• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Keren, Produk-produk Fashion Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Kopi Gan!

cicitegu
TS
cicitegu
Keren, Produk-produk Fashion Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Kopi Gan!

Belakangan ini rupanya orang-orang mulai tertarik dengan sesuatu yang lebih ramah untuk lingkungan. Segala upaya pun dilakukan agar lingkungan nggak semakin rusak karena adanya sampah-sampah yang menumpuk, misalnya aja seperti yang diakibatkan oleh sampah plastik dan lain sebagainya. Selain plastik bekas yang berujung menjadi sampah, rupanya ampas kopi pun bernasib serupa. Dan dengan tangan-tangan kreatif, hal ini bisa disulap menjadi sesuatu yang bernilai lho Gan.

Misalnya aja seperti sebuah produsen sneakers asal Finlandia yang membuat sepatu berbahan ampas kopi dan botol yang didaur ulang. Rupanya perusahaan yang bernama Rens ini membuat sepatu dengan bahan-bahan tersebut bukan tanpa alasan. Jika dilansir dari CNN, mereka sangat menyayangkan ampas kopi yang kerap dibuang. Nah daripada menjadi limbah yang malah menjadi salah satu faktor perusak lingkungan, pabrikan yang berbasis di Helsinski ini pun memutuskan untuk mendaur ulang ampas kopi tersebut.



Rupanya selain bisa mengurangi dampak buruk pencemaran lingkungan, bahan yang berasal dari hasil daur ulang ampas kopi ini juga diklaim menawarkan banyak manfaat untuk penggunanya. Konon, kain yang terbuat dari kopi secara alami dapat menghilangkan bau dan jga antibakteri Gan. Selain itu kombinasi antara ampas kopi dengan daur ulang botol pun dapat membuat sepatu terasa lebih enteng juga tahan air. Gokil nih!



Rata-rata, sepasang sepatu dari ampas kopi dan botol tak terpakai ini memilki berat sekitar 300-46- gram, dan setiap sepasang sepatu ini terbuat dari ampas kopi dan sebanyak enam botol plastik bekas. Wow, kayaknya nggak banyak juga ya Gan bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat sepasang sepatu ini. Tapi meskipun demikian, proses pembuatannya pasti juga nggak gampang sih.

Sebenarnya Rens bukanlah perusahaan pertama yang mengeluarkan produk fashion yang berbasis ampas kopi dan limbah botol plastik bekas yang didaur ulang. Sebelumnya ternyata sebuah perusahaan yang bernama Coalatree pernah memproduksi seri hoodie yang ramah lingkungan. Produk yang dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut dinamai Hoodie Evolution. Setiap hoodie terbuat dari tiga cangkir ampas kopi juga sepuluh botol plastik bekas. Wah, nggak ngebayangin sih proses pembuatannya kayak apa.



Ternyata cara membuatnya adalah dengan mengeringkan kopi, membuang minyak, kemudian menggiling ampas bubuk kopi tersebut agar menjadi partikel yang lebih kecil, dan kemudian hasilnya dicampurkan dengan botol plastik yang telah dilelehkan untuk dibuat menjadi benang.



Selain itu, ada pula sebuah brand yang bernama Nat-2 yang dibuat oleh seorang desainer bernama Sebastian Thies. Rupanya ia telah meluncurkan produk sepatu berbahan kopi pada tahun 2018 lalu Gan. Namun bedanya, sepatu-sepatu buatan Thies ini menggunakan bubuk kopi asli dan bukan ampas. Sepatu-sepatu tersebut terbuat dari 50 persen bubuk kopi yang berasal dari berbagai daerah. Keren sih!

Saat ini, bisa dibilang jika berbagai produsen fashion tengah ramai membuat berbagai produk yang ramah lingkungan, akibat maraknya isu pencemaran lingkungan yang sedang panas diperbincangkan di dunia. 


Hmmm, kalau di Indonesia sendiri, apakah sudah ada Gan produk-produk fashion yang ramah lingkungan semacam itu? Kalau untuk sesuatu yang terbuat dari kopi, ane cuma tahu ada produk gelang yang terbuat dari biji kopi aja. Selebihnya belum pernah nemu lagi sih.

Gimana nih menurut Agan? Boleh dong share jika kalian tahun ada produk-produk fashion lokal buatan anak bangsa  yang ramah lingkungan seperti yang ada di atas.



tien212700mr.datsirwanitatangguh93
wanitatangguh93 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.5K
66
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.