• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dari Pengacara hingga Nyemplung di Industri Gaming, Begini Fakta Min-Liang Tan

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Dari Pengacara hingga Nyemplung di Industri Gaming, Begini Fakta Min-Liang Tan
Kaskuser yang pengguna perangkat gaming dari Razer, Ngacung???


Pada kenal dengan sosok di atas, Gan?

emoticon-Cool


Belum kenal? Oke Gan, Mimin kenalin dulu nih!. Beliau adalah Min-Liang Tan, CEO sekaligus Co-founder dari Razer Inc. Kalau buat anak games pasti udah pada kenal dong dengan merek Razer, bahkan mungkin agan termasuk salah satu konsumen setia dari perusahaan perangkat gaming yang didirikan pada 1998 silam ini. Bersama rekannya, Robert Krakoff, Min Liang Tan mendirikan Razer dengan segelintir orang dengan fokus mendesain serta membuat perangkat dan aksesoris gaming. Tak disangka-sangka Gan, di bawah kendali Tan, Razer menjelma menjadi perusahaan besar dan masuk dalam jajaran perusahaan berlabel Unicorn. emoticon-Wow


Agar lebih mendalam tentang Min-Liang Tan dan Razer, berikut Mimin rangkum beberapa informasi akan keduanya. Semoga bisa menjadi sumber informasi, dan menjadikan inspirasi bagi Agan dan Sista semuanya.




Dalam proses menjalankan Razer, Min-Liang Tan sendiri merupakan seorang pengacara, dan sempat tidak memberi tahu orang tuanya sementara waktu. Hal itu bersamaan dengan keputusan untuk memulai Razer pada tahun 2005 bareng temannya, Robert Krakoff. Perjalanan Razer dimulai dengan mouse gaming yang sangat responsif, lalu Razer menelurkan industri peralatan gaming yang sepenuhnya baru yang menawarkan kekuatan pemrosesan yang lebih cepat, grafis yang lebih halus, dan audio yang lebih menarik bagi para gamers.

Seperti yang sudah Mimin singgung di atas tadi, Razer masuk dalam daftar perusahaan Unicorn. Tak lain hal tersebut berkat kepemimpinan Tan.  Razer menghasilkan pertumbuhan dari mulai sebagai startup yang terdiri dari dua orang, kemudian berubah menjadi pemimpin pasar multinasional yang dianugerahi "Daftar Unicorn" Majalah Fortune pada tahun 2015 (perusahaan swasta senilai US $ 1 miliar atau lebih). Hingga pada 2017, Razer pun go public dengan melantai di Bursa Efek Hong Kong.

Min-Liang Tan dinobatkan sebagai salah satu dari "25 Orang Paling Kreatif di Bidang Teknologi" oleh Business Insiderpada tahun 2015. Juniper Research membedakannya sebagai "10 Pemimpin Paling Berpengaruh di Bidang Teknologi", sementara Teknologi di Asia menempatkannya di peringkat No. 1 dari 30 teratas Tenggara Pendiri teknologi Asia. Tak berhenti disitu saja Gan, pada 2016 Tan juga kembali dinobatkan sebagai salah satu "Straits Times Asia of the Year". Lanjut kemudian pada tahun ini, dimana beliau masuk dalam Top 50 Forbes Singapore Rich List dengan kekayaan bersih $ 650 juta. emoticon-2 Jempol.



Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Perjalanan Min-Liang Tan saat membangun Razer?

Sejalan dengan Pandemi COVID-19, industri game tumbuh dan berkembang pesat karena semua orang berdiam di rumah dan mencari cara baru agar tetap terhibur. Game dan esports menjadi sumber hiburan terbesar. 

Dikutip dari Singapore Tatler, Tan mengatakan "Di platform kami, aktivitas benar-benar telah melewati puncaknya, dan kami juga melihat pertumbuhan di basis pengguna, dengan lebih banyak pelanggan yang mungkin belum menjadi pemain game sebelumnya."

 

Tentunya banyak banget pelajaran bisa kita petik dari perjalanan sukses Min-Liang Tan dalam memimpin Razer. Pas banget nih gan, beliau bakal hadir di ICON2020 , dan bakal berbicara lebih banyak tentang bagaimana industri gaming dan esports semakin berperan dalam membentuk industri hiburan. Mumpung acara baru akan digelar pada 17 Desember 2020, buruan dapetin tiketnya di Blibli.com/icon2020 dengan promo spesial 12.12, diskon 90% untuk Pemegang Kartu BCA dari tanggal 10 - 18 Desember 2020. Tan nggak sendiri gan, beliau bakal ditemenin sama Bro Giring Ganesha, President IESPL (Indonesia Esports Premier League) sebagai Organisasi Esports League pertama dan terbesar di Indonesia.

Schedule bisa diintip di bawah ini Gan :

Spoiler for schedule ICON2020:


Sebagai info tambahan gan,ICON2020 juga menjalin kerjasama dengan KASKUS TV untuk menayangkan keseluruhan sesi ICON2020 lho!. Jadi GanSis yang berhalangan merapat langsung ke TKP, tetap bisa menonton ICON2020 melalui KASKUS TV

emoticon-2 Jempol


Diubah oleh KASKUS.HQ 15-12-2020 23:15
polfahpunika
666fapfap
bayi_besar
bayi_besar dan 65 lainnya memberi reputasi
54
25.4K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.