c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Anarkisme Bukan Komunisme?




Anarkisme, selalu saja di sangkut pautkan dengan Komunisme padahal dua istilah itu sangat jauh berbeda. Nah, makin penasarankan kan sama-sama benci kapitalis, kan sama-sama dari bawah dari rakyat kecul yang tertindas, kaum buruh, kaum terpinggirkan.

Nah, semakin penasarankan! Yuk lah kita coba kulik apa sih sebenarnya perbedaan dari kedua idiologi ini.

Di Indonesia sendiri ada dua komunitas yang berhasil masuk ke dalam sendi masyarakat, dimana PKI sebagai wadah komunisme di Indonesia namun kini termasuk organisasi terlarang.





Satu lagi adalah kelompok Anarko Sindikalis yang lahir dari kaum muda yang tak ingin ada aturan, jiwanya memberontak dan ingin bebas dengan memberikan kreatifitas dari jiwa seni mereka yang tak ingin terbelenngu. Uniknya Anarko ini tidak ada pimpinan, mereka tergabung tanpa struktur orgsnisasi yang jelas.


Walau semangat Anarko sama dengan Komunis yang melawan kapitalis namun perbedaan mereka terlihat jelas dimana komunis melalui jalan yang legal secara demokrasi dan bila berhasil berkuasa langsung mereka akan menguasai alat-alat produksi, karena itu salah satu prinsip bernegara ala komunis.

Sedangkan Anarko Sindikalis mempunyai tujuan yang berbeda, mereka ingin kebebasan dan melawan otoritarian dalam sebuah negara. Jadi mereka anggap kekuasaan partai politik, atau kekuasaan raja dan pemimpin negara itu hanya untuk menindas rakyat. Yang menjadi pemimpin akan bertambah kaya, padahal mereka dibayar oleh rakyat namun ternyata rakyat itulah yang menderita.





Anarko Sindikalis ingin dunia tanpa negara, tanpa ada pemerintah, semua orang di dunia ini sama rata tak ada yang namanya hirarki karena manusia dilahirkan sederajat, tidak ada tuan dan budak, tidak ada pemimpin dan bawahan sistem inilah yang diadopsi oleh kelompok Anarko Sindikalis.

Jadi kalau dari kalian yang masih berfikir Anarkisme itu sama dengan komunisme jelas mereka sendiri saling bertentangan, karena komunis hanya menguasai alat produksi dan masih mempunyai pimpinan sedangkan Anarko mahzabnya lebih edan lagi, bebas tanpa syarat.

Namun keduanya bisa menjadi radikal dan biang onar ketika idiologinya tidak di terima oleh orang lain, itulah idiologi pasti akan terjadi benturan ketika tidak sependapat.





Bagaimana dari ulasan ini, sudah taukan bedanya antara anarkis dan komunis? Semoga berguna ya gan, dan selamat istirahat see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 11-12-2020 05:57
sunshii32
Sambelterasi052
hpsnrls
hpsnrls dan 27 lainnya memberi reputasi
26
5.5K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.