• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Datsun Curut, Kendaraan Hasil Kimpoi Silang Sedan Dengan Pick Up Buatan Negeri Sakura

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Datsun Curut, Kendaraan Hasil Kimpoi Silang Sedan Dengan Pick Up Buatan Negeri Sakura
Curut, nama hewan ini mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Hewan yang termasuk banyak ditemui di rumah ini begitu menjengkelkan. Namun demikian, hewan ini justru dijadikan julukan sebuah kendaraan.

Zaman dulu orang Indonesia memang suka bermain cocoklogi, terutama di segmen kendaraan. Karena nama kendaraan biasanya menggunakan kombinasi huruf dan angka, maka sangat susah bagi orang-orang untuk menyebutnya.

Maka dari itu banyak kendaraan yang dijuluki dengan nama hewan, karena terkadang bentuk kendaraan tersebut mirip seperti hewan-hewan yang ada dilingkungan tempat tinggal masyarakat. Kali ini ada mobil dengan nasib tragis, karena dia dijuluki sebagai curut. Kenapa bisa mobil ini dijuluki curut ?, sebelum ke inti dari thread ini, seperti biasa kita mulai dari sejarahnya.




Ilustrasi Datsun Curut.

Foto: mobilmitorlama.com



SEJARAH

Mobil ini di Jepang sudah diproduksi sejak tahun 1966 dengan nama Datsun Sunny B10. Kendaraan ini hadir dalam wujud sedan, coupe, station wagon serta pick up. Kemudian 3 tahun berselang, Datsun memperkenalkan varian baru yang diberi nama Datsun Sunny B110 atau biasa disebut juga Datsun 1200.

Varian baru ini mulai diproduksi di Jepang pada akhir 1969, setahun kemudian B110 sendiri hadir dalam varian pick up yang diberi nama Datsun Sunny Truck 120. Kendaraan pick up ini terdiri dua varian, yakni versi chasis standar diberi nama B120 sementara chasis panjang diberi nama GB120.




Varian B110 sedan 4 pintu.

Foto: nissan-datsun-cars.blogspot.com


Yang menarik, pihak Datsun membuat varian pick up dari basis chasis mobil sedan B110. Berbeda dengan pick up kebanyakan di mana bagian bak dan kabin dipisah. Pada Datsun versi pick up, bak dan kabinnya justru disambung dari kap, kepala, hingga bak terbukanya. Jenis mobil ini juga disebut utility coupe atau biasa disebut sebagai "Ute", merupakan pick up dengan bagian bak serta kabin yang tersambung.

Selain itu karena basisnya adalah mobil sedan, maka ground clearance-nya dibuat sedikit lebih tinggi, namun begitu pick up ini masih terlihat ceper. Hal ini membuat Si Curut menjadi lebih nyaman serta cepat untuk bermanuver dijalan. kimpoi silang antara sedan dan pick up ini yang membuat Datsun Curut cukup unik menurut penulis.

Kehadiran Datsun Curut sendiri di Indonesia sekitar tahun 1970-an. Karena pada masa itu belum ada ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), maka pick up Datsun ini masuk melalui Pertamina. Kendaraan pick up ini pada akhirnya banyak dijadikan kendaraan lapangan bagi para karyawan Pertamina.




Datsun B120 chasis standar yang masuk ke Indonesia.

Foto: datsun1200.com




Datsun GB120 versi long chasis.

Ilustrasi: 1999.co.jpg


Sejarah julukan nama curut sendiri diberikan karena mobil ini memiliki moncong depan yang sangat panjang, dan orang-orang zaman dulu menganalogikan moncong serta bentuk body mobil itu mirip seperti moncong dan badan dari cecurut alias curut.

Daripada menyebutnya Datsun Sunny B120, maka orang-orang zaman dulu lebih suka memanggilnya curut. Cocoklogi orang Indonesia memang cukup nyleneh dari zaman dulu.




Ada yang tahu persamaan antara keduanya ? emoticon-Bingung (S)

Ilustrasi: google image


Varian ini masuk ke Indonesia diperkirakan mencapai 1.000 unit saja, dan yang masuk adalah varian pick up chasis standar atau biasa disebut B120. Hampir semua Datsun curut dioperasikan oleh Pertamina, sehingga ada juga yang menjulukinya sebagai Datsun Curut Pertamina.

