valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Viral Dokumen COVID-19 HRS Disebut Palsu, Seperti Apa Sih Hasil Tes Asli?
Laporan hasil tes COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford)

Jakarta - Sebuah dokumen viral menyebut hasil tes swab PCR Habib Rizieq positif COVID-19. Front Pembela Islam (FPI) menyatakan dokumen tersebut palsu dan harus diusut berdasarkan UU ITE.

"Palsu itu. Harusnya aparat mengusut pemalsuan-pemalsuan seperti di atas, berdasar UU ITE. Itu yang harusnya dilakukan," ucap Sektretaris Umum FPI, Munarman.

"Dan HRS jadi korban itu. Masak giliran HRS korban, didiamkan saja. Giliran beliau difitnah kok malah beliau yang diperkarakan. Hukum macam apa yang ada di Republik ini?" katanya.

Dokumen yang viral tersebut jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah SARS-CoV-2 Nucleic Acid Test (RT-PCR). Selain menyebut nama dan tanggal lahir Habib Rizieq, dokumen tersebut juga mencantumkan MER-C di kolom nama perusahaan.



Hasil tes COVID-19 yang diterima pasien, khususnya swab PCR, umumnya memang tidak memiliki template khusus. Beda laboratorium dan penyedia layanan, beda pula format laporan hasilnya.

Beberapa contoh dokumen hasil tes swab PCR asli yang dihimpun detikcom antara lain sebagai berikut:

Hasil Tes PCR Swab COVID-19 Foto: dok. detikHealth


Selain mencantumkan hasil, beberapa laporan hasil swab juga menyertakan informasi tentang cara kerja tes. Dalam dokumen ini misalnya, disebutkan bahwa PCR mendeteksi materi genetik virus dan tidak membedakan virus hidup atau mati.

Keterangan ini menjelaskan kenapa beberapa pasien yang sudah dinyatakan 'sembuh' oleh puskesmas, tetap mendapatkan hasil positif dalam tes PCR. Para pakar meyakini, pasien yang tidak bergejala tidak harus menunggu hasil PCR negatif jika sudah menjalani isolasi 10-14 hari.

Hasil Tes PCR Swab COVID-19 Foto: dok. detikHealth


Selain laporan hasil individual, beberapa pasien juga mendapat laporan dalam bentuk rekapitulasi. Biasanya, hasil semacam ini diberikan dalam pemeriksaan secara kolektif.

Hasil Tes PCR Swab COVID-19 Foto: dok. detikHealth


Beberapa pasien mengaku kurang nyaman dengan laporan kolektif semacam ini, karena privasi kurang terjaga. Orang-orang yang ada dalam daftar tersebut bisa saling tahu hasil swab masing-masing.

Hasil Tes PCR Swab COVID-19 - Kolektif. Foto: dok. detikHealth


Laporan hasil swab yang diterima musisi Amerika Serikat Erykah Badu mungkin agak beda. Ketika melakukan swab antigen, bukan PCR, ia mendapat laporan yang menyebut hasil positif untuk hidung kanan dan negatif untuk hidung kiri.

Hmm.. kok bisa beda ya?

SUMBER


Hasil tes bibib palsu ato asli hayoo ??.. emoticon-Malu (S)

Buat perbandingan juga.. ini hasil SWAB test keluarga ane.. emoticon-Malu (S)

Spoiler for swab:



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 02-12-2020 02:55
EriksaRizkiM
viniest
nirankara
nirankara dan 32 lainnya memberi reputasi
33
8.4K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.