• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Aplikasi Smartphone Yang Paling Jarang digunakan, No 3 Semakin ditinggalkan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Aplikasi Smartphone Yang Paling Jarang digunakan, No 3 Semakin ditinggalkan
Selamat datang kembali di thread ane gan. Kembali ane akan membahas tentang dunia teknologi. Lebih tepatnya membahas tentang smartphone.

Smartphone sejak tahun 2010 terutama sejak kemunculan Android dan iOS, mempunyai fitur yang semakin canggih saja dan bahkan mampu mempengaruhi peradaban dan kebiasaan manusia. Masyarakat seolah bergantung pada smartphone dan bahkan sebagian orang menggunakan smartphone untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Dengan fitur yang serba canggih tersebut, terdapat beberapa aplikasi smartphone yang termasuk paling sering digunakan. Di antaranya ada browser untuk menjelajah informasi, Youtube untuk menonton konten video, aplikasi pemutar musik, pesan instan, dan tentu saja game.

Akan tetapi ada juga beberapa aplikasi smartphone yang cenderung jarang digunakan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. SMS

Ya, Short Message Service atau SMS di smartphone termasuk jarang digunakan karena sudah tergantikan oleh aplikasi pesan instan seperti Whatsapp dan Telegram yang lebih murah, cepat dan fiturnya yang lengkap. SMS sendiri sebenarnya masih digunakan oleh pengguna smartphone namun lebih untuk penggunaan pengiriman One Time Password (OTP) dan untuk verifikasi akun tertentu. Coba, ingat-ingat, kapan agan terakhir kali mengirim SMS kepada teman, pasangan, kerabat, atau ke keluarga? Ane sih sudah lupa. emoticon-Big Grin

2. Panggilan Telepon Konvensional

Yang dimaksud di sini adalah telepon konvensional tanpa jaringan internet alias telepon dengan sambungan tradisional. Panggilan konvensional sudah mulai ditinggalkan karena lagi-lagi sudah ada panggilan menggunakan kuota data lewat aplikasi pesan instan yang bahkan jauh lebih murah dan canggih dengan video call. Panggilan konvensional lebih mahal karena harus menggunakan pulsa apalagi beda operator.

3. FM Radio

Di era sekarang ini, mendengarkan musik di smartphone lebih sering menggunakan aplikasi streming semacam Spotify dan Apple Music. Kalau pun mendengarkan radio, orang-orang lebih nyaman menggunakan radio digital yang menggunakan jaringan internet. Maka dari itu FM Radio di smartphone semakin tidak dilirik. Apakah agan pernah menggunakan aplikasi FM Radio di smartphone agan?

4. Compass

Fitur smartphone yang sebenarnya cukup modern dan disematkan ke device yang sudah memiliki sensor gyroscope. Tapi penunjuk arah mata angin ini tetap jarang digunakan. Aplikasi ini akan berguna untuk menunjukan arah kiblat bagi orang beragama muslim, itupun kalau penggunanya sedang berpergian dan tak tahu arah kiblat. Setelah tahu ya akan jarang digunakan lagi.

5. SIM TooKit

Aplikasi paling tidak berguna bahkan beberapa pengguna smartphone tidak menyadari adanya aplikasi ini perangkat mereka. Aplikasi ini sebenarnya ada secara otomatis tergantung provider atau operator yang kita pakai. Kegunaannya adalah untuk mengakses informasi tentang kartu SIM. Tidak berguna karena sekarang mengakses informasi nomor seperti pulsa, kuota, bisa langsung mengunduh aplikasi resminya.

Ada yang mau nambahin gan? emoticon-Ngakak

Quote:


raliakbarrr
liramarlinda
viqririatra
viqririatra dan 41 lainnya memberi reputasi
36
10.6K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.