degurechaft
TS
degurechaft
[Wajib Tau] Peran Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Anak

Hai gan/sisemoticon-Hai

Ane kepikiran sekarang banyak anak-anak khususnya remaja yang kena gangguan mental dan kebanyakan pemicunya adalah dari sisi internal yaitu keluarga, tapi tak jarang juga sih akibat faktor eksternal seperti dari teman dan lingkungan. 

Tapi disini ane pengen bahas yang internal nya aja, karena sisi internal yaitu keluarga ini sangat mempengaruhi kepribadian seorang anak. Jadi sebagai orang tua haruslah memperhatikan anaknya terutama pada bagian mental..emoticon-Big Grin

Lantas apa saja yang perlu dilakukan orang tua agar dapat menjaga kesehatan mental si anak??

1. Membentuk Karakter Percaya Diri Seorang Anak

Spoiler for Menolong:


Nah, untuk membentuk kepercayaan diri seorang anak, sebagai orang tua haruslah menghargai setiap tindakan positif yang dilakukan oleh anaknya karena ketika mendapat apresiasi, seorang anak akan menjadi bersemangat dan tidak malu untuk melakukan tindakan positif kepada siapapun.


2. Menjadi Pendengar dan Menghargai Perasaan Anak


Spoiler for Curhat:


Yah adakalanya seorang anak itu sedang memiliki banyak masalah, apalagi untuk yang sudah berada diusia remaja. Nah disaat itulah anak perlu mencurahkan isi hati dan perasaannya dan sebagai orang tua haruslah mendengarkan dan memberi semangat kepada si anak.

 

Kebanyakan orang tua sekarang justru kurang peduli dengan masalah anaknya dan itu sangat berdampak buruk pada si anak sendiri, dia jadi tidak nyaman ketika ingin curhat dengan keluarga dan malah lebih memilih temannya...itupun kalau ada yang ingin dan memahami maksud si anak itu. Kalau si anak tidak punya teman? tentu saja dia akhirnya menanggung sendiri masalah itu dan bisa berpengaruh terhadap mental.

3. Membuat Suasana Rumah Yang Senyaman dan Seaman Mungkin


Spoiler for Gembira:


Kebanyakan anak yang mengalami gangguan mental seperti depresi biasanya karena kondisi rumah yang istilahnya "Broken Home". Kenapa begitu? yah karena mungkin orang tuanya yang tiap hari sering bertengkar apapun masalahnya itu. Disisi orang tua mungkin rasanya biasa saja, namun dilain sisi yaitu si anak, itu merupakan masalah berat yang sangat menjadi beban pikirannya sehingga sampai terbawa kemana-mana karena si anak yang sangat tidak ingin kelakuan orang tuanya seperti itu.

Hal itu menyebabkan si anak akan lebih ingin menyendiri dan menutup diri dari teman maupun lingkungan sosialnya. Parah kan...


4. Jangan Membandingkannya Dengan Orang lain
Spoiler for Menyendiri:


Nah yang ini paling sering terjadi dilingkungan sosial kita. Kebanyakan orang tua (ibu-ibu biasanyaemoticon-Malu (S)) malah membandingkan anak sendiri dengan anak tetangga. Mungkin cuman hal spele yang dibandingin seperti "tuh dia kok bisa lebih rajin dari kamu" atau "Tuh lihat, badan dia lebih kekar dari kamu yang malah kurusan".

Iya mungkin maksud si orang tua bisa saja positif karena dengan bilang begitu mungkin anaknya akan lebih bersemangat untuk meningkatkan diri...

Tetapi yang terjadi kenyataannya adalah si anak malah akan merasa dirinya sendiri itu tidak sesuai harapan(apalagi yang sebelumnya udah berusaha sekuat tenaga). Si anak itu akan turun mentalnya karena perkataan tadi dan membuat dirinya malu untuk bertemu orang lain, karena dalam pikiran si anak bisa saja orang lain menilai dia itu sama dengan penilaian orang tuanya sendiri.



Nah itulah beberapa peran yang dimiliki dan menjadi tanggung jawab orang tua, sebenarnya masih banyak,tapi wawasan ane yang masih kurangemoticon-Big Grin.

Ane harap thread ini bisa menjadi referensi dan petunjuk bagi para orang tua agar lebih bisa memahami anaknya. Seorang anak yang tumbuh dewasa bukan juga berarti dia bisa mengatasi semua masalah sendiri, namun dia juga perlu dukungan dari orang lain dan selalu saja dukungan terbesar dalam hidup si anak itu berasal dari sebuah kelompok kecil yang bernama "Keluarga".

Itu saja dulu dari aneemoticon-Smilie
Sekian
~

kudanil.latien212700wanitatangguh93
wanitatangguh93 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.1K
8
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.