c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Negara Pertama Kali Yang Mengakui Indonesia Merdeka!! Siapa Ya?




Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, namun perjuangan untuk menjadi sebuah negara baru tidaklah mudah. Indonesia salah satu bangsa yang melawan kolonial dengan sejarah yang berdarah-darah.

Namun kemerdekaan bukanlah usaha dari bangsa ini saja, tapi bangsa asing pun mempunyai peran yang tak kalah penting. Maka perjuangan sebenarnya adalah diplomatik, meraih simpati dengan dukungan negara lain untuk mengakui bahwa negara kolonial hindia belanda ini sudah berganti dengan Indonesia, nusantara tidak lagi dijajah oleh Jepang atau dikembalikan ke pemerintahan Belanda.

Untuk menguatkan kemerdekaan diperlukan pengakuan negara lain, nah menurut bapak Abdul Harris Nasution ada beberapa negara di timur tengah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia.



Namun negara yang wilayahnya di timur tengah itu kini di cap oleh buzzer yang tidak suka dengan politik identitas, dan bercampur dengan islamophobia karena banyak orang lokal tapi pakaiannya ala gurun pasir dengan cap "kadrun".

Saya pribadi tak mempermasalahkan cap itu, apalah arti sebuah nama "Kadal Gurun, Cebong atau Kampret" hanya nama-nama hewan yang ternyata mereka punya manfaat untuk berada di bumi, semua hewan itu ciptaan Tuhan kalau saja sang hewan bisa bicara mereka jelas marah di samakan dengan manusia yang penuh keserakahan.

Andai mereka bisa membuat senjata bukan tak mungkin manusia yang mengolok-olok dengan namanya akan di genosida, manusia terlihat arogan dan merasa sempurna hingga nama hewan pun masuk dalam kancah politik di nusantara. Mungkin kata mereka "lucu, seru, keren" padahal mereka sudah meledek hewan-hewan tersebut menyama ratakan derajatnya dengan manusia yang ternyata lebih hina.

Quote:


Itu sedikit intermezzo saja, namun ada hal yang perlu saya kutip dari apa yang di ucapkan oleh Bapak Abdul Harris Nasution, seorang Jendral yang lolos dari maut tragedi PKI.

Quote:




Kemerdekaan Indonesia yang diumumkan oleh radio-radio internasional, membuat banyak orang tak percaya lalu mereka pun mulai memutuskan untuk mengakui lahirnya sebuah negara baru di dunia.

Negara pertama kali yang mengakui kemerdekaan Indonesia seperti kutipan diatas adalah Mesir. Negara tempat tinggalnya peradaban tertua di Indonesia ini, mengakui Indonesia negara yang berdaulat. Tentu saja mengakui negara lain merdeka itu tidak hanya ucapan melainkan dengan bukti tertulis.

Ketika itu Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946, pengakuan kedaulatan itu ditanda tangani oleh Perdana Mentri mereka di saksikan oleh Haji Agus Salim dan AR Baswedan.



Setelah diakui oleh Mesir berita ini pun tersiar ke pelosok negara timur tengah lainnya, maka negara Syria, Iraq, Lebanon, Yaman, Saudi Arabia dan Afghanistan serta wilayah pendudukan Israel yang bernama Palestina ikut mengakui kemerdekaan Indonesia.

Secara resmi negara yang tergabung di liga arab pun memutuskan secara resmi lewat dewan sidang pengakuan kemerdekaan Indonesia di tanggal 19 November 1946.

Lalu ada India dan Australia yang juga turut andil memgakui kemerdekaan Indonesia.



Bagaimana dengan negara eropa, bahkan Belanda yang telah meraup keuntungan dengan berpijak di bumi nusantara ini? Jedanya cukup lama dari Proklamasi, karena ada beberapa agresi militer yang mereka lakukan hingga terjadilah pengakuan itu melalui Konferensi Meja Bundar di Den Haag, pada tanggal 3 Agustus - 2 November 1949.

Indonesia pun akhirnya mulai mendapatkan Pengakuan dunia dan PBB dimana tanggal 28 September 1950 melalui Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 82, akhirnya Indonesia berdaulat seutuhnya.





Lantas, dengan perjalanan panjang tadi Indonesia mau berpecah belah? Masing-masing wilayah ingin merdeka? Membangun sebuah negara tidak mudah, karena pastinya harus ada yang dikorbankan baik itu nyawa, harta bahkan tenaga. Lantas yang menikmati hasil siapa? Hanya para cukong yang koalisi dengan pemerintah negara baru, mereka itulah yang kaya raya sedangkan rakyat sama saja hidupnya bung.

Yang terpenting damai tanpa adanya kekerasan itu lebih indah, apalagi ekonomi stabil, bahan pokok murah, penganngguran tidak ada. Itu kan tujuan kemerdekaan? See u next thread.


emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik

Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 18-12-2020 03:36
prabasaveflavigneaygilagility
aygilagility dan 56 lainnya memberi reputasi
57
11.3K
198
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.