omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
dua setengah lusin fakta menarik palestina


palestina teritory dan konfliknya yg sering menghiasi media diseluruh dunia,ternyata menyimpan berbagai hal menarik :


1.palestina memiliki bursa saham/pex yg memiliki kurang lbh 50 emiten,sementara indonesia dengan penduduk hampir 50x lipat lbh byk hny memiliki 500an emiten.


2.harapan hidup di gaza termasuk tinggi,lbh baik dari indonesia,lebih baik dari rata rata harapan hidup negara lain di timteng,dan bahkan termasuk diatas rata rata dunia.kasus anak balita kurang gizi di gaza hny berkisar di 9% berbanding indonesia 36% balita kekurangan gizi.


3.obesitas menjadi permasalahan kompleks di palestina,mereka salah satu warga dunia yg plg obesitas.gaya hidup,pola makan,dan makanan tradisional mereka menjadi penyebab obesitas.


4.gaza hny memiliki perbatasan dengan dua negara,yaitu mesir dan israel.keduanya memblokade gaza scr ekonomi.

untuk kebutuhan listrik,air,makanan,obat obatan,material bangunan,dll semua dipasok dan diatur oleh israel.disisi lain israel jg membeli produk gaza utk memutar perekonomian disana.

badan organisasi israel yg mengurus bantuan utk palestina disebut COGAT.



5.pantai gaza adalah hiburan populer bagi warga gaza menengah kebawah,sementara kalangan status sosial atas di gaza memilih berkuda.



6.gaza adalah salah satu wilayah didunia yg memiliki pertumbuhan populasi tertinggi didunia sekaligus masuk jajaran populasi termuda didunia,45% total populasi gaza berumur 0-15 tahun !


7.sepertiga sampai setengah penduduk gaza adalah pengangguran, yg mengandalkan uang tunjangan sosial dari hamas dan jg fatah,semakin byk tanggungan keluarga,semakin besar uang yg didapat.

8.sejarah wilayah palestina sering berganti nama ,diantaranya adalah : Syria Palaestina, Southern Levant, Southern Syria, Zion, Kingdom of Jerusalem, Kingdom of Israel, Coele-Syria, Judea, Iudaea Province, Holy Land, Greater Syria, Land of Israel, dan Canaan.





9.israel menggusur paksa sendiri ribuan rumah warganya sendiri di gush khatif(skrg gaza) utk memberikan gaza kepada hamas


10.donator terbesar ekonomi palestina adalah USA,antara 20-30% dr total sumbangan yg masuk ke palestina pertahun.

11.bukan penduduk arab sana,bukan jg ottoman,inggris,atau yahudi yg menamai wilayah tersebut palestina,namun wilayah tersebut dinamai "filistia"/"palestine" oleh romawi,sebelumnya nama wilayah tersebut adalah judea,dan diganti romawi utk menghina pemberontakan yahudi disana(bangsa filistin kuno adalah musuh bangsa yahudi,termasuk goliath yg disebutu dalam kitab suci),herodotus jg pernah meninggalkan tulisan pada abad ke 15 yg menyebut “A District of Syria, Palaistine” pada bukunya “The Histories"

12.msh byk org mengira bangsa palestine moderen adalah pribumi disana yg memiliki sejarah panjang seperti yahudi,padahal bangsa palestine yg mengisi sejarah dalam torah/alkitab sudah lama punah 1500 tahun lalu lamanya,disaat raja Nebuchadnezzar dari babylonia menyerang wilayah tersebut,memusnahkan bangsa palestina dan memperbudak yahudi ke babylonia.


13.PBB pernah menawarkan wilayah palestina yg jauh lbh luas dr sekarang tahun 1948,hal ini disetujui israel,namun ditolak arab.

14.palestina pernah hampir merdeka ketika barat menginisiasi pemilu disana,yang berakhir dengan perang saudara antara hamas-fatah seusai pemilu yg memunculkan hamas sebagai pemenang dan mengungsinya fatah ke west bank.akibat kegagalan pemilu ini USA murka dan berhenti membayar seluruh gaji PNS palestina di gaza.


15.tidak hanya israel yg membangun tembok kepada gaza,tp jg mesir,dan bahkan jordania membangun tembok yg memisahkan mereka dengan camp pengungsi palestina,namun saat ini pembangunan tembok di jordania sedang dihentikan sementara.

16.di camp pengungsi palestina di jordania sering terjadi pembunuhan dan konflik antar faksi palestina,meski status mereka pengungsi tapi senjata api,granat,dan senapan serbu berkeliaran disana.byk pihak memiliki pion disana,seperti hizzbollah,alqaeda,pro fatah,pro hamas,dll

17.palestina tidak memiliki bahasa kebangsaan/negara ( bahasa palestina),mereka berbahasa arab krn warga palestina moderen adalah keturunan mesir/saudi,hal ini bisa dilacak dari marga keluarga mereka.


