seputarcodingAvatar border
TS
seputarcoding
Inilah Penyebab Casing PC Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu merasakan kesetrum karena tersentuh pada bagian CPU? Kasus semacam ini cukup sering terjadi pada komputer menggunakan CPU sebagai pusatnya. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan pengguna, apalagi jika di rumah ada anak kecil, semakin berbahaya jika dia main di sekitar komputer yang sedang menyala.

Tentunya kamu sangat penasaran mengapa kita bisa kesetrum hanya karena tersentuh pada bagian kesing? Untuk mengetahui jawabanya berikut beberapa penyebabbnya.

   

Kebocoran pada Power Supply


Seperti yang kita tahu bahwa unuk menjalankan berbagai macam komponen-komponen komputer, maka harus dihubungkan dengan power supply. Fungsi power supply adalah untuk  memberikan sumber daya listrik pada bagian komponen komputer. Dengan adanya power supply, arus listrik AC diubah menjadi arus DC.

Nah, Karena motherboard langsung terhubung dengan power supply yang dayanya terlalu besar, maka hal tersebut menyebabkan kebocoran yang akibatnya daya listrik juga ikut mengalir ke bagian kesing CPU.

Sistem Grounding yang buruk


Pada dasarnya saat sebuah alat elektronik dipasang, maak setiap kabel memiliki sistem grounding tersendiri. Sistem grounding ini adalah sistem untuk mengalirkan arus listrik yang berlebihann sehingga tidak ada efek kesetrum pada penggunanya. Akan tetapi, sistem grounding pada komputer di Indonesia kerap menyepelekan hal ini.

Sistem grounding pada komputer di Indonesia sebagian besar masih tidak terlalu memperhatikan keselamatan. Akibatnya kita bisa lihat kabel-kabel komputer selalu dibiarkan berseliweran di lantai. Padahal hal tersebut sangat berbahaya karena kabel sangat mungkin terinjak dan atau aliran listiknya bisa menjalar ke lantai.
Maka dari itu, agar mencegah tidak terjadi kesetrum saat tersentuh berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan.


Gunakan karpet pada ruangan komputer


Saat pertama kali menyimpan komputer dalam ruangan, pastikan di dalam ruangan tersebut menggunakan karpet. Selain mencegah lantai tidak basah, metode ini juga dapat menjadi peredam bagian CPU. Jadi, saat komputer dinyalakan, arus listrik yang berada di badan CPU akan dialirkan pada karpet. Dengan begitu, CPU tidak akan terasa ada daya listrik.

Menggunakan alas kaki
Apabila ruangan komputer tidak menggunakan karpet, maka cara selanjutnya adalah menggunakan alas kaki saat menggunakan komputer. Dengan menggunakan alas kaki seperti sandal, kamu akan aman dari kesetrum karena sistem grounding kabel yang buruk.

Mengalirkan listrik ke tembok
Ada cara yang bisa menjadi pilihan untuk Anda coba, yakni mengalirkan listrik pada tembok. Untuk bahan-bahannya sendiri, persiapkan sebuah paku yang panjangnya kurang lebih 10 hingga 12 Cm. Setelah itu, persiapkan juga kabel listriknya sepanjang 1 meter.

Untuk cara melakukannya, pertama kupas terlebih dahulu ujung kabelnya. Setelah itu, ikatlah ujung kabel pada bagian belakang paku. Perlu diperhatikan bahwa kabel diikatkan pada bagian belakang paku dan bukan di bagian mata paku. Setelah itu, usahakan bagian casing CPU ada di atas lantai atau bisa juga di atas meja sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Setelah itu, ikatan kabel serta paku tadi ikatkan pada bagian baut power suply atau bagian listrik komputer. Terakhir, pasang paku ke bagian tembok atau lantai.


Ganti Power Supply
Salah satu cara yang yang ampuh berikutnya adalah mengganti power supply. Power supply yang bocor tentunya sangat membahayakan komputer dan penggunanya sendiri. Sebab, power supply yang bocor termasuk ke dalam tanda power supply komputer rusak.

Jika power supply tidak diganti, maka beberapa komponen CPU dapat rusak. Maka dari itu, sebaiknya kamu beli power supply baru. Sebelum kamu membeli power supply yang baru, pastikan kamu mengetahui apa jenis-jenis power supply pada komputer. Selain itu, kamu juga bisa mencoba tips memilih power supply yang bagus untuk PC Gaming. Sebab, PC gaming menggunakan berbagai komponen tinggi yang tentunya kualitasnya pun tidak diragukan lagi.

Apabila ruangan komputer tidak menggunakan karpet, maka cara selanjutnya adalah menggunakan alas kaki saat menggunakan komputer. Dengan menggunakan alas kaki seperti sandal, kamu akan aman dari kesetrum karena sistem grounding kabel yang buruk.

Menempelkan CPU ke dinding.

Jika kamu merasa takut atau kurang berani dengan poin keempa dan ketiga, maka kamu bisa mencoba cara yang kelima. Cara ini sangat mudah karena hanya menempelkan CPU pada bagian dinding saja. hal ini sebetulnya hampir mirip dengan poin ketiga. Hanya saja, cara ini tidak menggunakan perantara. Dengan cara ini, arus istrik yang mengalir pada CPU dapat diteruskan pada tembok sehingga kita tidak akan merasakan kesetrum saat menyentuhnya.

Itulah penyebab casing PC nyetrum dan cara mengatasinya. Perlu kamu sadari bahwa saat kamu merasakan kesetrum saat menyentuh PC, maka hal tersebut sudah ada yang tidak beres pada bagian PC. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan tindakan secepatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan PC, kamu bisa mencoba beralih ke bagian laptop. saat ini emampuan laptop bahkan bisa menyamai kemampuan sebuah PC. Ditambah lagi, Laptop sangat praktis digunakan. semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang menarik untuk Anda.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.8K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.