• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Honda PCX Keyless Di Bobol Maling, Lihat Apa Yang Sudah Diperbuat?

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Honda PCX Keyless Di Bobol Maling, Lihat Apa Yang Sudah Diperbuat?

Sejauh ini fitur pengaman kunci yang paling banyak digunakan adalah jenis keyless dan immobilizer. Namun pengguna keyless lebih dinilai praktis karena pemilik tidak perlu mencolokkan anak kunci lagi tinggal mereka kantongi remot khusus dan setelah itu dihidupkan.

Penggunaan teknologi keyless di sebuah motor pada jaman sekarang ini sudah terbilang sangat biasa. bahkan pabrikan mulai berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan menghadirkan teknologi advance seperti menanamkan fitur keyless di setiap motor-motornya.

Beberapa lineup yang sudah dibekali dengan kunci keyless salah satunya ada Honda PCX. Motor maxi ini bisa dibilang sebagai motor pertama kelas entry yang menjadi pelopor di keluarga Honda yang telah dibekali dengan teknologi keyless.

Tujuan Honda memberikan keyless adalah, selain praktis juga dapat menghindari yang namanya tindak kejahatan seperti curanmor. Karena banyak kasus yang terjadi dimana motor-motor matic sering dibobol oleh maling menggunakan kunci T.



Tetapi beberapa waktu lalu maling nekat coba membobol teknologi keyless dari Honda PCX ini. dilansir dari salah satu postingan akun Facebook bernama Luqman Mutahhari, doi menceritakan kalau motor Honda PCX miliknya gagal dibobol oleh maling karena kesusahan menghidupkan motor berteknologi keyless ini.

Meski gagal hidup, Luqman bercerita kalau maling berhasil membobol kunci stangnya, mungkin saja menendang dan memutar stang secara paksa agar pengait kunci stangnya hancur. Karena malingnya frustasi, akhirnya motor tersebut ditinggalkan di ujung gang. Beruntung Honda PCX milik Luqman ini tidak jadi raib digondol.

Sayang, aksi pembobolan tersebut menyisahkan bekas yang membuat fungsi keylessnya rusak. Padahal piranti keyless ini terbilang cukup mahal, untuk knobnya saja dijual dengan harga 500 ribuan tanpa remote, dan pemasangan keyless ini pun harus mengatur ecu terlebih dahulu, artinya harus ada teknisi khusus yang mengerti tentang pemasangan keyless tersebut.

Tetapi kalau dihitung-hitung gak rugi juga, daripada pemilik kehilangan motor yang harganya hampir 30 jutaan, mending rusak di kunci yang kalau di total kerugiannya hampir 1 jutaan.



Jadi pelajaran bagi banyak orang nih, meski kunci sudah pakai keyless harap perhatikan keamanan ketika parkir. Jangan taruh motor sembarangan, takutnya diangkut orang dan pemilik juga yang ujung-ujungnya rugi.

Referensi : https://www.aripitstop.com/2020/12/14/honda-pcx-150-dibobol-maling-knob-keyless-dirusak/


asukashin
richardus96
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 39 lainnya memberi reputasi
34
17.9K
207
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.