18.club racing khusus perempuan pertama ditimteng ada di tepi barat palestina,nama club mereka "speed sisters",mereka bahkan dibuatkan film dokumenter sendiri dan terkenal didunia arab.


19.kebanyakan mobil di palestina bikinan eropa,bukan jepang.mercedez benz pny dealer resmi di ramallah,palestina bahkan memiliki mall khusus menjual mobil.


20.i phone versi terbaru selalu laris manis di gaza,meskipun listrik di gaza hanya hidup selama 4-6 jam perhari,sehingga byk rumah/toko di gaza memiliki genset



21.anda bisa minum alkohol dan dugem di tepi barat(fatah),namun tidak di gaza(hamas),tepi barat bahkan memiliki festival bir tahunan(oktoberfest) disalah satu kotanya


22.perayaan tahun baru dilarang di gaza semenjak sekitar tahun 2013++ ,namun valentine,natal boleh dirayakan.dan seperti negara tmteng lainnya puncak kemeriahan festival perayaan di palestina adalah saat ramadhan.

23.kota betlehem merayakan natal 3x setahun

25 desember bagi kristen mainstream,6 januari bagi gereja orthodox yunani ,dan18 januari utk armenia

24.ekspor utama gaza adalah bunga dan hasil perkebunan,israel secara rutin mengajari palestina berkebun dan jg memberi alat alat perkebunan gratis seperti traktor,dll via COGAT(tekhnologi perkebunan israel termasuk jajaran terbaik didunia,inggris dan prancis bahkan belajar dari israel mengenai perkebunan dan perikanan)

25.hampir seluruh warga palestina mendapat pendidikan,literacy rate mereka(bebas buta huruf) salah satu yg terbaik didunia,dana utk menopang pendidikan di palestina berasal dari donor sumbangan internasional.namun utk meraih gelar doctorate degree,warga palestina harus meraihnya di israel atau luar negri.

26.umur harapan hidup,sanitasi,literacy rate,imunisasi,akses ke pelayanan kesehatan,persentase kematian ibu saat melahirkan,perlindungan anak anak dari buruh paksa di palestina lebih baik dibanding indonesia dan rata rata negara dunia.




27.foto,video,atau berita palsu terkait penderitaan palestina sangat byk beredar dimedia,sebegitu byk nya hoax foto/video mengenai kehancuran/penderitaan palestina lbh byk yg hoax daripada yg asli,hoax video/foto ini dikenal dengan sebutan "pallywood"

28.crude death rate ratio(kematian per 1000 orang) dipalestina dua kali lebih rendah dibanding indonesia.

indonesia : 7,1 kematian per 1000 orang
palestina : 3,5 kematian per 1000 orang

29.shocking truth :di israel ,penduduk dibawah garis kemiskinan sebanyak 22% ( Israel's poverty line is $7.30 per person per day (2014 est.)) sementara tepi barat palestina hanya 18%(2011 est).

30.hamas sering dikritik dunia internasional krn menjadikan warganya human shield.


http://www.indexmundi.com/factbook/compare/israel.west-bank

www.indexmundi.com/gaza_strip/age_structure.html

http://www.worldbank.org/en/country/westbankandgaza/overview

http://www.worldblaze.in/10-interesting-facts-about-palestine-that-will-surprise-you/

http://lifestyle.iloveindia.com/lounge/facts-about-palestine-10144.html

https://cherry-call.co.uk/blog/20-pleasant-facts-about-palestine/

http://www.pex.ps/PSEWEBSITE/English/default.aspx

https://www.unicef.org/infobycountry/indonesia_statistics.html#117

https://www.unicef.org/infobycountry/oPt_statistics.html

https://www.infoplease.com/world/health-and-social-statistics/life-expectancy-countries-0

http://www.al-monitor.com/pulse/originals/2015/03/gaza-palestinan-obesity-diseases-diet-fitness.html#ixzz4ACIHlI3L

http://honestreporting.com/exposed-pallywood-returns-to-gaza/

http://www.theaugeanstables.com/reflections-from-second-draft/pallywood-a-history/

http://www.bbc.com/news/blogs-trending-28198622

http://www.pallywood.com/

https://www.google.com/amp/s/sauoniexperience.wordpress.com/2011/07/01/angka-kematian-kasar-crude-death-ratecdr/amp/

https://knoema.com/atlas/Indonesia/Death-rate

https://knoema.com/atlas/Palestine/Death-rate

fakta palestina emoticon-thumbsup:










Diubah oleh omdikenyotom 22-10-2017 06:07
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.6K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.