• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Penerbangan GanSist Mendadak Dibatalkan Maskapai? Tips Cepat Cairkan Dana Refund!

agungdar2494
TS
agungdar2494
Penerbangan GanSist Mendadak Dibatalkan Maskapai? Tips Cepat Cairkan Dana Refund!


Hallo Agan Sista, Pernah gak sih, agan sist ngalamin Pembatalan Penerbangan (sepihak dan dadakan) oleh Maskapai?Ane baru kali ini sih, dan sumpah rasanya sangat gak menyenangkan, bikin panik dan repot!

Gimana nggak? Penerbangan yang seharusnya sudah kita jadwalkan jauh-jauh hari di tanggal tertentu, tiba-tiba mendadak dibatalkan sepihak oleh maskapai persis di hari H! Hanya beberapa jam saja sebelum penerbangan seharusnya dilangsungkan.


Jadi kejadiannya Rabu, 09 Desember 2020 beberapa hari yang lalu. Istri ane yang seharusnya dijadwalkan terbang jam 11:20 tiba-tiba mendapat SMS Pemberitahuan bahwa penerbangannya dibatalkan oleh maskapai di jam 04:47 WIB.

Kebayang gak gimana paniknya kami shubuh itu? Di dalam SMS tersebut juga dijelaskan, bahwa kami diminta untuk melakukan pengecekan email untuk mengetahu langkah selanjutnya.

Dan berikut ini isi email tersebut:

Spoiler for spoiler:

dan berikut informasi lebih detailnya:

Spoiler for spoiler:


Ane bersyukur bahwa shubuh itu ane sedang bangun, karena tahukah gan sist? jika kita terlambat mengajukan refund (<4 jam sebelum penerbangan), maka nilai refund akan jatuh drastis.

Spoiler for spoiler:



Misalnya tiket ane ini, yang ane beli sebesar Rp 874,000 masih bisa ane refund sebesar Rp 863,000 karena ane kebetulan lagi standby pegang dan cek hp.Jika terlambat sedikit saja, maka nilainya akan menjadi hanya Rp 124,000 atau bahkan tidak dikembalikan sama sekali!

Spoiler for spoiler:

Cara Refund Tiket di TravelokaDengan Cepat, Berdasarkan Pengalaman Pribadi Ane!

1. Segera buka tiket pesanan anda di Aplikasi Traveloka!


Spoiler for ilustrasi, soalnya ane gak punya screenshoot sebelum ane klik refund:



Langkah pertama yang ane lakukan saat itu adalah membuka aplikasi traveloka ane, untuk mengecek "apakah tiket ane merupakan tiket yang memiliki hak refund?"

Jika kita memiliki hak refund, maka tinggal klik Refund dan seharusnya masalah selesai, asal kita mau bersabar selama 90 hari atau lebih untuk proses pencairannya. Kalau tidak ada hak refund atau tidak sabar menunggu 90 hari? Lanjut ke langkah 2.

2. Segera Telepon Maskapai Penerbangan Anda!

Langkah satu ini tentu memerlukan modal pulsa, supaya lebih hemat jangan lupa di paketin, karena proses telepon menelpon ini akan berlangsung lama dan beberapa kali!

Dalam kasus ane, maskapai yang bertanggungjawab adalah Nam Air (Sriwijaya Group). Ane beruntung, maskapai satu ini cukup mudah dihubungi, sigap dan tidak bertele-tele. Saat tersambung, ane langsung to the point menanyakan informasi proses refund ane (setelah selesai konfirmasi data penumpang). Dan dari sini ane tahu, bahwa dana sudah di transfer kembali ke Traveloka di tanggal 09 Desember 2020 (hari yang sama tiket dibatalkan). Sedangkan status yang ditampilkan oleh traveloka yakni "Masih Menunggu Persetujuan Maskapai", Nah loh!?

3. Hubungi Aplikasi Tiket Anda, Traveloka!

Spoiler for spoiler:

Setelah mendapatkan informasi dari Nam Air, tentu ane bergegas mencari kontak Traveloka untuk menanyakan proses refund ane. Lagi-lagi ane beruntung, setelah beberapa kali susah tersambung karena nomor Traveloka sering sibuk, akhirnya tersambung dengan customer care yang begitu ramah.

Dalam percakapan tersebut ane menginformasikan bahwa sebelumnya ane sudah menghubungi maskapai Nam Air, dan informasinya refund ane telah dikembalikan oleh Nam Air, jadi dengan tegas ane bertanya "kapan dana ane dikembalikan? ane gak bisa ngurus ini terus-terusan, apalagi harus menunggu 90 hari! Keburu lupa!"

4. Pastikan Nilai Refund Anda Sesuai dengan Nilai Seharusnya!

Setelah percakapan yang agak panjang, dan bertele-tele. Beberapa jam kemudian ane langsung mendapatkan notifikasi bahwa dana Refund sedang diproses. Namun ada keanehan dalam proses tersebut!  Nilai Refund yang seharusnya Rp 863,000 secara absurd dan tidak berdasar hanya di konfirmasi menjadi Rp 454,000 oleh Traveloka.

Spoiler for spoiler:


Meski mungkin nilainya menurut beberapa orang tidak besar, ane tetap merasa dirugikan. Sehingga ane hubungi kembali Traveloka dan meminta penjelasan atas nilai yang berbeda ini.

Tanpa banyak alasan, untungnya Customer Care langsung mengakui bahwa nilai tersebut merupakan sebuah kesalahan dari mereka sendiri, akan segera diperbaiki dan ditransfer kekurangannya.



Demikian pengalaman yang ane alami baru-baru ini, ane sih sungguh berharap kita semua gak akan mengalami pengalaman merepotkan satu ini. Dan kalaupun sampai mengalami, semoga pengalaman yang ane ceritakan di KASKUS ini dapat membantu agan sista semua untuk mengajukan refund lebih cepat.

Terima kasih banyak untuk pihak Sriwijaya Group yang sudah bertanggungjawab dan sigap atas pengembalian dana customer, begitupun dengan Traveloka yang telah sigap melayani customer seperti ane ini.

Tak ada manusia yang sempurna, apalagi sebuah sistem. Oleh sebab itu, mari saling memaklumi dan berbagi energi positif!

Referensi : Sepenuhnya pengalaman pribadi

Gambar : Dokumen pribadi, screenshoot Traveloka, dan Google.

Diubah oleh agungdar2494 12-12-2020 05:06
indramamothtien212700yugeel
yugeel dan 47 lainnya memberi reputasi
48
4.2K
205
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.