.haiyaaAvatar border
TS
.haiyaa
Xi Jinping Kena Batunya, Rakyatnya Gelap-gelapan, Imbas China Larang Impor Batubara
Xi Jinping Kena Batunya, Rakyatnya Gelap-gelapan, Imbas China Larang Impor Batubara dari Australia





Xi Jinping Kena Batunya, Rakyatnya Gelap-gelapan, Imbas China Larang Impor Batubara dari Australia



TRIBUN-MEDAN.com - China gelap-gelapan. Warga Xi Jinping yang selama 10 tahun China tak pernah padam listrik, kini harus merasakan gelap gulita.

Ternyata penyebab warga China gelap-gelapan ini akibat keputusan Xi Jinping, sang pemimpin negara komunis itu sendiri.

Diketahui belakangan ini, hubungan China dan Australia memanas. Xi Jinping kena batunya.

Dikutip Tribunmedan.com dari Intisari Online, keputusan Xi Jinping membuat sebuah larangan impor batu bara dari Australia.




Penduduk di provinsi Guangdong, China selatan, melaporkan pemadaman listrik sekitar tengah malam, di tengah pemadaman listrik nasional setelah larangan impor batu bara dari Australia.

Pemadaman listrik membuat jalan-jalan di kota industri Dongguan, Shenzhen, Foshan, dan Zhuhai, serta distrik Baiyun di ibu kota provinsi Guangzhou, ke dalam kegelapan, menurut foto dan video yang diunggah ke media sosial.

Pemadaman listrik terjadi sekitar tengah malam pada tanggal 21 Desember, festival titik balik matahari musim dingin tradisional dalam kalender lunar China, malam terpanjang dalam setahun.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Biro Catu Daya Guangdong menyalahkan kegagalan peralatan yang mempengaruhi pelanggan di daerah Sanyuanli dan Luochongwei di Guangzhou.

Listrik penuh dipulihkan ke jaringan setelah satu jam, setelah perbaikan darurat, katanya.

Pasokan air dan koneksi internet juga terpengaruh, dalam sebuah insiden yang kemudian dijelaskan oleh China Southern Power Grid yang dikelola pemerintah sebagai "kegagalan jaringan," surat kabar Apple Daily Hong Kong.

Seorang penduduk distrik Baiyun Guangzhou yang bermarga Zeng mengatakan telah terjadi banyak pemadaman listrik dalam beberapa pekan terakhir.

“Setelah tidak ada pemadaman selama 10 tahun, tiba-tiba ini terjadi lagi,” kata Zeng.

"Alasan dalam kasus ini adalah karena pasokan batu bara terlalu langka, dan tidak cukup (untuk memenuhi permintaan)."

"Saya mendengar bahwa mereka tidak dapat menghasilkan listrik yang cukup."

Warga mengatakan tidak ada pemberitahuan pemadaman sebelumnya, yang memicu banyaknya keluhan yang diposting ke platform media sosial oleh penduduk yang ketakutan.

Posting dengan kata kunci "pemadaman listrik Guangzhou" menarik jutaan penayangan selama survei singkat platform mikroblog Sina Weibo oleh RFA.



Peta wilayah negara China.

Listrik, air terputus

Pemadaman listrik juga tampaknya memengaruhi layanan lain, dengan penduduk distrik Liwan dan Baiyun di Guangzhou mengeluh bahwa sinyal telepon seluler lokal terputus selama 10 hingga 20 menit, dan tidak ada pasokan air atau listrik.

Beberapa pos melaporkan memanggil hotline pasokan air, dan diberi tahu bahwa pasokan air dipengaruhi oleh pemadaman listrik.

Pos juga melaporkan bahwa rumah sakit, panti jompo, dan asrama sekolah di beberapa daerah terpengaruh, serta layanan broadband dan internet seluler.

Aktivis hak asasi Wang Aizhong, yang tinggal di distrik Tianhe Guangzhou, mengatakan ada juga pemadaman di daerah itu beberapa hari sebelumnya.

"Dua hari lalu, ada pengumuman di Sina Weibo bahwa ada pemadaman listrik di beberapa daerah di luar Guangdong," kata Wang.

"Tidak jelas apakah ini pemadaman listrik normal untuk pemeliharaan atau ... karena daya tidak mencukupi."

Seorang pelayan di sebuah restoran di Zhongshan yang hanya memberikan nama belakang Zhu mengatakan kepada RFA bahwa dia juga telah melihat postingan tentang pemadaman di Shenzhen.

Wang Liang, seorang pensiunan profesor di Universitas Jiangxi, mengatakan tidak ada liputan tentang pemadaman di tempat lain di Tiongkok, karena mesin propaganda Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berkuasa mulai bekerja, alibatnya posting media sosial tentang topik tersebut segera dihapus oleh sensor.

"Setiap postingan tentang kekurangan batu bara atau pemadaman listrik sedang dihapus," kata Wang kepada RFA.

"Intinya adalah bahwa itu dapat dikontrol, dan bahwa jaringan tersebut mampu memenuhi kebutuhan pasokan dasar."

"Mereka memblokir retweet dari setiap postingan Weixin tentang pemadaman listrik," katanya.

Guangdong membeli sekitar seperempat listriknya dari provinsi barat daya Yunnan dan proyek pembangkit listrik tenaga air Bendungan Tiga Ngarai yang besar, kata Apple Daily.
Itu mendapat setengah dari sisanya dari batu bara, seperlima dari gas alam, sepersepuluh dari nuklir, dan sisanya dari proyek hidro lainnya, surat kabar itu melaporkan pada hari Senin.

Penjatahan di daerah lain

Pemadaman di Guangdong terjadi setelah penjatahan listrik di provinsi Hunan tengah dan provinsi timur Jiangxi, serta wilayah utara Mongolia Dalam, yang berbatasan dengan negara merdeka Mongolia.

Kenaikan musiman dalam konsumsi daya karena cuaca musim dingin dan oleh pabrik-pabrik adalah di antara alasan pembatasan tersebut, kata Apple Daily.

Surat kabar Asia Times melaporkan pada 18 Desember bahwa gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan telah berulang kali menjadi gelap di Shanghai, dengan perusahaan meminta karyawan mereka untuk bekerja dari rumah.

"Lampu-lampu musim perayaan sebagian besar dimatikan karena suasana liburan kota yang biasa sebagian besar diredam," kata surat kabar itu.

"Tapi kali ini, penutupan pemadaman listrik yang menyebar ke seluruh negeri disebabkan oleh kurangnya listrik, bukan pandemi."

Dikatakan bisnis kecil dan menengah di provinsi Zhejiang timur bekerja dari jarak jauh setelah pemerintah daerah di sana memutus aliran listrik untuk memprioritaskan pengguna perumahan.

China baru-baru ini meresmikan pembatasan impor yang menargetkan ekspor batu bara Australia senilai US $ 14 miliar, media pemerintah China melaporkan pekan lalu.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Negara bertemu dengan 10 perusahaan listrik besar pada akhir pekan dan memberikan persetujuan bagi mereka untuk mengimpor batu bara tanpa pembatasan izin, kecuali Australia, lapor surat kabar Global Times yang terkait dengan PKC.





haiyaaa ciilaaka luuwa weelas waaa


Asik negh maen gelap2an bisee tingkat kan Produksi calon Cabo dan TKA duniyee waaa!!??? emoticon-Ngakak (S)


romanxe
tepsuzot
reita96
reita96 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.