Setelah tidak dipakai lagi, baru lah kendaraan pick up ini kemudian dijual kepada masyarakat. Mengingat populasinya yang tidak banyak, cukup sulit juga mencari Si Curut yang satu ini.


Spesifikasi Mobil

Dari bagian depan, versi pick up ini tidak jauh berbeda dengan versi sedannya. Mengusung dua buah lampu utama yang bulat, serta ada grill berbentuk horizontal dengan lubang-lubang udara kecil untuk mendinginkan mesinnya.

Selain itu bumper depannya sudah dilabur krom, pada bagian bawah bumper dipasangi lampu sein. Lampu sein ini juga terdapat pada bagian samping bodynya.



Tampak depan.

Foto: datsun1200.com


Ada dua varian spion sepertinya untuk Datsun pick up ini, varian spion di dekat pintu seperti foto di atas dan varian spion yang diletakkan agak jauh, yakni di dekat kap mesin seperti foto dibawah ini.




Tampak samping Datsun Curut, bak dan kepala menyambung.

Foto: modifikasi.com


Seperti tampak diatas, bagian bak dan kepala menyambung menjadi satu. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari Datsun Curut. Di Indonesia hanya muncul varian chasis standar dengan kode B120.

Untuk bagian belakangnya juga cukup unik, karena mobil mengusung lampu vertikal. Tidak seperti pick up kebanyakan yang memakai rancangan lampu horizontal.

Untuk interiornya mengusung panel instrumen dengan bentuk bulat, selain itu setirnya juga lumayan besar dan sedikit agak offside ke kiri menurut penulis. Untuk foto bagian belakang dan interiornya bisa kita lihat dibawah.



Lampu belakang dengan bentuk vertikal.




Bagian Interior.

Foto: datsun1200.com


Sementara itu untuk sektor dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin Nissan A12 yang berkonfigurasi 4 silinder inline OHV 8 valve. Mesin berkapasitas 1200 cc ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 HP pada putaran mesin 6.000 Rpm, serta torsi puncak sampai 95 Nm pada putaran mesin 3.600 Rpm. Tenaga tersebut lantas dikimpoikan dengan transmisi manual 4 kecepatan.

Di luar Jepang, mobil ini cukup populer gan sist. Mobil pick up ini telah diekspor ke Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, sampai Amerika Selatan. Produksinya sendiri juga lumayan lama, diperkenalkan mulai tahun 1966, varian lanjutan dari mobil ini baru berhenti diproduksi pada tahun 2006.

Mobil jenis Ute cukup populer di Australia dan Selandia Baru, di Negeri Kanguru tersebut, jenis kendaraan Ute pertama kali diperkenalakan mulai tahun 1934. Mobil Ute di Australia didominasi oleh Ford dan General Motors.




Bagian mesin.

Foto: datsun1200.com


Untuk harga jualnya dipasar Indonesia, mobil lawas ini dihargai mulai dari Rp 30-Rp 40 juta. Namun jika kalian ingin mendapat harga yang murah, kalian bisa membeli mobil bekas dengan kondisi apa adanya. Tentu harus ada dana ekstra untuk merestorasi mobil tersebut agar bisa terlihat seperti baru.

Jadi apakah gan sist pernah melihat atau mendengar nama kendaraan ini sebelumnya ? Jangan lupa untuk berkomentar dibawah.




Ilustrasi: datsun1200.com


Spesifikasi

Negara Pembuat: Jepang
Pabrik: Datsun
Jenis: Ute
Tipe: B120
Mesin: A12 OHV 1200 cc
Transmisi: Manual 4 Speed
Tenaga Maksimal: 68 HP pada 6.000 Rpm
Torsi: 95 Nm pada 3.600 Rpm
Wheelbase: 2.300 mm
Panjang: 3.830 mm
Lebar: 1.495 mm
Tinggi: 1.390 mm




----------


Sekian dulu bedah mobil klasik kali ini, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua di bidang otomotif. TS juga ingin mengucapkan terimakasih untuk agan dan sista yang sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Jika kalian menyukai tulisan ini, jangan lupa untuk rate 5, cendol, dan share. Sampai jumpa lagi di bedah kendaraan selanjutnya, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: datsun1200.com, google image
BlueGuy.Banci
feraldi2001
rhamsey
rhamsey dan 51 lainnya memberi reputasi
52
8.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.