• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

marilyn88
TS
marilyn88
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
Jagat maya dihebohkan dengan berita viral yang seorang pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan yang setibanya di puncak gunung.

Menurut sang pendaki dengan akun TikTok @thx.rk, pengalaman yang beraura mistis yang mengalaminya ketika menjelang magrib setibanya di puncak Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat pada akhir November 2020 kemarin.

Suara gamelan yang awalnya laun-laun tapi lama-kelamaan kian terdengar jelas saat ia menunjukan landscape pegunungan Mananggel yang indah menjelang magrib.

Viral Video Pendaki Dengar Alunan Gamelan Di Puncak Gunung



Kisah seorang pendaki yang mengaku mendengar suara gamelan saat berada di gunung, videonya belakang ini telah viral di media sosial dan menjadi perbincangan warga net. Hal tersebut di akui dari akun kreator TikTok @thx.rk yang mengunggah momen terdengarnya alunan musik tradisional tersebut.

Menurut akun @thx.rk saat itu dirinya tengah melakukan pendakian di gunung Mananggel, Cianjur Jawa Barat. Saat berada di kawasan puncak dan merekam landscape sekitar gunung dan beberapa saat kemudian ia pun mendengar suara gamelan.

Suara musik tradisional jawa tersebut terdengar samar-samar namun lama-kelamaan terdengar jelas dan diiringi suara-suara kicauan burung dan desir angin. Seiring terdengarnya suara gamelan tersebut suasana sekitar pun mendadak menjadi mencekam.

Tulis @thx,rk dan text yang disematkan di dalam videonya, menggambarkan situasi yang dialaminya saat itu. Sontak rekaman video gamelan di puncak gunung Mananggel tersebut langsung mengundang reaksi warga net hingga viral di media sosial.

Kesaksian Raka Pendaki Yang Merekam Kejadian Suara Gamelan

Pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan di puncak gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat. Dan ternyata si pendaki tersebut bernama Raka, warga Jakarta yang mendaki gunung Maranggel dan bermalam di puncak gunung bersama dua rekannya.

Menurut Raka saat merekam gambar saat setibanya di puncak gunung, suasana memang terasa sedikit mencekam dan seram. Untuk itu bersama dua rekannya ia sempat mendengarkan musik dari handphone guna mengusir rasa tersebut.

Selepas itu ia barulah merekam kondisi di puncak gunung sebagai dari bagian dokumentasi perjalanannya.

{thread_title}


Pengalaman Ki Prana Lewu Hingga Penjaga Gunung Ceremai Yang Mendengar Mitos Suara Gamelan Di Gunung

Pengalaman mendengar suara gaduh seperti jaipongan di tengah kesunyian kawasan gunung juga pernah dialami oleh Ki Prana Lewu seorang spritual juga hoby mendaki gunung.

Pengalaman yang cukup membuat merinding ini dialami Ki Prana Lewu saat bersama belasan anggota padepokannya yang sedang melakukan pendakian di gunung Salak kurang lebih pada 5 tahun lalu tepat di bulan puasa.

Saat rombongan mulai menapaki kaki gunung Salak, mereka dikejutkan dengan suara lantunan ayat suci Al-Qur'an. Selama kaki melangkah suara lantunan ayat suci Al-Qur'an tersebut terus mengiringi hingga kemudian hilang dengan sendirinya.

Belum lagi keterkejutan rombongan Ki Prana Lewu sirna, mereka kembali dikejutkan dengan riuhnya suara jaipongan tepat saat mereka berada di pertengahan perjalanan menuju puncak.

Suara gamelan yang mengalun misterius ditengah kesunyian dan kesakralan kawasan gunung juga kerap didengar para pendaki di kawasan gunung Ceremai, menurut Lili Suhali sang penjaga pos gunung Ceremai via Linggarjati.

Mitos suara gamelan kerap dialami para pendaki, baginya hal tersebut sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh para pendaki. Terlebih gunung Ceremai dianggap paling sakral dan keramat, lantaran diyakini pernah menjadi tempat pertemuan Wali Songo.

Kisah Viral Pendaki Hilang Di Gunung Muro Setelah Mendengar Suara Lonceng



Jauh sebelum viral pendaki rekam suara gamelan di puncak gunung, setahun lalu juga ada kisah viral lainnya yang dialami oleh Indra Wijaya Arta Kesuma pendaki gunung asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Indra sempat hilang secara misterius selama 6 hari di gunung Muro, Kalimantan Tengah yang memiliki ketinggian 927 meter di atas permukaan laut sebelum akhirnya ditemukan oleh warga yang tengah berburu disekitar gunung tersebut.

Indra yang mendaki sendirian mengaku sempat terperosok hingga keluar jalur pendakian dan saat dirinya tengah mencoba mencari jalur lain untuk turun, Indra justru mendengar hal aneh seperti bunyi lonceng dan bunyi-bunyian bernuansa mistis lainnya.

Ia pun semakin mengikuti sumber dari suara tersebut, Indra justru kian tersesat kedalam kawasan hutan.



[url=https://www.tiktok.com/foryou?lang=id#/@thx.rk/video/6898564956388674817]Sumber 3[/url]


Author : Marilyn88

Published : 03 Desember 2020, 02.42 WIB


Quote:



Diubah oleh marilyn88 02-12-2020 19:49
japarinasunshii32nirankara
nirankara dan 30 lainnya memberi reputasi
31
17.3K
163
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.