News
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fd9ba0a4601cf0cc67a9519/mal-harus-tutup-jam-1900-pengusaha-mending-tutup-sekalian
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pengusaha di bidang restoran memprotes keras rencana kebijakan pemerintah soal pembatasan jam operasional mal di Jabodetabek hingga pukul 19.00 WIB. Apalagi saat ini banyak pengusaha restoran yang tetap bertahan kondisinya 'berdarah-darah' alias mengalami kerugian. Keputusan tersebut bukan hanya berpotensi membuat restoran kehilangan omset, namun juga tutup oper
Lapor Hansip
16-12-2020 14:40

Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!

Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pengusaha di bidang restoran memprotes keras rencana kebijakan pemerintah soal pembatasan jam operasional mal di Jabodetabek hingga pukul 19.00 WIB. Apalagi saat ini banyak pengusaha restoran yang tetap bertahan kondisinya 'berdarah-darah' alias mengalami kerugian.
Keputusan tersebut bukan hanya berpotensi membuat restoran kehilangan omset, namun juga tutup operasional sekaligus. Pasalnya, periode malam hari merupakan masa ramai pengunjung dan menjadi andalan restoran mendulang omzet.

"Gimana ya, pendapatan restoran kan dari orang makan di restoran, sekarang sudah dibatasi 50% dan orang makan di restoran kan siang dan malam. Mulai pukul 11.30-14.30, kemudian pukul 18.30-20.30. Kalau jam 19.00 dibatasi sama saja hilang porsi malam. Sudah dibatasi 50%, malam dihilangkan, sama saja kita boleh beroperasi restoran cuma 25% lah," kata Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Emil Arifin kepada CNBC Indonesia Rabu (16/12).


Angka 25% pun tidak mutlak, terutama jika melihat tren masyarakat ke restoran di masa-masa pandemi. Emil menjelaskan bahwa saat ini kunjungan saat makan malam lebih besar dibanding waktu siang. Penyebabnya tidak lain akibat kebijakan bekerja dari rumah (WFH) yang membuat masyarakat tidak perlu makan siang di restoran dekat tempat bekerja.
"Lebih sepi siang, nggak seperti normal karena kantor nggak banyak buka, jadi yang kita harapkan malam emang, karena malam lebih besar daripada siang keadaan sekarang. Malam orang makan malam, mencari hiburan socio life lah. Perbandingannya sekarang 40% siang 60% malam," katanya.

Dengan kondisi seperti itu, maka yang menjadi harapan tentu menunggu masyarakat untuk makan malam. Apalagi jika membandingkan pendapatan restoran antara dine-in dan take away. Emil menyebut sebagian besar pendapatan berasal dari dine-in, dengan porsi rata-rata 75% dari berbagai jenis restoran.

"Kalau 75% dipotong setengahnya, jadi perkiraan 35% karena siang lebih sepi. Kemudian dipotong lagi setengah tinggal 15-20% pendapatan. Mau hidup gimana? Menu sudah dikurangi, orang dikurangi, mau dikurangi apalagi? Mending tutup sekalian," tegasnya.
Menko Bidang Kamaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan memberikan usulan intervensi yang akan dilakukan adalah pengetatan aktivitas masyarakat secara terukur dan terkendali oleh para pemda terutama di Jabodetabek, juga Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

"Pengetatan masyarakat secara terukur meliputi WFH 75%, pelarangan perayaan tahun baru diseluruh provinsi, dan pembatasan jam operasional mall, restoran, tempat hiburan sampai pukul 19.00 untuk Jabodetabek dan 20.00 untuk zona merah di Jabar, Jateng dan Jatim," jelas Luhut.
Selain itu, lanjutnya, pengetatan protokol kesehatan akan dilakukan di rest area dan tempat-tempat wisata.


