News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fedc38182d49527e83daf57/penjelasan-lengkap-mahfud-md-bolehkan-front-persatuan-islam-usai-fpi-dilarang
Jakarta - Munarman bersama sejumlah orang mendeklarasikan Front Persatuan Islam setelah Front Pembela Islam (FPI) resmi dilarang pemerintah. Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan dalam konstitusi, warga negara tidak dilarang untuk membuat sebuah organisasi baru. "Menurut konstitusi dan peraturan perundang-undangan tidak ada larangan bagi warga negara untuk membentuk organisasi atau perkum
Lapor Hansip
31-12-2020 19:26

Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang

Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang

Jakarta - Munarman bersama sejumlah orang mendeklarasikan Front Persatuan Islam setelah Front Pembela Islam (FPI) resmi dilarang pemerintah. Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan dalam konstitusi, warga negara tidak dilarang untuk membuat sebuah organisasi baru.

"Menurut konstitusi dan peraturan perundang-undangan tidak ada larangan bagi warga negara untuk membentuk organisasi atau perkumpulan," kata Mahfud kepada detikcom, Kamis (31/12/2020).

Mahfud menuturkan setiap warga negara memiliki hak untuk membentuk organisasi. Organisasi apapun, kata Mahfud, diizinkan oleh konstitusi asal tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

"Pemerintah tidak boleh melarang. Itu hak konstitusional. Jadi boleh membentuk organisasi apa pun selama tidak melanggar hukum," tuturnya.

Mahfud menyampaikan dalam membentuk suatu organisasi, tidak harus ada izin. Namun Mahfud mengingatkan jika pemerintah bisa melarang organisasi untuk berkegiatan apabila diketahui melanggar ketentuan hukum serta mengganggu ketertiban umum.

"Menurut putusan Mahkamah Konstitusi No. 82/PUU-XI/2013 Pemerintah bisa melarang dilakukannya kegiatan organisasi yang melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum," ujarnya.

Lebih lanjut Mahfud mencontohkan beberapa organisasi yang dibentuk oleh masyarakat secara spontan. Organisasi itu sebut Mahfud seperti organisasi ronda di kampung hingga organisasi kumpulan motor gede (moge).

"Nyatanya banyak organisasi yang dibentuk spontan seperti organisasi ronda di kampung, organisasi gowes di kelurahan, organisasi moge di kota. Itu semua boleh, asal jangan melanggar hukum. Kalau melanggar hukum ya ditindak secara hukum dan pemerintah akan tegas untuk itu," imbuhnya.

Untuk diketahui, Front Persatuan Islam dideklarasikan oleh sejumlah eks pentolan FPI pada Rabu (30/12) kemarin. Keterangan Front Persatuan Islam tersebut disampaikan lewat rilis pers tertulis.

"Bahwa kepada seluruh pengurus, anggota dan simpatisan FRONT PEMBELA ISLAM di seluruh Indonesia dan mancanegara, untuk menghindari hal-hal yang tidak penting dan benturan dengan rezim dzalim maka dengan ini kami deklarasikan FRONT PERSATUAN ISLAM untuk melanjutkan perjuangan membela Agama, Bangsa, dan Negara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945," demikian pernyataan Front Persatuan Islam.

Deklarator dari Front Persatuan Islam ini termasuk Munarman, sebelumnya dikenal sebagai Sekretaris Umum FPI sekaligus pengacara Habib Rizieq. Selain Munarman, nama-nama lain yang menjadi deklarator adalah Habib Abu Fihir Alattas, Tb Abdurrahman Anwar, Ahmad Sabri Lubis, Abdul Qadir Aka, Awit Mashuri, Haris Ubaidillah, Habib Idrus Al Habsyi, Idrus Hasan, Habib Ali Alattas SH, Habib Ali Alattas S.Kom, Tuankota Basalamah, Habib Syafiq Alaydrus, Baharuzaman, Amir Ortega, Syahroji, Waluyo, Joko, dan M Luthfi.

https://news.detik.com/berita/d-5316...201.1608017031

Mau bentuk organisasi apapun boleh.. asal sesuai dan patuh aturan hukum.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 20:22
di ngarap jadi gelandangan di sini sok2an
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 20:52
disinilah lemahnya rejim jokowi : gak berani kasih fatality ke musuhnya

udah tau yang diladenin troller koplak ya mending langsung black list lah, jangan cuma organisasinya aja dibubarin tapi ex membernya dibiarin

udah pada tau yang diladenin troller bigot masih aja mikirin ham hem hom
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 20:53
Perlu diingat kalo FPI adalah ormas jalanan, FPI menjadi kuat kalo ada Bohir yg mendanainya untuk tujuan tertentu...


