• Beranda
  • ...
  • Papua
  • (CoC Reg. Papua) Uniknya Kota Agats, Papua. Kota Lumpur Yang Memikat

lurikaAvatar border
TS
lurika
(CoC Reg. Papua) Uniknya Kota Agats, Papua. Kota Lumpur Yang Memikat


Assalamualaikum GanSist

Welcome kembali di thread ane

Pernahkah GanSist sekalian melihat sebuah jembatan yang terbuat dari papan? Yups kita semua disini pasti pernah melihatnya. Tapi eh tapi, apakah kita pernah melihat sebuah kota yang dipenuhi dengan papan? Jawabannya pasti beragam, ada yang menjawab "Ya" ataupun "Tidak".

Nah, buat kita-kita yang belum pernah melihat kota yang dipenuhi papan, dalam trit ane kali ini bakal ane bahas mengenai Kota Agats yang berada di Provinsi Papua. Kota yang dibangun diatas papan ini menjadi sebuah keunikan bagi kota itu sendiri.

Agats adalah ibukota dari Kabupaten Asmat salah satu kabupaten dan suku yang ada di Papua. Agats memiliki keunikan yang benar-benar berbeda dari daerah lain yang ada di Nusantara bahkan mungkin dunia. Yups, Agats kota yang biasa disebut juga Kota Lumpur ini memiliki daerah yang dipenuhi dengan rawa-rawa dan juga lumpur.



Konon katanya masyarakat di Agats mempercayai sebuah mitos yang mengatakan bahwa daerah yang mereka tempati itu adalah sebuah daerah kutukan dari seorang pendeta yang meninggal tanpa sebab. Pendeta tersebut mengutuk daerah yang dulunya berupa dataran tanah menjadi daerah yang tak bisa kering dan akan selalu berlumpur.

Oleh karena itu, masyarakat yang menempati Agats membangun seluruh bangunannya diatas papan kayu. Seiring berjalannya waktu Agats menjadi kota yang menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Asmat. Sarana dan prasarana serta infrastruktur yang ada di Agats seperti perkantoran, tempat ibadah, perumahan, pelabuhan, rumah sakit, kantor polisi, pos tentara, sekolah, bahkan Agats pun memiliki sebuah Museum semua itu dibangun di atas papan kayu besi. Museum ini menjadi titik pertama yang dikunjungi jika para wisatawan jika ingin mengenal Suku Asmat lebih dalam.





Seiring berjalannya waktu, kayu besi itu berubah menjadi beton dengan tetap mengikuti gaya bangunan rumah panggung di kota tersebut. Penduduk pun dengan leluasa melakukan berbagai aktifitas dan perlahan mulai meengembangkan usaha-usaha untuk menunjang kehidupan mereka. Toko-toko kebutuhan dan rumah makan umumnya dimiliki oleh para pendatang yang mencoba peruntungannya di kota Lumpur ini.



Nah, itu dia gansist sedikit info tentang sebuah daerah unik yang ada di Papua. Gimana ada yang berminat untuk mengunjungi dan mengetahuinya lebih dalam? Silahkan persiapkan mental dan fisik serta materi yah GanSist..



Sampai disini dulu perjumpaan kita dalam thread sederhana ane mengenai Papua, terkhususnya Distrik Agats. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol, rate, komenan santun, dan share.

See you next thread emoticon-Pelukemoticon-Peluk emoticon-Peluk


Sumber Gambar : Screenshoot Google
Opini : Pribadi + Referensi 1, 2
Diubah oleh lurika 16-06-2023 08:12
anna1812
lianasari993
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
549
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Papua
Papua
icon
3.3KThread207Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.