Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc7ee5088b3cb2b5b6b1fc0/seorang-pendaki-mendengar-suara-alunan-gamelan-dari-puncak-gunung-mananggel
Jagat maya dihebohkan dengan berita viral yang seorang pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan yang setibanya di puncak gunung. Menurut sang pendaki dengan akun TikTok @thx.rk, pengalaman yang beraura mistis yang mengalaminya ketika menjelang magrib setibanya di puncak Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat pada akhir November 2020 kemarin.
Lapor Hansip
03-12-2020 02:43

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Jagat maya dihebohkan dengan berita viral yang seorang pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan yang setibanya di puncak gunung.

Menurut sang pendaki dengan akun TikTok @thx.rk, pengalaman yang beraura mistis yang mengalaminya ketika menjelang magrib setibanya di puncak Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat pada akhir November 2020 kemarin.

Suara gamelan yang awalnya laun-laun tapi lama-kelamaan kian terdengar jelas saat ia menunjukan landscape pegunungan Mananggel yang indah menjelang magrib.

Viral Video Pendaki Dengar Alunan Gamelan Di Puncak Gunung

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Kisah seorang pendaki yang mengaku mendengar suara gamelan saat berada di gunung, videonya belakang ini telah viral di media sosial dan menjadi perbincangan warga net. Hal tersebut di akui dari akun kreator TikTok @thx.rk yang mengunggah momen terdengarnya alunan musik tradisional tersebut.

Menurut akun @thx.rk saat itu dirinya tengah melakukan pendakian di gunung Mananggel, Cianjur Jawa Barat. Saat berada di kawasan puncak dan merekam landscape sekitar gunung dan beberapa saat kemudian ia pun mendengar suara gamelan.

Suara musik tradisional jawa tersebut terdengar samar-samar namun lama-kelamaan terdengar jelas dan diiringi suara-suara kicauan burung dan desir angin. Seiring terdengarnya suara gamelan tersebut suasana sekitar pun mendadak menjadi mencekam.

Tulis @thx,rk dan text yang disematkan di dalam videonya, menggambarkan situasi yang dialaminya saat itu. Sontak rekaman video gamelan di puncak gunung Mananggel tersebut langsung mengundang reaksi warga net hingga viral di media sosial.

Kesaksian Raka Pendaki Yang Merekam Kejadian Suara Gamelan

Pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan di puncak gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat. Dan ternyata si pendaki tersebut bernama Raka, warga Jakarta yang mendaki gunung Maranggel dan bermalam di puncak gunung bersama dua rekannya.

Menurut Raka saat merekam gambar saat setibanya di puncak gunung, suasana memang terasa sedikit mencekam dan seram. Untuk itu bersama dua rekannya ia sempat mendengarkan musik dari handphone guna mengusir rasa tersebut.

Selepas itu ia barulah merekam kondisi di puncak gunung sebagai dari bagian dokumentasi perjalanannya.

{thread_title}


Pengalaman Ki Prana Lewu Hingga Penjaga Gunung Ceremai Yang Mendengar Mitos Suara Gamelan Di Gunung

Pengalaman mendengar suara gaduh seperti jaipongan di tengah kesunyian kawasan gunung juga pernah dialami oleh Ki Prana Lewu seorang spritual juga hoby mendaki gunung.

Pengalaman yang cukup membuat merinding ini dialami Ki Prana Lewu saat bersama belasan anggota padepokannya yang sedang melakukan pendakian di gunung Salak kurang lebih pada 5 tahun lalu tepat di bulan puasa.

Saat rombongan mulai menapaki kaki gunung Salak, mereka dikejutkan dengan suara lantunan ayat suci Al-Qur'an. Selama kaki melangkah suara lantunan ayat suci Al-Qur'an tersebut terus mengiringi hingga kemudian hilang dengan sendirinya.

Belum lagi keterkejutan rombongan Ki Prana Lewu sirna, mereka kembali dikejutkan dengan riuhnya suara jaipongan tepat saat mereka berada di pertengahan perjalanan menuju puncak.

Suara gamelan yang mengalun misterius ditengah kesunyian dan kesakralan kawasan gunung juga kerap didengar para pendaki di kawasan gunung Ceremai, menurut Lili Suhali sang penjaga pos gunung Ceremai via Linggarjati.

Mitos suara gamelan kerap dialami para pendaki, baginya hal tersebut sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh para pendaki. Terlebih gunung Ceremai dianggap paling sakral dan keramat, lantaran diyakini pernah menjadi tempat pertemuan Wali Songo.