Kelompok yg pernah memakai jasa FPI adalah:

1. Jend Wiranto dlm kasus HAM Timtim

2. Kelompok mantan militer untuk memukul aktivis HAM

3. PDemokrat di pilkada DKI 2017

4. Prabowo & Gerindra di Pilpres 2014, Pilpres 2019 & Pilkada DKI 2017

5. Keluarga Cendana

6. Kelompok KAMMI Gatot Nurmantyo

7. Anies Baswedan


Partai yg masih memelihara hubungan dgn FPI adalah

1. Gerindra ( via Fadlizon)
2. PKS
Diubah oleh matadewa909
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 21:22
semoga habib rizieq selalu dalam perlindungan dan pertolongan Alloh Subhanallohu wa ta'ala. Aamiin.
profile-picture
profile-picture
davinof dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 21:27
Entah apa yang merasukimu.. Muehehhehd
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 21:31
Kalo membentuk group band boleh ya ?

{thread_title}

profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 21:44
gimana sih ini pak
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 22:32
ubah jadi organisasi gowes aja ud lahhh emoticon-Ngakak
Diubah oleh kucinkx
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 23:17
mahfud makin ke sini koq makin geblek ya, yang bahaya itu bukan organisasi tapi ideologinya hti dan FPI percuma di bubarin kalo dedengkot nya masih bebas berkeliaran dan nyebarin ideologinya mereka
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
31-12-2020 23:26
Bentuk lagi gpp. Mau apapun itu selama ndak berbenturan dgn hukum dan ideologi negara itu diperbolehkan.
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 00:17
satu2nya organisasi yang bisa bangkit setelah acak2an cuma 1: PDI-P. bisa aja geng petamburan bangkit lagi tapi dengan pengawasan ketat PPATK, berat penyandang dana buat kucurkan dana. belum lagi masalah tokoh yang menggantikan karismanya jauh di bawahnya. kalau soal ideologi, ini sih kental, cuma jangan sampai gara2 ideologi kejadiannya ke depan sama aja, dilarang lagi.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 01:12
Munarman cocoknya ngeronda gitu?
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 02:05
pemerintah tidak melarang rakyat atau masyarakat berserikat tapi tidak melanggar aturan hukum dan undang-undang yang berlaku serta tidak mengganggu ketertiban umum dan keamanan negara.

buktinya partai politik baru semakin banyak, tidak ada yang dibredel atau dibekukan atau paling parahnya diberangus layaknya Masyumi di zaman orde baru karena bertentangan kepentingan pemerintah yang sedang berkuasa.

Sedangkan FPI kan sangat kontras sebagai ormas sering melakukan tindakan melanggar aturan hukum dan undang-undang yang berlaku, terkesan ingin mendikte dan mengatur pemerintah, memaksakan kehendaknya dengan menghalalkan segala cara, berlindung di balik nama besar agama mayoritas pemeluknya untuk mencari pembenaran atas tindakan-tindakan mereka, jelas menyatakan mendukung gerakan terorisme ISIS.

Sejauh berjalan dan bermain di rel yang sudah ditentukan, serta tidak macam-macam layaknya ingin kudeta dan menyingkirkan pemerintahan yang sah karena tidak sesuai keinginan mereka, dan lainnya, maka pasti mereka tidak akan diperlakukan seperti sekarang ini kok.

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
valkyr1 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 02:53
lo yakin tuh cendana mau bayarin? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
valkyr1 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 03:17
OTB iki sebutannya pada masa si Mbah. emoticon-Big Grin




emoticon-I Love Indonesia




profile-picture
profile-picture
profile-picture
cPOP dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 04:26
“....................dengan ini kami deklarasikan FRONT PERSATUAN ISLAM untuk melanjutkan perjuangan membela Agama, Bangsa, dan Negara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945,"

Really? Are you sure with your words? sampai ada tindakan intolerant dan tidak sesuai, siap2 aja ditindak sama aparat yang berwenang. lagian ganti nama cuma singkatannya, dari Pembela Islam jadi Persatuan Islam. asli sumpah, ga ada kreatif2nya, apalagi orang2nya itu2 mulu especially si tukang siram air ke muka orang....
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 05:11
emoticon-Blue Guy Bata (L) untuk melawan cebong
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 06:20
Dicari.lowongan ketua neo fpi.. (Tumbal)... emoticon-Ngacir
Diubah oleh kloteran
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 10:36
Drama korea lagi.. Bukankah umat efpei itu juga atribut.
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Lengkap Mahfud Md Bolehkan Front Persatuan Islam Usai FPI Dilarang
01-01-2021 11:28
Namanya beda, filosofinya sama apa gak sama sama bahayanya ya pak?hehehehe
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia