News
Batal
KATEGORI
link has been copied
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe465104601cf342300780f/menteri-agama-ingin-afirmasi-hak-beragama-warga-syiah-dan-ahmadiyah
Menteri Agama Yaqut C. Qoumas mengatakan pemerintah akan mengafirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia. Yaqut tidak mau ada kelompok beragama minoritas yang terusir dari kampung halaman mereka karena perbedaan keyakinan. "Mereka warga negara yang harus dilindungi," kata Yaqut saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis. Gus Yaqut, sapaan Yaqut C. Qoumas, juga menyatakan
Lapor Hansip
24-12-2020 16:53

Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah

Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah

Menteri Agama Yaqut C. Qoumas mengatakan pemerintah akan mengafirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia.

Yaqut tidak mau ada kelompok beragama minoritas yang terusir dari kampung halaman mereka karena perbedaan keyakinan.

"Mereka warga negara yang harus dilindungi," kata Yaqut saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Gus Yaqut, sapaan Yaqut C. Qoumas, juga menyatakan bahwa Kementerian Agama akan memfasilitasi dialog lebih intensif untuk menjembatani perbedaan yang ada.

"Perlu dialog lebih intensif untuk menjembatani perbedaan. Kementerian Agama akan memfasilitasi," katanya.

Pernyataan itu merespons permintaan Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra agar pemerintah mengafirmasi urusan minoritas. Hal ini disampaikan secara daring pada forum Professor Talk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Selasa (15/12).

"Terutama bagi mereka yang memang sudah tersisih dan kemudian terjadi persekusi, itu perlu afirmasi," kata Azyumardi.

Menurut Azyumardi, afirmasi itu kurang tampak diberikan pemerintah kepada kelompok minoritas. Misalnya, saat pemeluk agama minoritas ingin mendirikan tempat ibadah.

Azyumardi mengatakan bahwa para pengungsi Syiah di Sidoarjo dan kelompok Ahmadiyah di Mataram harus mengalami persekusi oleh kelompok Islam 'berjubah'.

Namun, persoalan intoleran itu, menurut Azyumardi, bukan muncul di kalangan umat Islam saja, melainkan juga dialami oleh pemeluk agama lain di Indonesia.

"Di wilayah yang mayoritas Kristen, itu Katolik susah bikin gereja.Yang mayoritas Katolik, orang Kristen juga susah untuk membangun," kata Azyumardi.

Ia berpendapat bahwa akan sulit bagi kelompok yang memiliki relasi kekuatan (power relation) minim di suatu lokasi bisa mendapat restu mendirikan tempat ibadah tersebut dari kelompok yang memiliki relasi kekuatan yang lebih kuat.

"Ini masalah power relation sebetulnya. Siapa yang merasa dia mayoritas. Jadi, yang begini-begini, power relation yang harus diatur begitu, ya (oleh Pemerintah). Bagaimana supaya adil," katanya.

Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 yang mendasarkan pendirian rumah ibadah pada komposisi jumlah penduduk bagi pelayanan umat beragama yang bersangkutan di wilayah kelurahan/desa menjadi sulit dilakukan ketika relasi kekuatan tadi belum merata.

Azyumardi mengatakan bahwa faktor pemekaran daerah yang kurang diperhatikan oleh Pemerintah juga ikut andil menyebabkan permasalahan tersebut.

"Itu saya kira perlu ditata ulang ini, ya. Bagaimana pihak yang berkuasa ini merasa kurang toleran. Jadi, masih perlu saya kira dilakukan afirmasilah dari tingkat nasional," kata Azyumardi.

https://m.antaranews.com/berita/1912...-dan-ahmadiyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 18:22
emoticon-Christmasemoticon-Christmasemoticon-Christmas
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 18:56
"Mereka warga negara yang harus dilindungi," kata Yaqut saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Gus Yaqut, sapaan Yaqut C. Qoumas, juga menyatakan bahwa Kementerian Agama akan memfasilitasi dialog lebih intensif untuk menjembatani perbedaan yang ada.

"Perlu dialog lebih intensif untuk menjembatani perbedaan. Kementerian Agama akan memfasilitasi," katanya.

Pernyataan itu merespons permintaan Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra agar pemerintah mengafirmasi urusan minoritas. Hal ini disampaikan secara daring pada forum Professor Talk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Selasa (15/12).


Ntap, mantul
Moga sehat selalu Gus Tutut
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 18:58
Gw pengennya yg kepercayaan itu lebih detail lagi ktpnya biar keren.misal "kejawen" ato "sunda wiwitan" gitu sekalian di ktp.ha ha ha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:16
Kita lihat aj kedepannya. Bakal sprt apa wajah keberagaman agama di indonesia ini. Pantengin trs ampe tahun depan.

