serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Deretan Lagu K-pop yang Booming di Kalangan Non K-popers


ANNYEONG, K-POPERS

emoticon-Hai

Satu dekade terakhir, musik-musik Korea alias K-pop selalu menjadi perbincangan. Musiknya selalu menempati posisi trendingdi berbagai negara di dunia, bahkan di Amerika Serikat. Apalagi sejak debutnya group generasi ke-3 K-pop, seperti: BLACKPINK, BTS, Twice, Red Velved, MAMAMOO, IKON, dan lain-lain, membuat popularitas musik K-pop kian melambung.

Walaupun sangat populer, tapi masih banyak orang yang tidak begitu menikmati musik-musik K-pop. Ya, maklum. Selera musik setiap orang beda-beda, jadi wajar jika ada orang yang menyukai satu genre dan tak suka genre yang lain.

Namun, tahukah K-popers? Nyatanya ada, loh, lagu-lagu K-pop yang tak hanya dinikmati oleh para K-popers, tapi juga familiar di kalangan non K-popers. Bahkan beberapa di antaranya sangat familiar di telinga kita.

Nah, lagu-lagu apa saja itu? Itulah yang akan ane bahas di thread ini sekarang. Namun, perlu digarisbawahi! Non K-popers maksud ane di sini adalah; mereka si penikmat musik, tapi kurang menikmati musik Korea, bukan seluruh manusia di dunia ini maksud ane, ya. Paham?

Kalau begitu, langsung saja kita ke list nomor satu!

Kajja!

1. Oppa Gangnam Style, PSY


PSY

"Oppa Gangnam style!
Gangnam style!
Op-op-op--oppa Gangnam style!"


Siapa sih yang nggak familiar dengan lagu di atas? Saking populernya, lagu ini bahkan diaransemen ulang (cover) oleh para DJ ternama dunia. Gerakan dance-nya yang khas, sudah di-cover oleh jutaan orang di dunia.

Lagu yang dipopulerkan oleh PSY ini-- waktu itu ia berada di bawah naungan YG Entertainment--telah menjadi tonggak utama untuk trendi K-pop di dunia. Ia memecahkan banyak rekor, salah satunya menjadi video pertama dengan viewers mencapai tiga miliar view di Youtube. Keren, kan?

Btw, walaupun sudah 8 tahun berlalu sejak perilisannya, musik ini masih asyik untuk didengarkan hingga sekarang.



***

2. I Am the Best, 2NE1


Member 2NE1

Masih dari YG Entertainment, lagu populer berikut dibawakan oleh girl groupkenamaan agensi Yang Hyun-suk tersebut, 2NE1. Girl Group ini juga adalah group pertama yang melakukan konser keliling dunia atau world tour, sehingga membuat musik K-pop makin luas.

"I Am the Best" dirilis pada 28 Juni 2011 silam, dan ditulis oleh para song writer ternama, seperti: Liam Payne, Julian Bunetta, Wayne Hector, dll. Ya, sesuai judulnya, lagu beserta girl group yang mempopulerkannya memang yang terbaik waktu itu.



***

3. Oh!, Girls Generation



Para K-popers pasti sudah nggakasing dengan girl group yang satu ini. Girls Generation atau SNSD-- satu-satunya girl group gen-2 yang belum bubar hingga kini, walaupun beberapa membernya sudah left dari grup tersebut.

Di antara sekian lagu Girls Generation--yang memang bagus-bagus semua, ada satu lagu yang sangat populer di zamannya, terutama di kalangan remaja wanita. Judulnya "Oh!", rilis pada 27 Januari 2010 silam. Mungkin konsepnya yang girly dan musiknya yang ceria membuat "Oh!" begitu populer bahkan di kalangan non K-popers.



***

4. Mr. Simple, Super Junior


Foto: instagram | superjunior

Buat Gansis yang nonK-popers,
mungkin agak asing dengan nama Super Junior. Namun, kalau 'Siwon' kalian kenal bukan? Itu, loh, artis Korea yang bintangin iklan Mie Sedap Korean Spicy. Artis Korea yang berteman baik dengan Raffi Ahmad. Nah, tahu kan? So, dia itu (Siwon) adalah salah satu member Super Junior tersebut.

Super Junior memiliki banyak lagu hits. Namun, entah kenapa, lagu 'Mr. Simple' inilah yang paling populer di kalangan non K-popers. Bahkan pada 2011 silam, ramai sekali orang menyanyikan bagian reff lagu ini secara random. Apakah kamu salah satu dari penikmat lagu ini?



***

5. I Am A Good Boy, GD x Taeyang



GDragon dan Taeyang adalah dua penyanyi andalan YG Entertainment. GD dengan kemampuan rap-nya yang luar biasa, dan Taeyang dengan suaranya yang unik.

Nah, pada 24 November 2014 silam, dua penyanyi ini melakukan duet dengan singleberjudul "I Am a Good Boy". Dan boom! Lagu ini meledak di pasaran bahkan hingga di kalangan non K-popers. Di Indonesia sendiri, lagu ini kerap dijadikan backsound cover dance oleh anak-anak muda di event tertentu.