Kisah Viral Pendaki Hilang Di Gunung Muro Setelah Mendengar Suara Lonceng

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Jauh sebelum viral pendaki rekam suara gamelan di puncak gunung, setahun lalu juga ada kisah viral lainnya yang dialami oleh Indra Wijaya Arta Kesuma pendaki gunung asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Indra sempat hilang secara misterius selama 6 hari di gunung Muro, Kalimantan Tengah yang memiliki ketinggian 927 meter di atas permukaan laut sebelum akhirnya ditemukan oleh warga yang tengah berburu disekitar gunung tersebut.

Indra yang mendaki sendirian mengaku sempat terperosok hingga keluar jalur pendakian dan saat dirinya tengah mencoba mencari jalur lain untuk turun, Indra justru mendengar hal aneh seperti bunyi lonceng dan bunyi-bunyian bernuansa mistis lainnya.

Ia pun semakin mengikuti sumber dari suara tersebut, Indra justru kian tersesat kedalam kawasan hutan.



[url=https://www.tiktok.com/foryou?lang=id#/@thx.rk/video/6898564956388674817]Sumber 3[/url]


Author : Marilyn88

Published : 03 Desember 2020, 02.42 WIB


Quote:NB : Jika teman-teman suka dengan thread yang telah saya buat ini, saya sangat berterimakasih sekali jika Agan dan Sista berkenan untuk meninggalkan jejaknya juga disini..^_^



Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
Diubah oleh marilyn88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:28
ane sih gak percaya sama yang begituan tapi tiap naik gunung selalu hormati alam ama jangan bikin yang aneh2 aja udah emoticon-Big Grin
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:29
Hmmmmm. Kok bisa gitu y
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:30
kata emak kalo magrib jangan keluar rumah. ini malah main ke gunung
Diubah oleh Keromiyakudou
profile-picture
profile-picture
nandaps dan akgz97 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:31
waktu record katanya magrib kan?
kejadiannya : suara musik tradisional jawa tersebut terdengar samar-samar namun lama-kelamaan terdengar jelas dan diiringi suara-suara kicauan burung dan desir angin.

1. burung gak berkicau kalo udah senja
2. mistis biasanya suasana seperti mati, gak ada angin juga

kesimpulan? emoticon-Big Grin
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:34
anak tiktod dipercaya
profile-picture
lustyrose memberi reputasi
1 0
1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:36
Denger-denger info Kalo di tanah jawa atau orang yg baru dateng ke daerah di jawa terus denger gamelan yg "ghaib" itu tandanya di sambut oleh "penghuni" tanah jawa.
Begitu sih katanya..
Walahualam juga bener tidak nya.
Dimanapun kita bersinggah harus tetap sopan dan ikuti tata Krama di tempat kita berada.

Cmiiw.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:41
malem jumat ini gan emoticon-Takut
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
03-12-2020 23:50
ditempat sepi gelap2 banyak jin

digunung apa lagi emoticon-Traveller
profile-picture
kemaln memberi reputasi
1 0
1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:14
lebih mengerikan suara badai gan..
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:21
Tanpa bermaksud mengecilkan, orang bule di Nat Geo keluar masuk hutan, naik turun gunung gak pernah ngomong ketemu kakek jenggot putih, siluman macan, lagu gamelan, dsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:50
Tempat gw mah...setiap malem seloso kliwon kedengeran om....kalo dicuekin makin kenceng di cari makin jauh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:51
Yang bikin ane kaga mau maen ke gunung ya kek gini gan 😁, serem banget
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:55
Halusinasi emoticon-Traveller
profile-picture
kemaln memberi reputasi
0 1
-1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 00:59
keren om emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:10
Gw juga pernah diatas gunung denger musik sipknot
profile-picture
kemaln memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:25
mending suara gamelan ato ah oh ah oh oh yes oh no?
profile-picture
kemaln memberi reputasi
0 1
-1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:42
manusia2 aneh, denger musik asli Indonesia dibilangnya serem..
kapan dunia permusikan tanah air mampu menduia???
disaat orang arab punya rebana dari kayu dan kulit, eropa punya gitar dari senar dan kayu,, negeri ini sudah punya gamelan dengan bahan dasar tembaga,, hanya peradaban maju yang mampu..
HIDUP GAMELAN
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:47
Jaman sekarang denger gamelan di gunung jadi konten ya. emoticon-Ngakak
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:59
Berita kok dari Tik Tok
Sama aj bobotnya kalo dpt berita "someone cantik jualan something" tapi dari P*rnH*b emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
04-12-2020 01:59
Sumber suara "bluetooth speaker" emoticon-Malu
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia