counter.jihadAvatar border
TS
counter.jihad
MUI Jabar Minta Pelaku Azan dengan Ajakan Jihad Diedukasi


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat meminta orang-orang yang terlibat dalam kasus azan ajakan jihad ditindak dengan pendekatan edukasi. Meski meresahkan dan berpotensi mengganggu kondusivitas, tindakan mereka dianggap berawal dari ketidaktahuan.

Hal ini mengemuka dari pertemuan antara MUI Jawa Barat bersama sejumlah perwakilan ormas Islam tingkat Jawa Barat di Kantor MUI Jawa Barat, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (4/12).

Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei mengatakan azan yang ditambah ajakan jihad tidak dapat dibenarkan dan melanggar syariat islam. Di sisi lain, ajakan berjihad dengan simbol membawa senjata tajam tidak relevan dengan kondisi di Indonesia sekaligus meresahkan.

"Itu menimbulkan kegaduhan dan meresahkan masyarakat. Bahkan, kalau salah paham bisa terjadi keributan-keributan," ucap dia.

Hanya saja, hasil diskusi bersama perwakilan ormas islam, disepakati bahwa tindakan terhadap orang yang terlibat dalam pembuatan dan penyebaran azan cukup diberikan edukasi.

"Dalam agama kalau dia tobat dan mengakui bahwa dia salah, itu sudah selesai. Tapi kalau masalah hukum yang berlaku di Indonesia, unsur-unsurnya melecehkan atau tidak, tapi kan tadi bukan termasuk itu, tapi penyimpangan yang salah, dia tidak tahu. Karena tidak tahu, maka harus diberikan tindakan edukasi," jelas dia.

Di sisi lain, ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan adanya video azan tersebut. Biarkan masalah ini dipercayakan kepada pihak kepolisian.

"Pak polisi tolong panggil mereka lalu diberikan edukasi," pungkasnya.

Diketahui, salah satu video azan tersebut diduga terjadi di Desa Sadasari, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Dalam video itu terlihat tujuh orang warga. Mereka menambahkan 'Hayya Alal Jihad' saat mengumandangkan azan.
sumber

Kerjasama baik antara beck dan striker
emoticon-Leh Uga

Sewaktu kelompok sendiri melecehkan kelompok lain
argumennya kajian internal
emoticon-Leh Uga

Giliran yang melecehkan dari kelompok sendiri alasannya pelaku kurang pengetahuan
emoticon-Ngakak

Diubah oleh counter.jihad 05-12-2020 09:34
akumidtorc
yanka555
antiketek
antiketek dan 23 lainnya memberi reputasi
24
3.3K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.