0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:35
Beneran mentri agama yang sejuk memberi pengakuan ke semua kepercayaan.
Cuma jalan yang bapak pilih bakal terjal dan sulit semoga diberkahi ya pak orang baik gw doain semoga punya pendirian teguh dan selalu dilindungi.
Klo keafaan jadi panas percalah bukan bapak ini yang bikin tapi kaum intoleran yang bakal nolak ide bapak ini habis abisan dan mereka berani malu berani tolol dan berani salah.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan prayformysky memberi reputasi
2 0
2
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:45
kata si pler siapa itu, katanya macron harus belajar toleransi dari indonesia
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:47
Kalau terus begini kadrun bakalan kejet2 dah.
Selamat bekerja pak.
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:48
Jangan bicara dulu mengenai rumah ibadah ...
Keberadaan mereka aja udah ditentang ...

...
Terkait rumah ibadah, kalau daerah bersangkutan tata kotanya masih belum semrawut, dan ada tempat yang bisa ditempati, kiranya juga tidak menjadi suatu masalah. Tentunya juga perlu diketahui mengenai masalah peruntukan lahan dan semacamnya. Hal serupa kiranya juga berlaku pada/untuk agama lain. Ini perlu diketahui, agar kemudian tidak terjadi salah paham, bahwa ketegasan pemerintah itu terjadi disebabkan bukan karena faktor favoritas atau semacamnya.

Kalau daerah sudah penuh padat-semrawut, mau tak mau harus pandai mencari tempat/lokasi yang bisa digunakan/disewa/dipinjam.
Ini terkait juga dengan masalah pengoptimalan penggunaan lahan.
Karena sekarang ini aneh banget sebetulnya. Dimana lahan sawah dialihkan untuk jenis lahan lain, dan kemudian kita sampai impor beras, terlepas dari masalah yang terjadi karena penyimpanan-distribusi dan musim panen.

Mungkin gedung sekolah bisa dipinjam, saat sore atau malam. Atau gedung serba guna, atau ruang balai desa dan semacamnya.
Kalau jemaatnya tidak terlalu banyak, kiranya juga bisa menggunakan rumah salah satu jemaat.

God is "there", God is everywhere ..

Yang bikin masalah ..., manusia sendiri.

Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 19:53
Kalo bisa sih bagus.. Tp yg jelas gk gampang buat melaksanakannya, yg jadi problem terbesar tuh bukan keberadaan kelompoknya.. Tp pola pikir orang² yg ada di dalamnya.. Terutama yg menjadi bagian dari mayoritas.. Pasti bakal berupaya untuk menekan bahwa apa yg diyakini itu lebih benar.. Pemikiran seperti itu yg akan jadi hambatannya..
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 20:04
tugas negara ialah mengayomi seluruh umat beragama apapun agamanya.....
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 20:11
Soal ini gw gak komen ah, mungkin yg islam gak mau mengakui kayak gw juga gak mau ngakuin kalo ada yg bilang saksi yehova itu kristen

tp kalo mau bikin agama sendiri selama gak merusak agama yg sudah ada ya silahkan

profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 20:44
Munarmin mana ? Kok diem aja. Siapin air 10 galon.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 21:20
Sabdo Palon Nagih Janji.
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 21:37
ini baru menteri agama
bukan menteri agama islam

emoticon-Jempol
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
24-12-2020 23:17
Siap pasang badan ya Pak, menghadapi kaum intoleran. Jangan kasih ampun, sikat basis-basis massanya.
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
25-12-2020 02:37
Syiah Anjing Rafidhah !!!! emoticon-fuck

Ya pantesan saudara nya Syiah Rafidhah Laknatullah !!! emoticon-fuck

Mau dibikin Rezim si Anjing Bashar Al-Assad apa ini di indo ?
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
25-12-2020 05:33
Padahal yang nentang ahmadiah dan syiah itu kalangan ahlusunnah waljamaah emoticon-Ngakak
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
25-12-2020 06:00
MENTERI AGAMA BODOH MAKA NEGARA AKAN HANCUR !!!! LIHATLAH 3TH KE DEPAN KETIKA SYIAH BERKUASA MAKA IDEOLOGI PANCASILA AKAN DIGANTI HINGGA HANCUR LEBUR NEGARA TERCINTA INI !!!
SYIAH IRAN, SYIRIA, YAMAN, TURKI, INDIA INVASI BESAR2AN KE NKRI !!!!
JAGA AQIDAH KALIAN KAWAN !!!!
JAGA PULA AQIDAH KELUARGA DAN KETURUNANMU !!!
Diubah oleh bapobulet
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
25-12-2020 09:20
Cintai ususmu.. minum Yaqut tiap hari..
0 0
0
Menteri Agama ingin afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah
25-12-2020 09:30
apapun agama dan keyakinanya
kolom agama d KTP tetap ajaran kadrun
emoticon-Christmas
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia