joko.munandarAvatar border
TS
joko.munandar
Waduh! Angka Kasus HIV di Klaten Tembus 1.000 Orang, 109 Meninggal



Angka kasus HIV/ AIDS di Kabupaten Klaten tembus sampai 1.000 orang. Data tersebut terhitung sejak pendataan 2007 sampai bulan September 2020 dengan persebaran yang merata di semua wilayah kecamatan.

Pengelola bidang data dan administrasi komisi penanggulangan HIV/ AIDS (KPA) Kabupaten Klaten, Amin Bagus Panuntun mengatakan sejak 2007 sampai pendataan terakhir bulan September 2020 jumlah totalnya mencapai 1.000 orang. '' Data tersebut berasal dari Dinas Kesehatan yang berasal dari berbagai RS dan layanan kesehatan lainnya. Data kemudian diolah di komisi untuk ditindaklanjuti,'' jelas Amin, Jumat (27/11).

Menurut Amin dari 1.000 orang itu yang meninggal dunia sebanyak 109 orang pengidap sejak tahun 2007.  Dari jumlah 1.000 orang tersebut ada yang masih tahap terinfeksi ringan atau HIV saja . Namun ada juga yang sudah sampai tahapan AIDS atau stadiumnya sudah parah.

Yang HIV sebanyak 537 orang dan 463 orang sudah masuk AIDS. Persebarannya sudah merata di 26 kecamatan yang ada di Klaten.  Dari sisi usia, para pengidap ada di usia produktif antara 30 - 45 tahun. Penyebabnya dari berbagai sebab tertular, terutama hubungan seks bebas. Untuk tahun ini jumlah kasus masih lebih rendah dibandingkan tahun 2019.Menurut Amin, pada tahun 2019 ada 135 kasus baru tetapi tahun ini hanya ada 102 kasus baru. Meskipun tahun ini ada pandemi Covid-19 tidak ada kenaikan signifikan. Penyebabnya karena saat pandemi mobilitas masyarakat berkurang dan ekonomi juga tidak membaik sehingga aktivitas yang rentan penularan terkurangi. Yang menjadi masalah saat ini justru adanya  pengidap tidak mau minum obat atau loss follow up.

Jumlahnya cukup banyak sebab mencapai sebanyak 247 orang dan pemicunya karena faktor bosan minum obat. Padahal dengan tidak mau minum obat risiko penyebaran semakin besar dan kesehatan semakin rentan. Apalagi di tengah pandemi Covid saat ini. Pengelola program KPA Kabupaten Klaten, Fauzi Rivai mengatakan untuk mengatasi yang tidak mau obat itu dilakukan penelusuran dan melibatkan kelompok dukungan sebaya (KDS).

"Nantinya didampingi KDS. Kita buatkan leaflet, profil, buka WA sebab ini persoalan psikologis harus dengan pendekatan Kalau mereka belum mau terbuka kan repot," ungkap Fauzi.


Sumber





Jajan sembarangan terus .... crot sana sini terus ... ga pake kondom terus ...

Anal sex terus kagak pake kondom ... ya kena HIV lah 

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
iskrim
jokopengkor
faanaa
faanaa dan 7 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.