• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengulang Sejarah, Inilah Kekejaman Organisasi Rasis Tertua Di Amerika Ku Klux Klan

GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Mengulang Sejarah, Inilah Kekejaman Organisasi Rasis Tertua Di Amerika Ku Klux Klan

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua, kali ini gue bakal mengulang sejarah, disini gue bakal bahas organisasi rasis paling tua yang ada di Amerika yaitu Ku Klux Klan atau biasa disebut triple K. So, langsung kita bahas saja.

Agan semua organisasi Ku Klux Klan ( KKK ) ini pertama kali didirikan pada tahun 1866 oleh mantan veteran konfederasi dengan alasan ingin menolak kebijakan era rekonstruksi Partai Republik yang bertujuan untuk membangun kesetaraan politik dan ekonomi bagi orang Afrika-Amerika.Nah, tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan supremasi Kulit Putih. Organisasi ini menganggap bahwa ras kulit putih merupakan ras yang tertinggi sehingga pada zaman dulu organisasi ini sering melakukan pembunuhan, pemberantasan, pemberontakan terhadap ras kulit hitam di Amerika.  Mereka tidak segan-segan membunuh ras kulit hitam yang berada di pemerintahan, betapa mengerikannya organisasi ini pada masanya.


Di South Carolina pada tahun 1871, pernah dilaporkan 500 pria bertopeng menyerang Penjara Union County dan menghukum delapan tahanan kulit hitam. Orang-orang bertopeng ini tidak pernah diadili karena polisi adalah anggota KKK (wahh, kekuatan orang dalam nih...). Akibat korupsi yang meluas ini, Kongres dan Presiden Ulysses S. Grant memutuskan untuk mengesahkan Ku Klux Klan Act tahun 1871 , yang membuat beberapa tindakan Klan menjadi kejahatan federal.

Generasi kedua KKK dimulai pada tahun 1915. Selama periode ini keanggotaan Klan mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar empat juta anggota. Klan sekarang memusatkan permusuhan mereka pada lebih dari sekedar hak-hak Afrika-Amerika, tetapi juga menjadi anti-gay, anti-Katolik, anti-imigran, dan anti-buruh yang terorganisir. Meskipun "masalah" ini tampak penting bagi KKK, Depresi Hebat menurunkan pangkat mereka dan mereka harus bubar sementara sebelum berkumpul kembali pada tahun 1944.

Aksi Little Klan terlihat hingga dimulainya Gerakan Hak Sipil pada tahun 1960. Saat ini, aktivitas Klan melonjak dan memicu pemboman, penembakan, dan pemukulan terhadap aktivis Hitam Putih. Setelah serangan mengerikan ini, Presiden Lyndon B. Johnson berpidato di depan umum yang mengutuk Klan. Inilah akhir dari organisasi ini.


Organisasi ini semakin terisolir, dan saat itu diperkirakan berjumlah kurang lebih enam sampai sepuluh ribu anggota. Terdapat film dokumenter yang menjelaskan ritual Klan dan memperkenalkan pemirsa pada kepemimpinan saat ini dan pandangan mereka tentang masa depan Klan. Film dokumenter ini telah mengizinkan akses ke grup tidak seperti sebelumnya, yang menunjukkan wajah anggota Klan dan konten pertemuan mereka. Tujuan Klan saat ini, seperti yang dinyatakan oleh Klan, adalah untuk memisahkan Putih dan Hitam dari satu sama lain dengan membagi negara menjadi dua.

Nah itulah sedikit pembahasan gue terhadap organisasi yang satu ini, menurut gue organisasi ini lebih dari sekedar teroris, mereka tidak segan-segan menyiksa bahkan membunuh kulit hitam hanya karena kepercayaan mereka. Mungkinkah organisasi ini masih berjalan secara diam-diam dizaman sekarang?

Sumber Referensi : Pendapat Pribadi dan Dari Sini

Sumber Gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


Junmai92
nirankara
metalbee
metalbee dan 26 lainnya memberi reputasi
25
12.9K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.