Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe7690bc0cad72d3e1c7052/simpel-cara-membuat-pot-tanaman-bunga-anggrek-dari-sabut-kelapa-kuy-merapat-gan
Berbekal ide dan sedikit kreatifitas, kita bisa membuat beraneka ragam benda dari barang bekas, yang bermanfaat serta memiliki nilai guna bagi kehidupan sehari-hari manusia
Lapor Hansip
26-12-2020 23:47

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kaskus DeYudi69 -Berbekal ide dan sedikit kreatifitas, kita bisa membuat beraneka ragam benda dari barang bekas, yang bermanfaat serta memiliki nilai guna bagi kehidupan sehari-hari manusia.

Sampah anorganik seperti botol plastik, kaleng minuman ringan, dan besi tua misalnya, dapat diolah kembali menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga, sedangkan sampah organik seperti sampah dedaunan bisa diolah menjadi pupuk hijau maupun pupuk kompos, nah pada thread ini, ane akan membahas cara membuat pot bunga anggrek dengan memanfaatkan sampah organik, yaitu pot yang terbuat dari sabut buah kelapa yang sudah tua.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

Caranya membuatnya mudah kok Gan-Sist, alat dan bahannya pun nggak susah-susah amat buat dicari.

Pertama, alat dan bahan yang perlu kita persiapkan yaitu, sabut buah kelapa yang sudah tua, benang nylon (bisa dibeli di toko alat-alat bangunan), jarum karung (ane belinya di toko kelontong), pemotong kuku atau gunting, cocopeat (serbuk sabut kelapa), spidol, dan arang kayu.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
sabut kelapa

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Cocopeat & Arang kayu

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Spidol permanent

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Benang Nylon

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Pemotong kuku

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Jarum karung

Cara membuatnya :

1. Beri tanda pada sabut kelapa dengan menggunakan spidol, pemberian tanda ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengikat potongan sabut kelapa menjadi satu.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

2. Gunakan jarum karung dan benang nylon untuk mengikat sabut kelapa menjadi satu bagian yang utuh, pada tanda yang sudah kita buat menggunakan spidol, kemudian potong benang nylon yang tidak terpakai menggunakan pemotong kuku, disini ane menggunakan pemotong kuku karena pas udah muter-muter di sekeliling dan setiap sudut rumah nyari gunting kaga nemu juga Gan-Sist, malah nemunya pemotong kuku, yaudah ane pake itu aja wkwkwk.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

3. Jangan lupa beri tali penggantung pada pot anggrek sabut kelapa yang sudah kita buat.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

4. Pada bagian dasar pot isi dengan cocopeat, supaya akar dari tanaman bunga anggrek kita cepat tumbuh.

5. Letakkan bibit bunga anggrrek pada pot dengan posisi bagian akar menindih cocopeat, oh iya, ane menggunakan bibit bunga yang sudah tumbuh ya Gan-Sist, tapi ukurannya masih kecil, jadi bukan bibit anggrek yang dari bijinya.

6. Setelah itu untuk memperkokoh posisi bibit bunga anggrek pada pot dari sabut kelapa yang sudah kita buat, terakhir kita beri arang kayu bakar untuk menindih bagian akar tanaman bunga anggrek kita. Campuran ketiga bahan ini, yaitu sabut kelapa, cocopeat, dan juga arang kayu bakar, merupakan media tanam yang sangat cocok untuk tanaman bunga anggrek.

Selain dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pot anggrek yang sudah jadi, kita juga jadi dapat memanfaatkan sampah organik yang awalnya tidak terpakai menjadi lebih bernilai. Mungkin ide ini juga bisa kita manfaatkan untuk menanam tanaman lainnya yang masih sebangsa dengan tanaman anggrek, atau pun menanam tanaman bunga hias lainnya.

Nah, hasil akhinya jadi seperti pada gambar di bawah ini Gan-Sist.

Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

Untuk lebih jelasnya, Gan-Sist bisa melihat langkah-langkah pembuatannya pada video tutorial di bawah ini.

video cara membuat pot anggrek dari sabut kelapa


Terima kasih sudah mampir dan membaca thread ane kali ini ya Gan-Sist, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69

Sumber gambar : dokumen pribadi
Sumber referensi : opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 19:48
Yang ni ni...hrus lngsung dcba.nanem anggrek ni sabut kelapa.lngsung sya praktekkan gan.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 19:57
Di coba boleeh?
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:07
kreatif nih emoticon-Jempol
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:08
Wah kebetulan ada 2 buah kelapa. Coba ah
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:20
Ide kreatif yang muncul lagi di saat pandemi, menarik juga dan bisa dilakukan ketika di rumah saja.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:24
Wahh kreatif sekaoi nih boleh ditiru
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:32
Klu ane, g ane rakit gan sabut kelapany. Tp ane langsung jajar aja trus ane tata pohon anggrekny tuh pakai arang, klu dh ok bru deh ane tali pakai rafia, hehehe. Tp ideny ini boleh jg gan bsa dipraktikan. πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:36
Pernah belajar dulu waktu masih di desa seru jugaa sihh
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 20:45
wah ide yang ramah lingkungan nih... soalnya lagi coba2 nanem anggrek... itu sabut kelapanya nggak direndam dulu ntar tanninnya kan bisa merusak tanaman??
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 21:00
baru aja mau mecah anggrek, mau coba pakai sabut kelapa ah. lucu juga kayaknya emoticon-Big Grin
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 21:50
Bagus yakkk... hemat deh gaperlu pake2 plastik pot ya
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 22:10
Tutorialnya keren, hasil potnya juga terlihat alami kalau pas ditarok di halaman
emoticon-2 Jempol
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 22:43
Kalo diikuti cara2 nya diatas dengan seksama..ga terlalu sulit, boleh juga nih dicoba,pot sabuk kelapanya.thanks GanSis info thread nya..bermanfaat sekali.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 23:14
hmm interesting, cuman nyari batok kelapanya dimana yak wk.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
29-12-2020 23:54
anggrek bulan..
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
30-12-2020 02:16
Anggrek


Anggrek, Tanaman yg awet harganya..
Ga ikut trend..
Dari dl tinggi harganya
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
30-12-2020 06:05
Nice inpoh..kreatip Gan emoticon-Jempol
0 0
0
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
30-12-2020 11:35
Ane dulu pernah nanem anggrek di sabut kelapa,
0 0
0
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
30-12-2020 13:36
Kreatif banget nih, bisa jadi alternatit pot pot biasanya
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Kaskus Hot Wheels Lovers (KHWL)
coc-tips--trick-modifikasi-hot-wheels
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia