News
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fed8b4628c99110fc1493a4/fpi-dibubarkan-amnesty-kebebasan-sipil-makin-tergerus
Amnesty International Indonesia mengkritik langkah pemerintah yang melarang kegiatan dan penggunaan atribut Front Pembela Islam (FPI). Keputusan FPI dibubarkan, menurut Amnesty, semakin menggerus kebebasan sipil. Keputusan ini berpotensi mendiskriminasi dan melanggar hak berserikat dan berekspresi, sehingga semakin menggerus kebebasan sipil di Indonesia," ujar Direktur Eksekutif Amnesty Inte
Lapor Hansip
31-12-2020 15:26

FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus

FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus

Amnesty International Indonesia mengkritik langkah pemerintah yang melarang kegiatan dan penggunaan atribut Front Pembela Islam (FPI). Keputusan FPI dibubarkan, menurut Amnesty, semakin menggerus kebebasan sipil.

Keputusan ini berpotensi mendiskriminasi dan melanggar hak berserikat dan berekspresi, sehingga semakin menggerus kebebasan sipil di Indonesia," ujar Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam keterangan tertulis Rabu, 30 Desember 2020.

Keputusan pemerintah soal pelarangan FPI tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) enam menteri, yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Usman berujar, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perpu) nomor 2 Tahun 2017 diterima DPR sebagai undang-undang baru, secara signifikan memangkas prosedur hukum acara pelarangan maupun pembubaran ormas.

Hal ini dilakukan dengan menghapus mekanisme teguran dan pemeriksaan pengadilan. "UU ini bermasalah dan harus diubah. Menurut hukum internasional, sebuah organisasi hanya boleh dilarang atau dibubarkan setelah ada keputusan dari pengadilan yang independen dan netral," kata Usman.

Ia menilai pemerintah sebaiknya tidak membuat keputusan sepihak, namun lebih mengutamakan pendekatan hukum dan peradilan. Pengurus ataupun anggota FPI yang diduga terlibat tindak pidana, termasuk ujaran kebencian dan hasutan melakukan kekerasan berdasarkan agama, ras, asal usul kebangsaan maupun minoritas gender lebih baik diusut secara hukum, bukan dibubarkan organisasinya.

Usman memahami bila ada unsur masyarakat yang menentang sikap intoleran yang berbasis kebencian agama, ras, atau asal usul kebangsaan yang kerap ditunjukkan oleh FPI. Namun bahwa hukum yang melindungi suatu organisasi dari tindakan sewenang-wenang negara, kata Usman, merupakan hukum yang sama melindungi hak asasi manusia.

“Yang perlu diperbaiki adalah mekanismenya. Amnesty menyarankan pemerintah untuk membuat mekanisme yang lebih adil sesuai standar-standar hukum internasional, termasuk pelarangan dan pembubaran sebuah organisasi melalui pengadilan yang tidak berpihak," kata Usman Hamid.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/14188...s/full?view=ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:06
Kebebasan sipil kl meresahkan masyarakat yg lainnya gmn.. apakah hrs tetap di biarkan.. hak itupun di batasi oleh hak yg lainnya, jd jng pernah bicara hak apabila kebebasan hak menjadi kebablasan
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan idiotane memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:08
Ini orang ada dimana ketika FPI merazia warung-warung saat bulan puasa ?
https://www.liputan6.com/news/read/1...tidak-berpuasa
Saat ada perayaan Natal ?
https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-ini-marahi-tokoh-fpi-sragen-saat-sweeping-atribut-natal.html
Termasuk kebebasan pulakah ?
Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:26
Quote:Usman memahami bila ada unsur masyarakat yang menentang sikap intoleran yang berbasis kebencian agama, ras, atau asal usul kebangsaan yang kerap ditunjukkan oleh FPI.


fpi itu pendukung organisasi teroris
apa si usman TOLOL tau kalau teroris itu termasuk kejahatan Extraordinary Crimes
Diubah oleh salonPlusPluss
profile-picture
turbotwin2020 memberi reputasi
1 0
1
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:31
Sebnarnya mau bilang, "pelanggaran hak manusia untuk membangun organisasi teroris" atau "pelanggaran terhadap hak manusia untuk menjadi teroris." atau "melarang teroris membunuh adalah pelanggaran hak asasi manusia untuk membunuh."

Nyesel emaknya lahirin manusia setolol ini.
0 0
0
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:34
Bebas tapi tau aturanlah, Dah dibilangin jangan buat keonaran, malah deklarasi mendukung ISIS. Organisasi lain yg gak mengancam keutuhan Pancasila gak ada tuh yg dibubarin.
0 0
0
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:35
ormas lain masih terdaftar resmi ga diributin sama pemerintah, maksud lu apa kebebasan sipil digerus? sipil di sini maksud lu siapa? perusuh sama teroris? bang sat! emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
anthony305 dan turbotwin2020 memberi reputasi
2 0
2
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:41
akhirnya dana akhir tahun cair emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

gini amat anjingnya bemo emoticon-Traveller
Diubah oleh galuhsuda
profile-picture
cPOP memberi reputasi
1 0
1
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:42
dimana suara amnesty international waktu kebebasan beribah diganggu oleh FPI?
dimana suara amnesty international waktu FPI melakukan swipping illegal?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:45
Engga tuh, buktinya kebebasan bikin ormas & partai politik masih nyantai aja.
Amnesti ini ga bisa bedain apa sih, ormas yg bener & yg miring
0 0
0
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:57
Bebas juga ada koridornya kaya tertib berlalulintas, bebas mau parkir mana sesuai tempat. Bukan bebas sebebas2nya maen trabas rambu lalin ma lawan arah

profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:57
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anthony305 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:58
Halah jembud, kebebasan beragama(selain Islam) udah lama tergerus gara2 modelan2 efpei dan sejenisnya ini yg kek asuuu
0 0
0
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 16:58
bagaimana dengan masyarakat non muslim yang ingin merayakan hari besar mereka.? sampai2 diobrak abrik sama FPI
mereka dulu yang merampas kebebasan orang lain, sekarang balasannya
kebebasan FPI yang dirampas
ada yang menyebutnya karma, tapi aku menyebutnya keadilan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:00
Kebebasan kalo udah kebablasan apa masih bener?
Direktur lembaga kok goblok emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
anthony305 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:01
lu tunggu sampe kilafuck tegak, lihat apa leher lu masih aman saat koar2 kebebasan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:04
ini mereka baru cari panggung..
0 0
0
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:20
tong lu kalo mao sebebas bebasnya lu bikin aja negara sendiri, bebas itu ada aturannya...klo mao bebas semaonya, bebas bunuh orang, bebas rampok org dgn alasan demokrasi logikanya konyol sekali...bebas latihan gorok2an, bebas maen pasukan pasukan sendiri, bebas menindas kepentingan rakyat yg lain...apa itu logika berdemokrasi versi ente..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:22
Lu ga ngomong gitu pas ad gangguan ormas.
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
1 0
1
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:23
Mereka ngecek gak sih AD-ART nya FPI. Apa yg terjadi jika sistem khilafah berdiri di Indonesia? Amnesti internasional bakalan di usir dari sini yg ada.
profile-picture
turbotwin2020 memberi reputasi
1 0
1
FPI Dibubarkan, Amnesty: Kebebasan Sipil Makin Tergerus
31-12-2020 17:48
Siap Pak Usman,

Terima kasih atas pernyataan Amnesti terkait SKB.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia