikologi, keadaan sosial, serta kondisi fisik dalam keadaan prima gan! Ini yang harus kita sama-sama raih nih supaya hidup kita bisa jauh lebih optimal dari sekarang. Mindset yang bagus nih buat dipegang emoticon-Big Grin


[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?


  Selain itu, kita juga harus tahu dulu nih apa sih sebenernya definisi dari jiwa yang sehat. Nah, menurut WHO yang kemudian menjadi dasar pembentukan UU Kesehatan Jiwa di Indonesia (sekarang UU No. 18 Tahun 2014), seseorang dapat dikatakan sehat jiwanya apabila orang tersebut



Quote:1. Merasa Sehat dan Bahagia
2. Mampu menghadapi tantangan hidup
3. Dapat menerima orang lain sebagaimana adanya (dapat memberikan rada empati atau tidak secara apriori memiliki pandangan yang negatif terhadap seseorang atau kelompok orang)
4. Mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain




Itulah mengapa konsep pendekatan biopsikososial, definisi sehat yang menyeluruh, serta jiwa yang sehat ini sangat penting untuk masyarakat umum pahami. Menurut ane, kalo aja seluruh atau minimal sebagian besar rakyat Indonesia bisa mencapai tingkat kesehatan terbaiknya, dijamin dah tuh Indonesia bisa banget jadi negara yang jauh lebih produktif, damai, aman dan sentosa. Jadi ngga ribut terus masalah identitas ini-itu hehe. Bisa jadi negara superpower dah tuh emoticon-Big Grin.


[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?



Apa Itu Skizofrenia
Mengenal Gangguan Psikosis Paling Umum

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?


Sebelum kita masuk ke dalam bahasan ini, sebenarnya udah ada beberapa thread yang membahas mengenai apa itu skizofrenia dan sedikit banyak mengaitkan dengan hal supranatural atau orang indigo. Agan bisa baca thread itu di sini atau sini (dan masih banyak lagi). Namun bukan bermaksud mendiskreditkan TS yang membuat, namun menurut ane dalam thread tersebut belum menjelaskan secara penuh tentang apa sebenarnya skizofrenia itu dan bagaimana hubungannya dengan klaim kejadian supranatural lainnya. Jadi semoga di sini dapat dibahas lebih jelas.

Oke, Jadi apa sih sebenarnya Skizofrenia itu?

Dari bahasanya sendiri, Skizofrenia tuh pertama kali disampaikan pada tahun 1908 oleh Eugene Bleuler, seorang psikiatri berkebangsaan swiss yang juga mengenalkan istilah 'autisme'. Arti kata Skizofrenia itu sendiri adalah 'Splitting of the mind', dari kata skizos- (split) dan frenik- (mind). Tapi, ini bukan berarti split personality kayak yang banyak disampaikan di film film yaa (itu beda gangguan gan, namanya DID atau MPD). Tapi istilah ini lebih menggambarkan pikiran orang dengan skizofrenia seperti terfragmentasi, seolah-olah tidak koheren antar pikiran dan juga terhadap perilaku serta emosinya. Skizofrenia sendiri secara umum sering digambarkan sebagai gangguan jiwa kronis yang menyebabkan kelainan pada proses dan isi pikir. Mengapa disebut kronis karena dapat dialami hingga bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. 

Dalam ilmu kesehatan jiwa modern kita mengenal sumber referensi, salah satunya yang paling baru dan banyak dijadikan kiblat adalah Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder 5 atau yang lebih dikenal sebagai DSM 5. Sebenarnya di Indonesia sendiri kita masih merujuk kepada PPDGJ 3 yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan pada tahun 1993. Sumber yang dipakai boleh bebas kok yang penting jelas asalnya yaa. Nah dari DSM 5 sendiri, setiap gangguan jiwa memiliki Kriteria Diagnosis masing-masing, termasuk Skizofrenia. Gejala atau tanda yang termasuk ke dalam kriteria diagnosis skizofrenia antara lain.
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Quote:Pertama, Merasakan halusinasiatau waham yang menetap dan dialami minimal dalam waktu 1 bulan.

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
Halusinasi adalah kondisi dimana orang tersebut melihat, mendengar, atau merasakan hal yang orang sehat lain tidak merasakan serta tidak ada stimulus lain. Hal ini beda yaa sama Ilusi yang artinya orang bisa salah persepsi tapi memang ada stimulusnya. Seperti misalnya melihat gambaran orang di hutan karena ada pohon yang bentuknya mirip seperti orang itu adalah ilusi bukan halusinasi. Gambar di atas itu ilusi yaa bukan halusinasi. Halusinasi inilah yang menjadi perdebatan terkait sesuatu yang dialami itu apakah suatu hal supranatural ataukah sebatas kelainan neurotransmitter di susunan saraf kita. Tapi kita akan bahas lebih lanjut di bawah.

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
Sementara waham atau delusi adalah kondisi seseorang yang meyakini sesuatu yang secara logika tidak mungkin dan di luar norma yang ada. Waham ini banyak jenisnya mulai dari waham kejar dimana penderita yakin sekali kalau orang di sekitarnya ingin mencelakakan dirinya. Atau ada juga waham kebesaran dimana ia yakin sekali dirinya sangat spesial seperti merasa dirinya tuhan, nabi, rasul, presiden, dan lain sebagainya. Masih banyak jenis waham lainnya yang bisa diderita oleh orang dengan skizofrenia dan terkadang memang terdengar lucu dan seperti mengada-ada, ane pun mengalaminya dari banyak mendengar kisah orang dengan skizofrenia. Namun hal ini menimbulkan penderitaan dan hendaya bagi orang yang merasakan.


Halusinasi dan waham inilah yang biasa menjadi perdebatan terkait sesuatu yang dialami itu apakah suatu hal supranatural ataukah sebatas kelainan neurotransmitter di susunan saraf kita. Inilah mengapa stigma adalah hal yang amat sangat penting untuk diubah demi menolong banyak orang dengan skizofrenia yang tidak ditangani secara profesional. Tapi kita akan bahas lebih lanjut di bawah.



Quote:Kedua, merasakan salah satu gejala berikut minimal dalam waktu 1 bulan juga. Gejalanya antara lain.

Bicara yang tidak jelas (ngalor ngidul, jadi tidak koheren antar topik bicaranya)

Perilaku yang tidak normal (seperti misalkan kaku diam saja yang biasa disebut katatonik atau melakukan prank yang menargetkan orang-orang di luar batas yang sering pada jenis herbefrenik)

Gejala negatif seperti penurunan kondisi emosi (mukanya terlihat datar sajaa mau seneng ataupun sedih) atau malas melakukan aktivitas yang sebelumnya baik baik saja ia lakukan (namanya avolisi)



Quote:Selain itu, kondisi ini mengganggu fungsi sosial dan pekerjaan seseorang minimal dalam waktu 6 bulanserta kondisi gejala yang dialami tidak bisa dijelaskan oleh kondisi penyakit fisik atau penggunaan zat psikoaktif atau NAPZA. Kalau terbukti semisal terdapat tumor pada otaknya atau memiliki riwayat penggunaan narkoba maka kita harus lebih dahulu berpikir kalau gejalanya itu timbul akibat tumor atau penyalahgunaan zat tersebut gan.


Buat yang penasaran bagaimana rasanya menjadi orang dengan skizofrenia (ODS), ada video bagus tentang simulasi skizofrenia nih. Ane sangat menyarankan agan menonton supaya bisa sedikit merasakan bagaimana rasanya menjadi ODS walau hanya sebatas melihat. Credits buat pembuatnya yang gokil abis
.





[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?


Skizofrenia dan Stigma
Antara Sains dan Keyakinan Setempat

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Persentase orang dengan skizofrenia di Indonesia ini sendiri termasuk yang paling tinggi di seluruh dunia. Prevalensi gangguan psikosis di Indonesia ini sendiri menurut data Riskesdas 2018 adalah 1,8 dari 1000 penduduk. Bayangkan Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk yang berarti sangat banyakk orang yang mengalami gejala psikosis di Indonesia. Data dari WHO tahun 2004 juga menunjukkan bahwa skizofrenia di Indonesia menyebabkan kecacatan kualitas hidup dengan tingkat > 295 orang per 100.000 penduduk. Data-data ini harusnya jadi penggerak pentingnya awareness masalah ini di masyarakat karena sekali lagi ini bukan masalah main-main gan.
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
Salah satu hal yang dapat disangkutpautkan terhadap masalah skizofrenia di Indonesia ini adalah stigmatisasi skizofrenia. Bagaimana engga gan, skizofrenia di Indonesia masih dianggap sebagai penyakit orang 'gila' atau bahkan dianggap merupakan akibat dari roh jahat atau iblis yang bersemayam di tubuh manusia. Oke, di sini memang masalah sulit karena terdapat benturan antara kepercayaan dan penjelasan medis. So, bagaimana menyikapinya? 

Dari ilmu kejiwaan sendiri, seseorang dikatakan memiliki gangguan jiwa apabila memiliki gejala atau kepribadian yang membawa penderitaan (distress) dan juga penurunan fungsi (hendaya). Selama orang tersebut walaupun dengan klaim bahwa ia dapat melihat, mendengar, atau merasakan kekuatan supranatural, selama dia tidak menderita atau masih mampu menjalankan kehidupan sosial dan juga pekerjaannya dengan baik maka itu tidak jadi sebuah masalah. Kita belum dapat bilang itu sebagai sebuah gangguan, hanya gejala saja yang ada. Akan tetapi, dari sudut pandang sains mengatakan bahwa sesuatu yang gaib itu hal yang tidak bisa diuji kebenarannya, kita sebut ini metafisika sesuatu hal yang menurut ane pribadi bukan untuk didebatk. Jadi, menurut ane pribadi ngga usah dipusingkan antara kedua hal tersebut. Yang penting kita harus fokus membantu orang dengan skizofrenia yang jelas menunjukkan tanda penderitaan dan juga hendaya dalam fungsinya agar bisa mendapatkan pertolongan medis. Penting juga edukasi kepada masyarakat bahwa hal ini merupakan suatu kondisi medis yang sama seperti penyakit fisik lainnya yang membutuhkan pertolongan. 