***

6. Psycho, Red Velved



Foto: instagram | redvelvet.smtown


Girl Groupbesutan SM Entertainment ini merupakan salah satu grup idol wanita papan atas di Korea. Tak hanya di Korea, namanya pun terkenal hingga ke negara-negara asing, Indonesia salah satunya. Banyak hal yang membuat orang menyukai Red Velved. Mulai dari membernya yang cantik-cantik hingga lagu-lagu mereka yang menarik. Salah satunya "Psycho" yang rilis pada 23 Desember 2019 lalu.



***

7. Love Scenario, iKON


Foto: instagram | withikonic

Lagu iKON yang rilis pada 25 Januari 2018 ini memang banyak menarik perhatian. Iramanya yang slow dengan musiknya yang asyik membuat orang-orang tertarik untuk mendengarkannya. Apalagi makna lagu ini yang dalam sekali, membuat orang-orang bisa mendengarkannya berulang kali.

Di Indonesia sendiri, banyak para fans yang mengaku menjadi K-popers khususnya menjadi iKonic (fandom iKON), setelah mendengar lagu ini. Bahkan sempat trendingdi Youtube, ketika Gen Halilintar meng-cover "Love Scenario" dengan sangat bagus. Apakah kamu sudah pernah mendengarkannya?



***

8. Maria, Hwa-sa


Foto: instagram | mariahwasa

Warga Tik Tok pasti sudah familiar dengan lagu yang satu ini. Yup, "Maria" kerap menjadi backsound video-video Tik Tok. Di mana, berawal dari sanalah, orang-orang mengenal lagu ini dan mulai menyukainya. Btw, karena yang paling booming adalah part reff lagu ini, banyak yang nggak tahu, kalau "Maria" adalah lagu K-pop. Ane salah satu dari pendengar yang tidak tahu itu. Heheh.

Btw, Hwa-sa adalah salah satu member MAMAMOO. Namanya makin terkenal setelah merilis single "Maria" pada 29 Juni lalu.



***

9. Solo, Jennie


Foto: instagram | jennierubyjane

"Solo" adalah lagu debut solo pertama Jennie BLACKPINK. Rilis pada 28 November 2018 lalu, Jennie mendahului tiga member lainnya untuk melakukan debut solo. Ya, tentu saja ini memancing reaksi para fansdan K-netz. Pasalnya, pihak YG Entertainment dinilai pilih kasih karena memberikan Jennie kesempatan pertama untuk debut solo. Itulah kenapa "Solo" diluncurkan dengan berbagai kontroversi yang mengiringinya.

Namun siapa sangka, lagu debut Human Chanel tersebut langsung booming di kalangan penikmat musik. Bahkan sejak perilisannya, "Solo" sudah meraup 580 juta lebih viewers dan menyabet berbagai penghargaan. Angka itu menjadi angka tertinggi untuk debut solo artis Kpop wanita.

Satu lagi, karena lagunya yang enak didengar, membuat "Solo" yang awalnya ditolak menjadi begitu disukai. Bahkan di kalangan non K-popers sekali pun.

"I'm goin' so-lo"



***

10. Ddu-du Ddu-du, BLACKPINK


Foto: instagram | blackpinkofficial

"Hit you with that ddu-du ddu-du ddu-du!
Oyeaah oyeaah"


Siapa nihyang terngiang-ngiang dengan lirik tersebut. Benar sekali! Rilis 15 Juni 2018 silam, "Ddu-du Ddu-du" menjadi lagu BLACKPINK paling hits. Tak cuma di kalangan Blink, tapi juga non Kpopers. Tak hanya itu, lagu ini juga mendapatkan viewers terbanyak di antara lagu BLACKPINK lainnya, yaitu lebih dari 1,3 miliar view. BLACKPINK pun menjadi girl group pertama yang mencapai angka tersebut.



Btw, lagu "How You Like That" juga layak masuk dalam listini. Lagu yang rilis pada 26 Juli 2020 ini sudah mendapat 696 juta lebih penonton di Youtube. Angka ini membuat "How You Like That" masuk dalam jajaran video Youtube dengan viewers terbanyak tahun 2020. Selain itu, musiknya yang wara-wiri di Tik Tok, mengundang non K-popers untuk mendengarkan versi lengkapnya.



***

Nah, gimana tuh tadi, Gansis? Lagu mana yang jadi favorit kalian?

Btw, masih banyak lagi sebetulnya lagu K-pop yang disukai oleh non K-popers. Seperti lagu BTS, Twice, NCT, Treasure, Somi, IU, dll. Hanya saja akan terlalu panjang jika ane jelaskan semuanya di sini. Heheh.

So, itulah threadane kali ini.

Xoxo

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by: serbaserbi.com
Gambar: Google dan ig
Sumber: youtube klik

emoticon-Cendol Gan

Gomawoyo
Diubah oleh serbaserbi.com 16-12-2020 23:34
fujimulia
Daniswara92
marikemana
marikemana dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.9K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.