• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Simpel! Cara Membuat Pot Tanaman Bunga Anggrek dari Sabut Kelapa, Kuy Merapat Gan!
Kaskus DeYudi69 -Berbekal ide dan sedikit kreatifitas, kita bisa membuat beraneka ragam benda dari barang bekas, yang bermanfaat serta memiliki nilai guna bagi kehidupan sehari-hari manusia.

Sampah anorganik seperti botol plastik, kaleng minuman ringan, dan besi tua misalnya, dapat diolah kembali menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga, sedangkan sampah organik seperti sampah dedaunan bisa diolah menjadi pupuk hijau maupun pupuk kompos, nah pada thread ini, ane akan membahas cara membuat pot bunga anggrek dengan memanfaatkan sampah organik, yaitu pot yang terbuat dari sabut buah kelapa yang sudah tua.



Caranya membuatnya mudah kok Gan-Sist, alat dan bahannya pun nggak susah-susah amat buat dicari.

Pertama, alat dan bahan yang perlu kita persiapkan yaitu, sabut buah kelapa yang sudah tua, benang nylon (bisa dibeli di toko alat-alat bangunan), jarum karung (ane belinya di toko kelontong), pemotong kuku atau gunting, cocopeat (serbuk sabut kelapa), spidol, dan arang kayu.


sabut kelapa


Cocopeat & Arang kayu


Spidol permanent


Benang Nylon


Pemotong kuku


Jarum karung

Cara membuatnya :

1. Beri tanda pada sabut kelapa dengan menggunakan spidol, pemberian tanda ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengikat potongan sabut kelapa menjadi satu.



2. Gunakan jarum karung dan benang nylon untuk mengikat sabut kelapa menjadi satu bagian yang utuh, pada tanda yang sudah kita buat menggunakan spidol, kemudian potong benang nylon yang tidak terpakai menggunakan pemotong kuku, disini ane menggunakan pemotong kuku karena pas udah muter-muter di sekeliling dan setiap sudut rumah nyari gunting kaga nemu juga Gan-Sist, malah nemunya pemotong kuku, yaudah ane pake itu aja wkwkwk.



3. Jangan lupa beri tali penggantung pada pot anggrek sabut kelapa yang sudah kita buat.



4. Pada bagian dasar pot isi dengan cocopeat, supaya akar dari tanaman bunga anggrek kita cepat tumbuh.

5. Letakkan bibit bunga anggrrek pada pot dengan posisi bagian akar menindih cocopeat, oh iya, ane menggunakan bibit bunga yang sudah tumbuh ya Gan-Sist, tapi ukurannya masih kecil, jadi bukan bibit anggrek yang dari bijinya.

6. Setelah itu untuk memperkokoh posisi bibit bunga anggrek pada pot dari sabut kelapa yang sudah kita buat, terakhir kita beri arang kayu bakar untuk menindih bagian akar tanaman bunga anggrek kita. Campuran ketiga bahan ini, yaitu sabut kelapa, cocopeat, dan juga arang kayu bakar, merupakan media tanam yang sangat cocok untuk tanaman bunga anggrek.

Selain dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pot anggrek yang sudah jadi, kita juga jadi dapat memanfaatkan sampah organik yang awalnya tidak terpakai menjadi lebih bernilai. Mungkin ide ini juga bisa kita manfaatkan untuk menanam tanaman lainnya yang masih sebangsa dengan tanaman anggrek, atau pun menanam tanaman bunga hias lainnya.

Nah, hasil akhinya jadi seperti pada gambar di bawah ini Gan-Sist.



Untuk lebih jelasnya, Gan-Sist bisa melihat langkah-langkah pembuatannya pada video tutorial di bawah ini.

Spoiler for video cara membuat pot anggrek dari sabut kelapa:


Terima kasih sudah mampir dan membaca thread ane kali ini ya Gan-Sist, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69

Sumber gambar : dokumen pribadi
Sumber referensi : opini pribadi
galigulagalu
medan87
ogahruwet
ogahruwet dan 38 lainnya memberi reputasi
39
5.2K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.