• Beranda
  • ...
  • UKM
  • Strategi Berjualan Online di Marketplace pada Tahun 2021

yourfitAvatar border
TS
yourfit
Strategi Berjualan Online di Marketplace pada Tahun 2021


Berjualan online di marketplace memang terbilang gampang-gampang susah. Gampang bila dilihat, tapi terasa susah bila dijalankan.

Terlebih lagi untuk kamu yang sudah terbiasa berjualan secara konvensional. Dan di tahun 2020 ini, bisnis kamu terkena dampak pandemik Covid-19. Mungkin kamu baru merencanakan untuk memulai bisnis online marketplace pada tahun 2021.

Marketplace sendiri adalah sebuah platform, baik berupa website atau aplikasi, yang dikelola oleh suatu perusahaan (pihak ketiga) untuk memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli secara online.

Memang marketplace menawarkan banyak sekali kemudahan dan keuntungan bagi siapa pun yang ingin menjual produknya. Tapi, pada tahun 2021 nanti kamu harus membuat strategi yang tepat untuk berjualan online di marketplace.

Kamu mungkin akan mengalami kesulitan menjual produk secara online. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti beberapa strategi sukses memulai bisnis jualan online di marketplace berikut ini.

1. Menetapkan Produk

Hal paling mendasar yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk yang akan kamu jual. Mungkin ini terdengar mudah, apabila kamu sudah memiliki stok produk sebelumnya. Akan tetapi kamu tidak boleh asal-asalan dalam menjual produk, karena produk yang kamu jual sangat berpengaruh pada kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu.

Kamu dapat memikirkan juga produk yang banyak diminati oleh calon pelanggan kamu. Menjual produk yang terlalu unik tetapi jarang diminati bisa membuat produk kamu jadi tidak laku. Namun, menjual produk populer yang sudah banyak dijual oleh seller lain juga akan membuat kamu kesulitan dalam bersaing.

2. Kenali Target Market

Setelah kamu mengetahui jenis produk yang akan kamu jual, maka selanjutnya kamu harus mengenali dengan baik calon pelanggan kamu. Dengan begini, kamu akan lebih mudah menentukan harga untuk produk kamu nanti.

3. Strategi Menentukan Harga

Semua penjual pasti berharap untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, namun dengan usaha atau pengorbanan yang seminimal mungkin. Akan tetapi, penerapannya tidak segampang itu. Kamu perlu memiliki strategi dan kesabaran hingga akhirnya meraih keuntungan yang dinginkan. Tidak perlu takut mematok harga yang tinggi untuk produk yang kamu jual, asal kualitas produk yang ditawarkan juga berbanding lurus dengan harganya.

kamu bisa melakukan strategi lose-leader, atau mematok harga rendah untuk produk tertentu dengan tujuan mendorong pelanggan untuk membelinya dalam jumlah yang lebih banyak, bisa juga dengan cross-selling, atau menggunakan satu produk sebagai pancingan untuk produk lain yang kamu jual. Kamu untuk mencari tahu metode mana yang paling berhasil.

4. Respon yang Cepat

Respon kamu kepada pelanggan sangat memengaruhi reputasi toko kamu sebagai penjual online. Pelanggan lebih mempercayai penjual yang merespons pertanyaan mereka dengan cepat ketimbang mereka yang lama menjawabnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu selalu terhubung dengan marketplace.

5. Jual Produk Anda di Beberapa Marketplace

Jika kamu memiliki banyak jenis produk untuk dijual, ada baiknya jika kamu menjual di lebih dari satu marketplace. Sehingga kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Berjualan di beberapa marketplace juga membuat brand kamu menjadi lebih dikenal oleh pelanggan. Tentunya ini akan memudahkan pelanggan menemukan produk kamu dan juga meningkatkan kepercayaan mereka.

Dan itulah beberapa strategi untuk berjualan online di marketplace pada tahun 2021 nanti, semoga kamu tetap sehat dan selalu mendapatkan cuan ya!
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKM
icon
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.