nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
The Jerusalem Post: Israel akan Jalin Diplomasi dengan RI


Dua negara yang mungkin masuk dalam daftar berikutnya dalam menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa pekan mendatang, adalah Oman dan Indonesia, kata sumber diplomatik yang dilaporkan The Jerusalem Post pada Ahad (13/12).

Pemerintahan (AS) Donald Trump melanjutkan upayanya untuk membawa lebih banyak negara Arab dan Muslim ke dalam Perjanjian Abraham, di mana Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko telah menyetujui normalisasi hububgan dengan Israel.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (12/12) malam waktu setempat, setelah Bhutan setuju untuk menjalin hubungan dengan Israel di luar kerangka perjanjian, bahwa Israel "berhubungan dengan negara lain yang ingin bergabung dan menjalin hubungan dengan kami."
Menteri Kerja Sama Regional Israel, Ofir Akunis mengonfirmasi kepada Radio Angkatan Darat pada Ahad pagi, Wakil Presiden AS Mike Pence akan mengunjungi Israel pada Januari 2021. Menurut Akunis, selama kunjungan Pence, orang nomor dua di negeri Paman Sam tersebut dapat mengumumkan bahwa negara lain akan menjalin hubungan dengan Israel.
Sumber tersebut mengidentifikasi, Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah maju dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.
Pada Jumat (11/12), Oman menyambut baik pengumuman hubungan antara Israel dan Maroko, mengungkapkan harapan bahwa mereka "akan terus berusaha untuk mencapai perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi di Timur Tengah."
Netanyahu mengunjungi Oman pada 2018, dan bertemu dengan pemimpin negeri tersebut saat itu, yaitu almarhum Sultan Qaboos. Israel memiliki hubungan perdagangan tidak resmi dengan Oman pada 1994-2000, dan negara-negara tersebut bekerja sama dalam menentang agresi Iran.
Pemerintah Israel dan Republik Indonesia (RI) tidak memiliki hubungan diplomatik formal, tetapi ada perdagangan dan pariwisata antara negeri Zionis tersebut dan Indonesia membeli senjata dari Israel pada 1970-an dan 1980-an, serta Tentara Nasional Indonesia telah berlatih di Israel. Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin pernah bertemu dengan Presiden Indonesia Soeharto di Jakarta pada 1993.


[color=var(--finance-blue-1)]Ramai Kabar Indonesia akan Jalin Hubungan dengan Israel
[/color]


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu



Indonesia dikabarkan akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Menurut kabar yang berhembus, jalinan hubungan itu akan diwujudkan dengan normalisasi hubungan antara Israel dengan beberapa negara muslim.

Kabar itu dihembuskan oleh Times of Israel yang mengutip Channel 12. Salah satu sumber diplomatik mengatakan kepada Channel 12 ada dua negara yang akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel yakni Oman dan Indonesia.
Menurut sumber itu, kedua negara yang dia sebutkan itu menjadi negara selanjutnya setelah Maroko dan Israel sepakat melakukan normalisasi hubungan. Selain itu ada beberapa negara Arab lain yang sudah melakukan normalisasi hubungan seperti Sudan, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA).

Normalisasi hubungan negara-negara itu dengan Israel disebut dilakukan sebelum Presiden Donald Trump Lengser dari jabatannya.
Kemlu RI menanggapi pemberitaan tersebut. Pihaknya menegaskan hingga saat ini Indonesia tidak melakukan proses apapun terkait normalisasi hubungan dengan Israel.


"Kemlu RI tidak melakukan langkah-langkah seperti yang dituliskan oleh media di atas, dan saya tidak tahu latar belakang tulisan tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Faizasyah menyatakan sampai saat ini pemerintah Indonesia masih tetap berpegang terhadap konstitusi dan melanjutkan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.


"Pelaksanaan politik luar negeri yang dijalankan Kemlu dalam konteks konflik Palestina-Israel senantiasa berpegang pada amanat konstitusi," lanjut Faizasyah.



https://finance.detik.com/berita-eko..._from=wp_nhl_5

HMMM...

BAGAIMANA NANTI PERASAAN PARA LASKAR Y? 


muhamad.hanif.2
jokopengkor
jokopengkor dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0
1.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.