cintadineAvatar border
TS
cintadine
Death Note, Masih Menjadi Anime Terbaik dan Buktikan Hukum Tidak Akan Pernah Sempurna
Selamat datang kembali di thread ane gan. Kali ane mau membahas tentang anime lagi nih. Yaitu tentang salah satu anime lawas yang sempat jadi fenomenal yaitu Death Note.




Berbicara mengenai anime memang banyak sekali judul yang populer dan di Indonesia ada Naruto yang sangat terkenal bagi orang awam sekalipun. Lalu ada beberapa judul lain seperti Attack on Titan yang walaupun tidak pernah tayang di TV lokal namun tetap populer karena para pecinta anime tetap bisa menyaksikannya di internet.

Akan tetapi sejauh ini menurut ane predikat anime terbaik sepanjang masa masih dipegang oleh Death Note. Sebuah anime dengan premis dan alur cerita paling jenius yang belum terpikirkan sebelumnya.

Seperti yang diketahui, Death Note adalah manga dan anime fenomenal karya Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba yang menceritakan tentang sebuah buku yang bisa membunuh nyawa manusia dengan cara menuliskan nama korban dalam buku tersebut. Diceritakan buku itu adalah milik Shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk yang sengaja dijatuhkan ke dunia agar bisa digunakan oleh manusia.

Light Yagami adalah seorang pelajar yang sangat jenius dan memiliki IQ tinggi namun bersifat dingin. Light adalah orang yang sangat idealis yang menginginkan keadilan hukum di dunia ini dan menganggap jika sampah masyarakat dan kriminal tidak layak hidup dan harus dimusnahkan. Dia menemukan Death Note yang bisa mewujudkan itu semua.

Dunia menjadi gempar ketika banyak para narapidana dan pelaku kriminal mendadak tewas karena serangan jantung dan membuat FBI dan polisi internasional menjadi curiga. Di sinilah keseruan terjadi saat detektif super cerdas bernama L menyelidiki kasus ini. Detektif muda bergaya aneh bin nyeleneh namun memiliki kecerdasan yang luar biasa.



Menariknya L bekerjasama dengan Soichiro Yagami yang tak lain adalah ayah kandung dari Light Yagami. Soichiro adalah kepala kepolisian yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus Kira. Kira adalah julukan bagi pembunuh para kriminal lewat buku Death Note.

L mencari cara membongkar identitas Kira dan berhasil menjebaknya dengan cara yang brilian yaitu dengan memancingnya lewat acara tv palsu. Di sinilah duel kejeniusan dua pria super cerdas dimulai dan menjadi daya tarik anime Death Note.

Death Note bukanlah anime yang menyajikan banyak adegan pertarungan fisik dengan jurus yang epik. Melainkan pertarungan kecerdasan dan adu strategi. L yang berusaha membongkar identitas Kira dan menangkapnya. Light Yagami yang berusaha mempertahankan diri dan terus membunuh para kriminal dan orang yang tak sejalan dengannya.

Anime ini memiliki makna yang sangat dalam. Orang yang sifatnya seperti Light Yagami memang ada di dunia nyata. Seorang yang idealis dan kecewa dengan penegakan hukum yang ada. Muak melihat kejahatan namun dirinya sendiri memilih untuk main hakim sendiri dan dengan jalan pintas lebih memilih untuk memusnahkan para penjahat tanpa pengadilan.

Di sisi lain hukum menganggap Light sama saja dengan para kriminal itu sendiri dan di sinilah L (nama aslinya Ryuzaki) berpegang teguh kalau main hakim sendiri tidak dibenarkan dan sama saja melanggar hak asasi. Di sinilah letak menariknya, penonton bisa memilih siapa yang menjadi antagonis dan siapa yang menjadi protagonis.

Namun apa yang dilakukan Light seiring berjalannya cerita memang sudah offside dan mengharuskan pihak kepolisian untuk menangkapnya. Dia dibantu oleh gadis yang sangat mencintainya, Misa Amane yang dengan liciknya Light memanfaatkan gadis itu. Dia juga dibantu oleh Mikami, seorang jaksa yang punya ego tinggi di bidang hukum. Dia punya visi yang sama, yaitu melenyapkan para kriminal dari muka bumi.

Dalam hukum pidana khususnya di Indonesia kita sering kali menemukan ketidakadilan seperti keberpihakan pada orang-orang kaya dan selalu tajam pada orang yang miskin dan lemah. Dalam berbagai berita kasus pembunuhan dan pemerkosaan pun kita kerap menemukan banyak komentar dari netizen yang berisikan agar si pelaku dihukum mati saja.

Pun demikian ketika ada kasus begal dan aksi kriminal lainnya. Para netizen pasti akan mengutuk tindakan tersebut dan menginginkan para begal dan kriminal lainnya mending dimusnahkan saja. Itu karena rasa muak terhadap para pelaku kejahatan. Ini jelas, "jiwa Light Yagami" ada di setiap banyak orang di Indonesia.

Namun sekali lagi, anime Death Note seolah membuktikan jika hukum tidak akan pernah bisa sempurna.



Gimana nih gan, ada yang belum nontom Death Note di sini? emoticon-Ngakak

Quote:
indramamoth
sangatamvan
tien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
9.8K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.