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?


Menolong Skizofrenia
Keajaiban Dunia Medis

[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?


Walaupun tampaknya penyakit ini sungguh berat karena urusannya udah jiwa seseorang, tetapi dengan bantuan medis skizofrenia bisa dikontrol loh. Orang dengan skizofrenia yang cepat mendapat pertolongan dan didukung oleh sosialnya mampu beraktivitas layaknya orang yang jiwanya sehat loh gan. Kombinasi psikoterapi serta pemberian obat-obatan antipsikosis mampu menekan gejala yang diderita serta meningkatkan pengetahuan individu tersebut akan keadaan yang dialaminya. Obatnya pun ditanggung BPJS kok jadi ngga usah khawatir waaupun harus terapi dalam jangka waktu lama. Dengan deteksi dini yang cepat dan penanganan yang tepat ngga ada lagi cerita orang dengan skizofrenia harus menjalani beratnya gangguan yang dialami. So, yang teramat penting adalah yuk sebarkan informasi ini agar semakin banyak orang yang aware akan masalah gangguan jiwa di Indonesia.

Terakhir, TS sendiri punya satu video edukasi teruntuk ODS dan agan agan yang punya kerabat ODS agar bisa mengontrol kekambuhan skizofrenianya. emoticon-Big Grin






[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?

Sekian dulu ya DIVE INSIDE kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan sedikit banyak mampu membantu masalah gangguan jiwa, khususnya skizofrenia, semakin menemukan titik terangnya. 

emoticon-Shakehand2

Sumur


Mampir juga ke thread DIVE INSIDE (HT) lainnya  gan emoticon-Big Grin


[DIVE INSIDE] Mari Bercerita Tentang Mumi dan Dunianya (Knowledge Insight!)

[DIVE INSIDE] 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Kedokteran (Knowledge Insight!)

[DIVE INSIDE] Mengenal Lebih Jauh Tentang Partikel Sub-Atomik (Knowledge Insight)

[DIVE INSIDE] Ternyata Bumi Udah Pernah Ngalamin 'Kiamat' Gan ! (Knowledge Insight)

[DIVE INSIDE] Yuk Kita Ubah Habit Buruk Kita Dengan The Golden Rule of Habit Change

[DIVE INSIDE] Sebuah Cerita Tentang Alam Semesta Kita (Knowledge Insight)


[DIVE INSIDE] Belajar Dari Corona, Yuk Imunisasi! (Miracle World of Vaccine) 



Diubah oleh feeldaiyo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 48 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 00:23
Njir ngeri gan, tapi entah kenapa ane liat Video Simulasi ny malah emosi ya gan, gk kebayang ane denger suara2 kayak gitu bawaan nypengen nemuin orng ny trus ane Hajar emoticon-Marah
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 02:32
Muter2 gak ada ujung. Mgk ga bisa di bilg mana benar mana salah. Karna pendapat kata si itu kata si ini. Biar dari dokter smp ahli dan spritual smua berbeda. Dlm ilmu kedokteran tdk ada mahluk halus jin dll. Tapi. Bukannya smua ajaran agama tertulis kisah ada mahluk halus. Iblis. Jin. Setan makany kita hrs beribadah biar jauh dr gangguan itu. Kl indigo yah sy kurang paham krn hy mereka yg tahu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 02:47
Diteliti aja gan sama komunitas supranatural.
Siapa tau ketularan sakti,tp bukan yg ngaku2 bisa...
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 05:13
jejak
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 07:01
Dukungan orang-orang sekitar akan sangat membantu penderita..
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 08:12
mantep nih thread, bookmark dulu
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 09:01
Oh iya bener juga gan, ane kurang percaya ama mistis" begitu, jadi ada teorinya ya gan, bisa jadi yg sering ngeliat yg aneh'' mungkin ada skizofernia atau cuman pura'' ngeliat emoticon-Hammer (S)
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 13:09
@feeldaiyo
si fuzzy pernah lihat hantu gan
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 13:48
Kasian juga yah gan yang menderita kelainan ini 🥺
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
04-01-2021 17:07
Dugaan saya orang2 jaman dulu yg ngeklaim sebagai utusan tuhan atau pernah kontak dengan tuhan aslinya ya menderita spt yg dijelaskan ts, klo era skrg bahasa gaulnya indihom. Seiiring majunya jaman harusnya kita bisa ninggalin itu semua
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
07-01-2021 18:57
Coba yg kena skizo diruqyah gan, siapa tahu kena gangguan jin kym indigo
0 0
0
[DIVE INSIDE] Antara Supranatural dan Skizofrenia, Bagaimana Menyikapinya?
10-01-2021 17:31
Perlu sih ke ahli medis, dsna jg dsrankan lbih bnyk ibadah selain pengobatan medis
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia