little.siriusAvatar border
TS
little.sirius
Mengenal Bahaya Dan Gejala Obsessive Love Disorder


OLD (Obsessive Love Disorder) termasuk penyakit gangguan mental yang membuat penderitanya merasa sangat terobsesi dengan orang yang dia cintai. Pengidap OLD memiliki kecenderungan untuk mengendalikan hidup pasangan, gebetan atau bahkan mantan.

Kebanyakan orang yang memiliki pasangan dengan gangguan ini, tidak menyadari jika pasangannya mengidap OLD. Mereka merasa pasangannya hanya menunjukan kasih sayang atau mungkin mereka belum menyadari hingga dampaknya terasa.

Tidak bisa menerima penolakan.

Penolakan / putus adalah suatu hal yang paling dibenci oleh pengidap OLD. Bukannya menerima dan menghargai keputusan dari pasangan atau gebetan, dia cenderung menunjukan sikap marah, meyakinkan kembali dengan sedikit memaksa, bahkan bisa saja dia mengacuhkan sikap penolakan itu sendiri, dan menganggap tidak pernah terjadi penolakan atau memutuskan hubungan.

Ini terjadi karna delusi penderita tentang perasaan pasangannya, yang merasa bahwa pasangannya memiliki perasaan yang sama dengan dirinya. Jika ada penolakan atau putus, ya dia berfikir itu karna dipengaruhi orang lain, bukan karna perasaan pasangannya.

Cemburu tanpa alasan yang jelas.



Pengidap OLD pun sering merasa cemburu dengan hal kecil atau alasan yang tidak masuk akal. Mulai dari cemburu pada teman kerja yang mungkin menghubungi pasangannya untuk kepentingan kerja, atau bahkan pada orang lain yang sekedar menyapa.

Orang ini akan marah atau curiga, jika pasangannya membalas dengan waktu yang lama, padahal pasangannya punya kehidupan pribadi seperti mandi, makan, atau bahkan kumpul keluarga.

Perasaan curiga atau cemburu ini berasal dari ketidak percayaan dan ketakutan berlebih akan kehilangan sosok yang ia cintai. Dalam sebuah hubungan, pengidap OLD cenderung membentuk hubungan posesif dan penuh aturan.

Selalu memantau kehidupan orang yang dia Sukai.


Penderita OLD mampu membuat orang yang ia sukai kehilangan privasi bahkan ketenangan hidup. Dia akan mencari tahu semua hal yang berkaitan dengan orang yang ia sukai, seperti teman dekatnya, kehidupan sehari-harinya, bahkan hingga mencari tahu soal pasangannya yang baru. Jika sedang menjalin sebuah hubungan, penderita OLD sering meminta foto pasangan baik itu sedang makan, istirahat, rebahan, atau hangout sama temen. Dia bakal selalu minta kamu kirim foto.
Bahkan dia tidak segan loh untuk menyadap media sosial kamu.


Hal ini terjadi karena dia merasa gelisah dan tidak suka jika orang yang ia sukai memiliki teman dekat, sahabat, apalagi pasangan selain dirinya. Jika dia tidak bisa memilikinya maka orang lainpun tidak boleh.

Berusaha mengendalikan kehidupan pasangan.


Penderita OLD, selalu senang menunjukan argumen baik dilingkungan pertemanan atau hubungan. Dalam sebuah hubungan biasanya dia adalah orang yang paling banyak meminta dan menuntut, kembali ke semua point diatas soal perilaku yang dia tunjukan memiliki tujuan untuk mengendalikan pasangan sesuai dengan apa yang dia inginkan.


Tidak akan bertahan lama dalam sebuah hubungan.


Dalam sebuah hubungan, rata-rata orang tidak akan menyadari jika pasangannya mengidap gangguan ini. Karna obsesi dan cinta memang hampir mirip, yang membedakan adalah bagaimana seseorang memperlakukan pasangannya.

Padahal ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Cinta sejati akan membutuhkan pengertian dan komunikasi terhadap pasangannya, sedangkan cinta yang sifatnya obsesif justru akan menuntut orang yang dia suka untuk tunduk pada tuntuntan orang tersebut, seperti menuntut untuk tidak punya pasangan lain meski mereka telah berpisah, orang tersebut akan menolak kenyataan, bahwa hubungan mereka telah berakhir.

Cinta sejati juga memprioritaskan kebahagiaan orang yang dia suka dan menerimanya dengan segala kekurangan serta kelebihannya, sementara obsessive love akan melibatkan kekerasan fisik atau pelecehan emosional hingga tak mau mengakui kekurangan yang ada pada orang yang dia sayang sebagai bentuk delusi, so menurut dia apa yang dia perintahkan untuk pasangan adalah yang terbaik dan itu benar. Padahal nyatanya TIDAK! Itu hanya ego dia semata.


Berakhirnya hubungan seperti ini biasanya karna orang yang dia cintai merasa jenuh dengan pengekangan dan sifat egois penderita OLD itu sendiri.

Mengganggu privasi.


Pernah gak punya gebetan tapi keponya sampe setengah mati? Punya pacar yang selalu nanya kamu lagi dimana? Nelponin terus saat kamu gak bales? Bahkan sampe bikin clone media sosial untuk kepoin kamu dibelakang dia? Wah patut di curigai, penderita OLD akan mengacuhkan norma privasi seseorang loh. Saking keponya dia bahkan bisa melakukan segala cara untuk masuk ke kehidupan kamu, baik dengan menyadap, clone medsos, atau bahkan lewat orang lain, bisa nyuruh temennya kepoin kamu, tanya tanya soal kamu, wah serem deh.


Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan seseorang mengidap OLD, namun dari beberapa sumber yang saya kumpulkan, OLD disebabkan oleh:
°Disinhibited social engagement disorder.
°Reactive attachment disorder (RAD).
°Gangguan kepribadian ambang (borderline).
°Memiliki kecemburuan delusi.
°Etomania.
°ObsessiveS E N S O Rpulsive disorder (OCD).

Penyakit diatas memiliki gejala obsesi sama seperti OLD namun pada hal yang lain.
Karna OLD termasuk pada penyakit gangguan mental, bisa dikendalikan dengan bantuan obat anti kecemasan atau anti depresan, serta diberikan terapi perilaku kognitif, terapi perilaku dialektik, dan terapi bicara.



Kayanya cukup deh thread tentang OLD kali ini, kita lanjut dilain kesempatan dengan thread psikologi lainnya.
Jika ada tambahan silahkan ditulis ajah yah.
Terimaksih
Semoga bermanfaat.



Tulisan
Little.sirius
Referensi web
Halodoc|Idntimes|Tirto|Universitas Binus Psikologi
Referensi buku
Journal psikologi VI unpad|FREUD journal
Sumber gambar
1|2|3|4|5|6



Daniswara92
6666661234
dedekk.aja
dedekk.aja dan 31 lainnya memberi reputasi
30
9K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.