DailyBugleAvatar border
TS
DailyBugle
Tanggapan Ustaz Abdul Somad Jika FPI dan Ormas Islam Dibubarkan

Ustaz Abdul Somad (kedua dari kanan) makan nasi kebuli bersama Habib Muhammad Rizieq Shihab. Foto/dok Instagram @ustadzabdulsomadofficial


Seperti biasa setiap pengajian Ustaz Abdul Somad (UAS) selalu membacakan dan menjawab beberapa pertanyaan jamaah. Ketika kajian Shubuh di Masjid Darussalam Cibubur belum lama ini, ada jamaah bertanya mengenai Perpu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas dan makna perjuangan dalam Islam . Berikut tanggapan UAS .

UAS mengatakan, ormas-ormas Islam ini tidak bisa dihabisi dengan apapun. Andai HTI, FPI, NU, Muhammadiyah dibubarkan, naik PKI, bubar semua, tetap akan muncul lagi. Mengapa? Itu janji Allah, sebagaimana firman-Nya:
يٓأَيهَا ٱلذِينَ ءَامَنُوا۟ مَن يَرْتَد مِنكُمْ عَن دِينِهِۦ فَسَوْفَ يَأْتِى ٱللهُ بِقَوْمٍ يُحِبهُمْ وَيُحِبونَهُۥٓ أَذِلةٍ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ أَعِزةٍ عَلَى ٱلْكفِرِينَ يُجهِدُونَ فِى سَبِيلِ ٱللهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَآئِمٍ ۚ ذلِكَ فَضْلُ ٱللهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَآءُ ۚ وَٱللهُ وسِعٌ عَلِيمٌ

Saya pergi ke berbagai daerah ada kelompok-kelompok yang suka pengajian, mereka undang ustaz. Mereka bukan ustaz, mereka insinyur, mereka dokter, mereka orang-orang kaya. Casing mereka tidak seperti ustaz, pakai celana jeans jaket kulit. Tetapi jiwa mereka ustaz. Kelompok-kelompok ini terus ada," kata Dai asal Riau ini.

UAS mengemukakan, apabila seorang anak tidak punya bakat menjadi ustaz, tidak perlu dipaksakan jadi ustaz. Yang penting ke depan dia (anak itu) dapat mengundang para ustaz di masa mendatang untuk mengajarkan talaqqi hadis, mengajarkan tajwid, mengajarkan cara membaca Al-Qur'an dengan benar. Nah, itu yang penting ke depan.

Pertanyaan berikutnya, apa makna kemenangan, kekalahan dalam perjuangan Islam ? UAS mengatakan, "Kalahkah Habib Rizieq? Kalahkah Syaikh Yusuf Al-Makassari yang dicampakkan ke Cape Town Afrika Selatan? Kalahkah Umar Muchtar (ulama Libya) yang digantung Benito Mussolini (pimpinan tentara Italia 1930-an)? Kalahkah Sayyid Qutub (ulama besar Mesir) yang dieksekusi mati oleh Gamal Abdel Nasser? Mereka tidak kalah. Kalah adalah ketika engkau perturutkan hawa nafsu. Menang adalah ketika kita melawan hawa nafsu walaupun kalah di mata manusia, walaupun mati di tiang gantungan," terang UAS.

(Baca juga : Dahsyatnya Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Siapa Jagokan Siapa? )

Meskipun orang-orang berkata dia mati, dia mati. Tetapi bagi Allah Ta'ala tidak demikian. Dalam satu ayat, Allah berfirman: "Wa la taquulu limayyuqtalu fi sabilillahi amwat, bal ahya' uwwa lakilla tasy'urun (Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang mati di jalan Allah bahwa mereka itu mati. (sebenarnya) Mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya." (Al-Baqarah Ayat 154)

Menang yang sesungguhnya adalah ketika kita berhasil mengalahkan hawa nafsu . "Shubuh ini kita semua menang karena kita berhasil melawan hawa nafsu (tidur). Apakah Shubuh besok kita tetap menang? Mintalah istiqamah kepada Allah, insya Allah," kata Dai bertitel Doktor lulusan Omdurman Islamic University Sudan itu.

Berikut ceramah Ustaz Abdul Somad yang disiarkan Channel UAH & UAS Lovers melalui saluran Youtube, 21 November 2020.




https://kalam.sindonews.com/read/242...kan-1606108285



Diubah oleh DailyBugle 30-12-2020 14:03
nomorelies
delia.adel
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.