ika775
TS
ika775
Yuk Mengenal Tumbuhan Liar di Sekitar Kita
Assalamu alaikum Gansist...selamat berjumpa kembali. Bagaimana kabar Anda? Semoga semua sehat selalu. Kalaupun saat ini ada yang sedang terbaring sakit, saya doakan semoga lekas sembuh yaa.... Dan saya akan menemani istirahat Anda dengan sedikit ulasan tentang tumbuhan liar di sekitar kita. Kali aja kita pernah mendengar namanya, atau manfaatnya, tetapi belum tau yang manakah gerangan dia orangnya.

Baiklah langsung saja ya.
1. Bandotan/Praxelis/rumput Minjangan


Mengatasi Asam Urat
Kandungan flavonoid, glikosida dan tanin juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi sakit asam urat. Anda bisa menumbuk daun bandotan lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Dapat pula dengan merebus daunnya lalu diminum.

Mengatasi Penyakit Mata
Manfaat daun bandotan juga ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit mata, seperti mata merah, belekan atau lainnya. Tumbuk saja daun ini dan ambil airnya untuk diteteskan pada mata yang sakit.

Mengatasi Kista
Kista merupakan tumor jinak yang menyerang bagian bawah permukaan kulit. Jika segera dikenali, Anda bisa memberikan pengobatan awal dengan memanfaatkan air rebusan daun bandotan ini.

2. Putri malu



Tanaman putri malu sudah lama digunakan untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi masalah kulit. Caranya dengan dibuat pasta hangat dari akar Putri Malu, dan mengoleskannya pada luka.

Mineral dalam daun Putri malu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Daunnya mengandung zat besi, seng, mangan, dan tembaga. Mineral ini dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan kesehatan kekebalan, termasuk melawan infeksi kulit.

Selain itu Putri malu juga dapat membantu proses regenerasi saraf siatik. Saraf skiatik adalah saraf terpanjang pada tubuh.

3. Tempuh wiyang/jonghe



Merupakan tumbuhan liar yang sudah banyak digunakan dalam industri farmasi sebagai anti racun dan anti biotik.

4. Bunga Widelia



Mandi menggunakan air rebusan tersebut dapat menghilangkan kram otot, reumatik, memar, dan sakit punggung. Daun wedelia juga bisa membantu menyembuhkan penyakit hepatitis. Selain penyakit hepatitis, wedelia juga dapat melancarkan buang air kecil, dan melancarkan pencernaan.

5. Rumput Israel



Rumput Israel digunakan secara tradisional untuk mengobati asma, reumatik, batuk kering, dan gangguan pencernaan.

Aktivitas farmakologis dari tanaman Rumput Israel diantaranya efek bronkopasmolitik, anti inflamasi, anti hipertensi, anti artritis, dan antiviral dengue.

Demikianlah Gansist, sedikit perkenalan kita pada tumbuhan liar. Sampai jumpa pada thread berikutnya, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: dokumen pribadi
Sumber informasi: Wikipedia
Narasi dan edit seperlunya dari penulis.
Diubah oleh ika775 12-12-2020 14:51
gustiarnytien212700iissuwandi
iissuwandi dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.6K
84
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.