rs2006
TS
rs2006
Prabowo-Sandi Kini Reuni di Kabinet Jokowi
Prabowo-Sandi Kini Reuni di Kabinet Jokowi
Gibran Maulana Ibrahim - detikNews

Selasa, 22 Des 2020 16:24 WIB






Jakarta - 
Kabinet Indonesia Maju dirombak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang akhir 2020. Total 6 menteri baru dipercaya Jokowi mengemban amanah dan akan dilantik besok pagi. Reshuffle kabinet kali ini bikin Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali reuni.
Presiden Jokowi mengumumkan 6 menteri baru di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Sandiaga Uno dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.
Sandiaga bersama kelima menteri baru Jokowi muncul dengan mengenakan setelan hitam putih berbalut jaket biru. Jokowi mengatakan publik RI sudah mengenal siapa sosok Sandi.


[table][tr][td]Baca juga:Lengkap! Ini 6 Menteri Baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju[/td]
[/tr]
[/table]
"Saya ingin mengenalkan, tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, beliau adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ucap Jokowi.
Sandi menyusul Prabowo Subianto yang sudah terlebih dahulu gabung kabinet Jokowi. Prabowo menerima tawaran menjadi Menteri Pertahanan RI seusai Pilpres 2019.
Prabowo-Sandi sejatinya rival Jokowi-Ma'ruf Amin di pemilihan kepala negara 2019. Jokowi-Ma'ruf yang mendapat nomor urut 01, menang melawan capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi.
[table][tr][td]Baca juga:Filosofi 6 Menteri Baru Jokowi Dikenalkan Pakai Jaket Biru[/td]
[/tr]
[/table]
Beberapa menteri baru Jokowi ialah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.
Salah satu nama yang mengejutkan publik yakni Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain adalah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.
[table][tr][td]Baca juga:Besok Rabu Pon, Jokowi Akan Lantik Menteri Hasil Reshuffle Kabinet[/td]
[/tr]
[/table]
Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Berikut ini nama-nama menteri baru Jokowi yang dikenalkan sore ini:
Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

(gbr/tor)

https://news.detik.com/berita/d-5305433/prabowo-sandi-kini-reuni-di-kabinet-jokowi
Diubah oleh rs2006 22-12-2020 12:01
delia.adeltien212700ily167
ily167 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.