kutilkuda1202
TS
kutilkuda1202
[CURHAT] Menyesal Menjebak Calon Mantu Agar Menghamili Anakku
NOTE: Kisah ini adalah pengalaman yang dialami rekan TS. Kisah ini nyata. Nama dan alamat disamarkan. Komentar akan dibalas narasumber selama 24 jam bila ia berkenan.


ingat gak sama lagu di tiktok yang viral.. bunyinya:
pip pip pip calon mantu..
pip pip pip calon mantu.. calon mantu....

Calon mantu kadang menjadi suatu hal yang asik bila dibicarakan. Semua orang tua pasti ingin memiliki menantu yang terbaik bagi anaknya. Coba kita pikirkan sejenak. Kita sebagai anak, sudah dilahirkan, dirawat, disayang dan dibesarkan hingga dewasa dan siap memasuki masa kehidupan rumah tangga. Kita sungguh disayang oleh orang tua kita. Mereka tidak ingin kita berada pada kehidupan yang lebih buruk setelah lepas dari orang tua.

Obsesi untuk memiliki menantu terbaik pun menjadi suatu fenomena yang sering terjadi dan dimiliki oleh para orang tua. Mereka seringkali menanyakan dengan blak-blakan kepada anak mereka tentang siapa pacarnya atau calon suami/ istrinya. Kadang juga ada, orang tua yang dengan percaya diri menanyakan kepada pacar anaknya tersebut.

Aku pun sebagai seorang pria dengan usia 59 tahun ini, juga pernah mengalami hal yang sama. 

oya, perkenalkan...
namaku Mamik, panggil saja Pak mamik. Aku ini teman dari TS kutilkuda. Kebetulan kami bertemu dalam suatu acara yang berhubungan dengan pekerjaan. Ngobral ngobrol sana sini dengan TS disela sela makan siang, sampailah pada titik basa basi yang sebenarnya hanya pemanis pembicaraan saja. Akan tetapi basa basi ini ternyata membawa ku kepada pengalaman ku yang sudah membuatku menyesal sepanjang hidupku.

Awalnya aku hanya bertanya kepada TS kutilkuda. "Sudah menikah belum, mas?", tanyaku. TS kutilkuda menjawab dengan ramahnya,"belum kok pak. kalau bapak sendiri anak anaknya sudah usia berapa?". Dimulai pembicaraan basa basi itulah, aku mulai menceitakan kisah hidupku tentang dunia pernikahan anakku.

Kisah ini terjadi 3 tahun lalu. Tahun 2017, tepatnya bulan Februari 2017. Aku memiliki dua orang anak. Anak pertama ku perempuan, ia berusia 20 tahun, sedangkan adiknya laki laki masih SMP kelas 3 kala itu. Anakku memang tidak melanjutkan kuliah. Ia hanya kursus memasak setelah lulus SMK. Ia memang jago memasak dan suka dengan industri makanan. Ia berencana untuk membuka toko makanan. Sebuah mimpi yang indah bagi Dita. Dita adalah nama anakku yang pertama.

Tetapi sebagai ayah, aku ingin ada masa depan yang lebih baik bagi Dita. Aku ingin Dita menikah dan memiliki suami yang bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi dia. Dita tidak perlu susah dan kerja keras untuk jualan di toko makanan. Ia cukup menjadi istri yang baik bagi suaminya dan mendapat uang dari suaminya. Lebih baik daripada ia berjualanan makanan di warung dan hasilnya yang tidak tentu.

Aku pun mencoba mencari referensi siapa yang tepat bagi anakku. Aku perkenalkan kepada anak anak teman-temanku dan relasi relasiku. Akhirnya aku bertemu dengan temanku yang memiliki jabatan yang dibilang sangat baik. Ia juga memiliki harta yang bisa dibilang cukup untuk empat keturunan. Ia memiliki seorang anak tunggal laki laki. Umurnya 29 tahun. Ia bekerja sebagai seorang "berseragam" dan memiliki penghasilan yang mapan. Bian namanya. 

Akupun mencoba mendekatkan Bian dengan Dita. Aku minta mereka jalan berdua. Aku undang mereka makan bersama. Aku selalu membujuk mereka agar mereka saling jatuh cinta. Dita juga kupaksa diet, makan teratur, penampilan yang baik agar Bian jatuh cinta padanya. 

Dita selalu menolak dan berkata tidak suka. Dita selalu berkata ingin mengejar mimpi, ingin bisa meraih ini itu, dsb. Aku tidak pedulikan itu. Aku pikir itu hanya logika sempit DIta. Aku tetap berusaha keras agar Bian mau menikahi Dita. Suatu saat aku pun berpikir untuk melakukan yang seharusnya tidak ku lakukan. Aku memaksa Bian menginap di rumahku.

Kala itu Bian datang dengan mobilnya, dan diparkirkan di depan rumah. Ia membelikan martabak dan juga rendang yang enak sekali. Dita menurut saja dengna apa yang ku perintahkan. Kusuruh membuatkan teh, melayani Bian dan menjadi wanita yang baik. Meskipun aku tahu, Dita tidak suka dengan Bian. Tetapi semua ini demi masa depan Dita. 

Setelah malam, pukul 21.00 WIB aku sengaja mematikan lampu dan berkata sudah malam. Ayo semuanya masuk kamar. Padahal hanya ada dua kamar yaitu kamar aku dan istriku, serta kamar Dita. Sedangkan anakku yang kedua ia tidur di rumah kakeknya di depan rumahku. Jadi rumah kami berhadap-hadapan. Johan (anakku kedua) yang saat itu kelas 3 SMP sudah kusuruh tinggal di rumah kakeknya. Karena kakek hidup sendiri, sehingga ia bisa menjaga dan menemani kakeknya.

Dita dan Bian kupaksa untuk satu kamar. Dita berkata,"lho pak kok sekamar? kan belum mukhrim". Aku selalu berkata," halah wong ya besok kan kalian bersatu, sama saja". Dan mereka pun sekamar.

Hal ini kulakukan terus selama beberapa bulan. Hingga akhirnya Dita mengaku hamil pada awal tahun 2018. Tujuanku pun berhasil. Aku bisa membuat Dita dihamili Bian setelah 5 bulan berkenalan, dan selalu kupaksa menginap sekamar dengan Dita. Bian yang saat itu berumur 29 tahun menikahi Dita yang masih 20 tahun. Aku merasa bahagia karena berhasil melepas anakku pada seorang pria sukses.

Namun ternyata.....
Harta dan jabatan itu tidak menjamin kebahagiaan. Ahklak yang baik dan cinta serta komitmen lah yang ternyata menjadi dasar dalam memilih menantu. Setelah satu tahun menikah. Anakku mengalami KDRT. Ia di siksa dan dihajar oleh Bian setiap kali mereka bertengkar. Dita tidak boleh bekerja dan hanya ada dirumah melayani Bian. Ia dikekang bergaul dan juga dikasari oleh Bian. 

Puncaknya pada Maret 2020 ini, Dita masuk rumah sakit karena tersiram air panas oleh mertuanya. Akupun membawa semuanya ini ke jalur hukum. Setelah semua ini terjadi, Dita mengaku bahwa ia sering dikasari oleh Bian dan juga mendapat perlakuan kurang baik oleh mertuanya karena dianggap wanita bodoh dan murahan.

Inilah kesalahanku...
Penyesalanku yang tidak bisa kuhapuskan. Aku ingin bisa memperbaiki semuanya.
tapi entah bagaimana caranya....?????


sekian.


Pak Mamik. Jatim
a.rizzkyannaonymussormin180
sormin180 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
23.2K
188
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.3KThread40.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.