marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Pekerja Andal, Punya Banyak Akal: Teknik Kilat Memindahkan Ikan
Biaya melimpah yang dikucurkan dalam sebuah proyek besar, tentunya akan punya perencanaan matang dan didukung alat berat berteknologi tinggi. Tak heran jika kita melihat bangunan pencakar langit atau fasilitas umum dapat diselesaikan dalam sekejap, lalu apa jadinya jika semua pekerjaan hanya mengandalkan fisik manusia.

Sudah bisa dipastikan cara konfensional tersebut akan memakan waktu cukup panjang, demi mempermudah proses kerja segala upaya dijalankan termasuk menggunakan senjata rahasia guna menghemat tenaga.

Lewat sedikit modifikasi berbagai alat diciptakan untuk melancarkan kinerja, apapun profesi yang ditekuni sekumpulan pekerja ini berhasil pamerkan kreativitas tak terduga.

1. Begini Cara Menurunkan Pipa Beton Dari Truk



Dalam sebuah proyek pembangunan bahan baku yang diperlukan biasanya berwujud besar, oleh sebab itu untuk mengangkatnya butuh pula kendaraan raksasa. Seperti halnya truk besar sebagai alat angkut pipa-pipa beton ini.

Setelah tiba di lokasi pembangunan, pipa tersebut harus diturunkan dengan menggunakan alat berat. Mengingat bobot pipa begitu bisa mencapai ratusan kilogram.

Bila tak didukung alat berat para pekerja wajib memutar otak untuk mencari cara agar tenaga mereka tak terkuras begitu saja, salah satunya dengan menggunakan trik, dengan menempatkan ban bekas yang telah tersusun sedemikian rupa.

Mereka mulai menurunkan pipa dari atas truk ke tanah yang sudah diberi alas ban, jika sudah para pekerja cukup mendorongnya dengan santai kearah yang diinginkan.

{thread_title}


2. Ide Brilian Memanjat Pohon



Umumnya memanjat pohon dengan menggunakan mengandalkan kekuatan tangan dan kaki untuk menopang beban tubuhnya, upaya tersebut jelas membutuhkan tenaga ekstra dan butuh keahlian khusus. Tidak sembarang orang bisa melakukannya, yang ada malah berakibat fatal.

Agar mempermudah menaiki pohon, pekerja ini duduk santai disebuah kursi yang telah dirancang khusus tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga ia cukup mengatur posisi kursi dan pijakan kaki.

Maka secara perlahan alat tersebut mengantarnya ke puncak pohon.

{thread_title}


3. Cara Brilian Memindahkan Potongan Kayu



Apapun kegiatannya pengalaman sangat mempengaruhi kinerja seseorang, begitu pula upaya yang dilakukan saat menebang pohon. Setelah pohon ditebang pekerja harus mengeluarkan tenaga tambahan untuk memotong batang-batang lainnya supaya mudah diangkut ke mobil, kalau tidak para pekerja akan kesulitan memanggulnya.

Untuk memudahkan itu semua potongan kayu dibuat sekecil mungkin, jika ingin cepat alat bantu lain bisa digunakan. Misalnya menggunakan bantuan rantai yang digerakan oleh mobil, cara ini masih perlu di dukung tenaga super agar batang pohon bisa dinaikan ke atas bak mobil.

Ketika pekerja memanfaatkan akalnya semua bisa menjadi mudah, mulai dari menebang hingga meletakan potongan kayu bisa dikerjakan tanpa menggunakan banyak tenaga.

Sebelum ditebang pohon target terlebih dahulu diikat dengan sebuah tali, setelah berhasil ditebang batang tersebut akan langsung bergantung berayun ke arah mobil yang sudah diatur posisinya.

{thread_title}


4. Teknik Kilat Memindahkan Ikan



Dalam dunia perikanan ada beberapa tahapan dalam budidaya ikan, baik itu ikan konsumsi maupun ikan hias. Dalam proses penyaringan pemisahan ikan berdasarkan ukuran, para pengusaha biasanya memindahkan ikan dengan menggunakan saringan, bisa juga dengan cara manual menggunakan tangan.

Semua itu merupakan cara konvensional yang biasa dijumpai di Indonesia. Kisah berbeda justru terlihat disejumlah negara maju, tanpa bersusah payah ikan yang ingin dipindahkan akan dipilih, diambil, lalu dimasukan ke dalam alat berbentuk selang panjang.

Mesin yang biasa disebut meriam ini berfungsi untuk menghisap ikan, ikan-ikan yang akan masuk ke dalam selang akan tiba di lokasi yang diinginkan pertambak secara otomatis. Meriam ikan ini mampu memindahkan ikan dari satu titik ke titik lain hanya dengan hitungan detik.

Jauh beda jika relokasi memanfaatkan tenaga manusia, selain itu kecepatannya bisa disesuaikan hingga mencapai 29 km/jam. Teknologi ini bisa mendorong ikan berbobot 15 kg per ekornya.

{thread_title}


5. Cara Mengangkat Bahan Baku Bangunan



Ada baiknya kita punya inisiatif dan ide-ide unik yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tidak hanya bagi pekerja kantoran hal ini juga dibutuhkan oleh mereka yang berfrofesi sebagai pekerja berat, terutama yang berkecimpung dalam proyek pembangunan.

Selain harus cekatan, berbagai inovasi harus mulai diterapkan agar pekerjaan harian yang terhitung berat menjadi ringan. Inilah yang membuat para pekerja bangunan punya banyak akal di luar nalar.

Beberapa waktu lalu sebuah video menunjukan bagaimana pekerja bangunan memindahkan bahan baku ke lantai 2 dengan cara yang unik, lewat sistem katrol dan memanfaatkan beban tubuh sebagai pemberat, mereka sukses mengangkat barang ke lantai dua lewat bantuan seorang rekannya si pekerja bergelantungan seperti tarzan.

{thread_title}








Author : Marilyn88

Published : 07 Desember 2020, 01.05 WIB


Quote:



ekatse
badbironk
tien212700
tien212700 dan 54 lainnya memberi reputasi
55
9.9K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.