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...tutup-sekalian
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:46
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!




mini lockdown udah paling efektif emoticon-Ngakak



Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!


aelaaahhhh!! Juki....Juki! dongok amat! emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
superkopet dan khadapy94 memberi reputasi
2 0
2
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:48
Klo dibatasin sih bakal kayak kena pukulan mematikan kedua....yang pertama di bulan maret-agustus dan mulai berusaha berdiri dan bernapas tapi kalo begini mah bisa K.O

Bakalan rugi besar2an dan tutup sama sekali. Padahal mal/sejenis tingkat kepatuhannya tinggi dan juga lingkungannya terkontrol.
profile-picture
mavve512 memberi reputasi
1 0
1
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:50
Lagi darurat tenaga medis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:51
Asumsi yg bagus pak
Sekarang.jangan lupa bayar pajaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:52
ya udah tutup sono kong cukong
profile-picture
profile-picture
bajier dan darck91 memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 14:59
kayaknya lebih banyak orang kena kopid ni di angkutan umum dan kegiatan lingkungan di masyarakat yg ga ada kepatuhan sama sekali........ klo ditempat2 mal gitu ga kan dari awal masuk aja ga bawa masker ga bakalan boleh masuk........


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 15:00
emoticon-Cool bagus klo klean sadar dan maw tutup gerai.
Karena mencari duid adalah perbwatan jahat dikala pandemik. apalagi mental klean jelek, gak berbudi baek. Sudah tak layak klean mengais rupiah.
Paham klean emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 15:21
Namanya juga negri budak, apa yg diperintah majikan ya cuma mangut2 doank.
Di sebagian negara2 Eropa aja udh bebas dari kopat kopit, blm lg di Amerika Selatan khususnya Brazil, mereka 80% menolak vaksin
0 0
0
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 15:23
Apa bedanya buka setengah hari dgn full ? Emangnya virusnya tidur siang ? Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan darck91 memberi reputasi
2 0
2
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 15:25
waduh kalau begitu siang ditutup malam dibuka
0 0
0
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 16:17
Ya klo mau nutup berdasar jam knp gk sekalian aja suruh liburin kan virus jg ndak ada jam operasionalemoticon-Cape deeehh
profile-picture
ariekurangmetal memberi reputasi
0 1
-1
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 16:19
Pembatasan jam operasional adalah sebuah ketololan sejati.

profile-picture
EvoltoCiao memberi reputasi
1 0
1
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 16:21
Giliran pemilu gapapa.

Katanya.

Ohh gapapa kan ada prokontoel kesehatan.

Giliran mal

Harus tutup jam 19:00 ya, soalnya jam 19:01 virusnya mulai berkeliaran.
profile-picture
profile-picture
darck91 dan i.am.legend.. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 16:52
Soalnya gini. Kan pada kerja, pulang kerja udah sore, dibatesin pula jam 7 emoticon-Leh Uga

Gitu kayanya
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan captensurip memberi reputasi
2 0
2
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 17:39
sampai jam 20 saja bagaimana, ditambah satu jam lagi.

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 18:54
Giliran pariwisata
Yg pesawat kudu test swab
Sedangkan yg jalan darat masih boleh rapid dan antigen

Emangnya virus milih2?
0 0
0
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 19:02
emang kalo berubah jadi online gitu keluar materi lagi ya gan/sis?

udah begini mah susah jadinya
0 0
0
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 19:47
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
profile-picture
profile-picture
reid2 dan superkopet memberi reputasi
2 0
2
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
16-12-2020 23:06
yaaa gimana lagi dong.. mungkin karena penanganan Covid-19 di sini dari awal udah setengah-setengah dan serba tanggung emoticon-Sorry

proses sosialisasi pun baru digencarin beberapa bulan terakhir di saat masyarakat udah terlanjur bodo amat sama situasi pandemi...
0 0
0
Mal Harus Tutup Jam 19.00, Pengusaha: Mending Tutup Sekalian!
17-12-2020 13:57
Bukanya jam 10 pagi tutup jam 7 malem 😅, padahal ramenya waktu jam 7 malem orang² pada ke mall 😁
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia