• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Para Koruptor Berasal dari Kalangan Elite dan Berpendidikan Tinggi ?

astrikomala28Avatar border
TS
astrikomala28
Kenapa Para Koruptor Berasal dari Kalangan Elite dan Berpendidikan Tinggi ?
Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh,

Pada kesempatan kali ini saya perdana dalam membuat thread ini saya akan sedikit membahas mengenai orang - orang yang mempunyai pendidikan tinggi cederung melakukan hal - hal yang tidak pantas di lakukan dan bahkan sangat merugikan orang banyak.

Akhir - akhir ini kita di gegerkan oleh berita mengenai penangkapan beberapa pejabat oleh KPK karena diduga mereka melakukan tindak pidana korupsi.Mereka adalah :

1.Ajay Muhammad Priyatna Walikota Cimahi dugaan kasus suap Rumah Sakit Umum  Kasih Bunda.

2.Edy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster.

3.Juliari P Batubara Menteri Sosial dugaan kasus suap dana bantuan sosial penanganan Covid-19.

Nama - nama diatas beberapa kasus korupsi yang ada di indonesia dan para pejabat yang terjaring dalam OTT (Operasi Tangkap Tangan) yang di lakukan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Ini menegaskan mereka para pejabat elite dan berpendidikan tinggi pun tidak menjamin mereka terbebas dalam tindak pidana korupsi ini.

Jika kita perhatikan dengan seksama para pejabat itu sendiri pasti mempunyai gelar yang sangat tinggi dan biasanya minimal gelar mereka S2 bahkan yang tertinggi ada S3/DOKTOR. Dan kenapa sih para koruptor itu berasal dari kalangan yang berpendidikan tinggi dan cenderung lebih banyak yang melakukan tindak pidana korupsi ini ketimbang orang yang berpendidikan rendah sekolah tertinggi mereka hanya sampai lulusan SMA/SMK.

Para pejabat yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi,tingkat pengetahuan bahkan tingkat keshalehannya pun masih tergiur oleh yang namanya korupsi.Bukannya mereka tidak tahu bahwa korupsi adalah tindak pidana,melanggar hukum,dosa dan bahkan merugikan banyak orang tp mereka cenderung menutupi kesalahannya dengan kepintarannya yang salah dipergunakan.

Jadi Kesimpulannya untuk meminimalisasi praktik tindak pindana korupsi, maka pembelajaran mengenai tindak pidana korupsi harus dimulai dari dunia pendidikan salah satu caranya dengan memasukan pembelajaran mengenai tindak pidana korupsi sebagai matakuliah yang harus wajib di ambil oleh setiap para mahasiswa.Dan matakuliah mengenai antikorupsi jangan hanya teori saja tapi harus ada contoh yang patut di teladaninya.Pencegahan praktek korupsi bisa dimulai dari diri kita sendiri.



m4ntanqv
rotten7070
indramamoth
indramamoth dan 33 lainnya memberi reputasi
30
10.3K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.