• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hati - Hati Terkena Self Serving Bias, Penyakit Manusia Masa Kini Selain CORONA!

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Hati - Hati Terkena Self Serving Bias, Penyakit Manusia Masa Kini Selain CORONA!
Merasa Terlalu Sering Menyalahkan Orang lain? Jangan - Jangan Kamu Terkena Self Serving Bias!



Self Serving Bias adalah kondisi dimana seseorang sering menyalahkan orang lain atas kegagalan yang terjadi padanya dan terlalu membanggakan dirinya sendiri ketika memperoleh suatu pencapaian atau kesuksesan. "Gara - gara dia gue jadi ....", "Gue berhasil karena usaha gue sendiri lah, bukan karena siapa - siapa"

Sebel nggak sih ada di dekat orang semacam ini? Atau mungkin gansist punya kecenderungan sifat ini dalam diri sendiri? Well, siapapun yang suka begini ... seharusnya akan sadar dan tersentil setelah baca thread ane sampai habis.

Penyebab self serving bias adalah ego dalam diri manusia yang berpadu dengan narsisme. Ego untuk merasa benar dan narsisme yang mengarah pada rasa bangga dan kagum terhadap diri sendiri namun dalam kadar yang berlebihan.

Menyalahkan orang lain memang enak banget! Semua hal buruk yang terjadi dalam hidup adalah kesalahan orang lain dan diri sendiri tidak pernah salah, kita hanyalah korban dan berujung play victim. Kebiasaan ini sangat berbahaya untuk kesehatan mental penderita. Dia jadi nggak tau letak kekurangannya dimana, karena di matanya dia adalah orang yang tidak pernah salah. Dia jadi mudah mengutuk orang lain sebagai penyebab ketidakberesan dalam hidupnya. Akibatnya gampang sekali hatinya terluka dan membenci orang lain, padahal jika ditilik lebih jauh ternyata kesalahan itu juga ada padanya namun dia menutup mata serta tidak mau tau tentang kenyataan itu.

Orang dengan self serving bias tampak tidak dewasa dalam memandang suatu persoalan. Mungkin hari gini di luaran sana udah banyak banget yang secara tak sadar punya sikap ini, buktinya semua orang pada merasa dirinya yang paling benar. Jika sudah begitu, kita mungkin yang akan jadi kambing hitam atas kegagalan yang dialami si penderita self serving bias. Contohnya, emak - emak yang ketilang polisi, dengan egonya dia marah - marahin polisinya balik. Padahal nggak pake helm, yang salah dia, yang dijadiin korban polisinya.

Sebetulnya self serving bias bukan penyakit, namun ane sebut dengan "penderita" untuk memudahkan penyebutan saja. Menghilangkan kebiasaan buruk tersebut pada diri seseorang tidaklah mudah, sebab secara naluri, manusia adalah makhluk yang menolak untuk salah dan disalahkan. Hanya kesadaran dirinya sendiri yang bisa membuat dia memahami bahwa tidak semua hal negatif yang terjadi padanya disebabkan oleh orang lain, melainkan ada andil dari dirinya sendiri.

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi :
1. Self Serving Bias
2.Esterliana
3. Picture

Quote:
Diubah oleh adnanami 03-01-2021 08:23
elnoritada
nugrahanoy
richardgere189
richardgere189 dan 52 lainnya memberi reputasi
51
15.2K
344
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.